Panduan Tips Pergi Liburan Ke Mulo

Mulo adalah sebuah desa di Kecamatan Wonosari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Daerah ini memiliki beberapa wisata goa yang terbentuk dari kikisan proses pengapuran bebatuan karst selama bertahun-tahun, dan wisata pantai yang sangat indah. Lembah Karst Mulo di Desa Mulo, Kecamatan Wonosari merupakan salah satu lokasi wisata unggulannya. Rencananya kawasan lembah yang kata pengunjung mirip Grand Canyon di Amerika ini akan diproyeksikan sebagai pintu gerbang Geopark Gunung Sewu.

Sebuah penelitian dan eksplorasi goa membuktikan bahwa di dalam goa tersimpan tiga telaga bawah tanah yang terbuat dari endapan air. Salah satu aliran airnya cukup dangkal dan berbentuk cinta, namun dua telaga lainnya memiliki lubang yang dalam. Bisa dibayangkan keindahan alam Karst ini jika Anda berada di tengah-tengahnya.

Sejarah Mulo

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Mulo via @adhityoprusika
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Mulo via @adhityoprusika

Tiga dasawarsa yang lalu, ada sekelompok penjelajah goa dari British Research Association (BCRA) yang menyambangi lorong Goa Ngingrong di Mulo untuk pertama kalinya.

Tim yang dipimpin oleh Sir McDonald dan dipandu oleh Sudiyono, seorang staff Proyek Penyediaan Air Baku DI Yogyakarta, dalam rangka kerja sama RI dengan Kerajaan Inggris, guna memetakan system hidrologi di wilayah Yogyakarta, khususnya di Gunungkidul yang kerap dilanda kekeringan setiap musim kemarau.

Kedua penjelajah goa ini membuat sebuah buku laporan tentang kondisi hidrologi Gunungkidul yang isinya mayoritas adalah sistem sungai bawah tanah.

Cara Pergi ke Mulo

Untuk pergi kawasan Mulo, Anda bisa memilih beberapa rute yang disesuaikan dengan asal keberangkatan Anda.

Dari Klaten : Cawas – Semin – Karangmojo – Rongkop – Pantai Siung

Dari Solo : Solo ke Sukoharjo menuju Wonogiri ambil arah Wuryantoro, Purwodadi ke Kecamatan Tepus

Dari Yogyakarta : Dari Yogyakarta bagian utara melewati jalan menuju Candi Prambanan. Untuk jalur Kota Wonosari, ambil arah lurus menuju Bunderan Siyon. Anda bisa melewati pusat kota atau rute ring road di kanan yang sama-sama menuju pertigaan Mulo. Dari sini ada dua jalur yang bisa Anda pilih ke tempat tujuan wisata Anda, yaitu Jalur Tepus dan Jalur Tanjungsari.

Atau, dari pusat kota Yogyakarta, pertama-tama Anda berkendara menuju Kota Wonosari. Jalur yang paling mudah untuk menuju Wonosari dari pusat kota Yogya adalah dengan mengambil jalur Lingkar Luar Selatan (Ring Road Selatan) bagian Timur menuju arah Jalan Raya Wonosari. Jarak terpendek dari Lingkar Selatan Yogya menuju Wonosari melewati Jalan Raya Wonosari adalah sekitar 32 kilometer.

Ada angkutan umum berbentuk Mini Bus yang melayani trayek Yogyakarta – Wonosari, lalu dari Wonosari berganti mini bus lainnya yang menuju Pantai Kukupa atau Pantai Baron.

Transportasi Umum di Mulo

Anda bisa berkeliling Desa Mulo dengan menggunakan angkutan pedesaan yang menyediakan sekitar 40 jalur trayek di seputar Wonosari. Atau Anda juga bisa menyewa motor atau sewa mobil jika ingin lebih mudah dan nyaman dalam perjalanan mencapai tempat-tempat tujuan wisata Anda.

Hotel di Mulo

Hotel Orchid Wonosari, Jalan Baron Km. 7, Mulo Karang Asem, Wonosari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta 55851, Tarif kamar Rp. 370.500 per malam

Iklim di Mulo

Iklim di Mulo adalah iklim tropika, dengan curah hujan yang signifikan sepanjang tahunnya. Musim kemarau pun tidak banyak berpengaruh. Suhu udara rata-rata dalam setahun adalah 25.9 °C, dengan jumlah curah hujan 2066 mm.

Bahasa Daerah di Mulo

Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia

Tempat Wisata di Mulo

Ada beberapa tempat wisata di Mulo menarik yang bisa anda kunjungi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Goa Ngingrong, Lembah Mulo, Yogyakarta via @kabeelaa
Goa Ngingrong, Lembah Mulo, Yogyakarta via @kabeelaa

1. Goa Ngingrong

Anda perlu mengelilingi Lembah Kars Mulo dan menuruni jalan setapak lebih dulu untuk mencapai goa ini. Ada dua goa di dasar lembah, yaitu di sisi timur dan barat. Untuk melakukan penyusuran goa, disediakan pemandu-pemandu lokal yang bisa menemani Anda.

2. Lembah Mulo

Lembah Mulo yang menjadi pusat Geowisata Karst di Desa Mulo, Kecamatan Wonosari, ini berada di jalur utama wisata dan di zona tengah kawasan Karst Gunung Kidul. Jaraknya dari Kota Wonosari hanya sekitar 5 kilometer, dan konsisi jalannya pun cukup layak.

Luas kawasan Karst Kabupaten Gunung Kidul keseluruhan kurang lebih 13.000 kilometer persegi. Bentukan bukit-bukit Karst diperkirakan berjumlah sekitar 40 ribu. Berdasarkan identifikasi tercatat ada 400 goa bawah tanah dengan aliran sungai yang mengalir menuju Laut Selatan jawa.

3. Goa Nglengket di Desa Mulo

Perjalanan melewati bukit-bukit berbatu ini harus ditempuh lebih dulu untuk menikmati keindahan alam yang ada.

4. Stone Garden di Mulo

Taman Batu Gunung Kidul atau disebut Geopark Stone Garden terletak di sebelah selatan Kota Wonosari, tepatnya di Ngingrong, Kecamata Mulo, Kabupaten Gunung Kidul. Lokasinya sekitar 9 kilometer dan dapat ditempuh selama 15 menit dari pusat Kota Wonosari.

Rekomendasi Tempat Makan di Mulo

Ada beberapa rekomendasi tempat kuliner di Mulo, Gunung Kidul. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Soto Bakso Sugiatno, Protelon, Mulo, Gunung Kidul
  • Sri Pendowo Ayam Goreng, Jl. KH. Agus Salim
  • Kirana, Ledoksari, Wonosari
  • Bundo Suka Mananti, Jl. KH. Agus Salim, Wonosari
  • Sate Kambing Pak Turut, Jl. KH. Agus Salim, Wonosari
  • RM. Bu Sudar, Jeruk, Kepek, Wonosari
  • Bakso Marem, Jl. Sumarwi, Wonosari
  • RM. Sekar Kusuma, Selatan Terminal Lama Wonosari
  • Joglo Jawa, Jl. Ring Road Selatan, Wonosari
  • Omah Kampung Kuliner, Jl. Wonosari – Semanu Timur SPBU Baleharjo, Wonosari
  • Lesehan Pari Gogo, Jl. Wonosari – Semanu, Gunung Kidul (Jembatan Jirak)

Berikut ini adalah kuliner dan oleh-oleh khas Gunung Kidul yang juga dapat Anda coba saat berkunjung ke daerah Mulo, Wonosari, Gunung Kidul:

  • Thiwul
  • Bebek Goreng Gunung Kidul
  • Belalang/Walang Goreng
  • Thoplek Peli
  • Turuk Bintul (Gunung Kidul)
  • Ungkrung (Kepompong ulat pohon jati)
  • Oleh-Oleh
  • Puli Goreng

Tips Wisata di Mulo

  • Jika Anda akan berwisata goa, sebaiknya bawalah peralatan yang mendukung penjelajahan Anda seperti senter, headlamp, topi helm, tali, sepatu gunung atau sepatu olahraga luar ruangan yang nyaman dan tidak licin, serta peralatan lainnya.
  • Sediakan antiseptik dan obat luka untuk berjaga-jaga kalau tubuh Anda tergores batu atau luka kainnya, untuk mencegah infeksi akibat terlalu lama dibiarkan.

Perlu Kamu Tahu di Mulo

Puskesmas Wonosari I, Jl. Baron, Km 2 Karangrejek, Wonosari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta

Leave a Reply