Panduan Tips Pergi Liburan Ke Bangli

Bangli merupakan sebuah kecamatan sekaligus ibu kota kabupaten bernama sama di provinsi Bali. Dulu, Bangli juga menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Bangli, salah satu dari 9 kerajaan besar di Bali.

Jumlah penduduk kecamatan Bangli adalah 50.481 jiwa (berdasarkan data BPS tahun 2015) dan sebagian besar bekerja di industri rumah tangga seperti makanan / minuman.

Wilayah Utama Bangli

Kecamatan Bangli memiliki luas wilayah 56,26 kilometer persegi dengan batas wilayah sebagai berikut:

  • Utara: kecamatan Kintamani
  • Timur: kecamatan Kintamani, kecamatan Tembuku dan kabupaten Klungkung
  • Barat: kecamatan Susut
  • Selatan: kabupaten Gianyar dan kabupaten Klungkung

Ada 9 desa di kecamatan Bangli yaitu Bunutin, Tamanbali, Bebalang, Kawan, Cempaga, Kubu, Kayubihi, Pengotan, Landih.

Liburan ke Bangli, Bali ada banyak hal yang bisa dilakukan
Liburan ke Bangli, Bali ada banyak hal yang bisa dilakukan

Sejarah Bangli

Asal-usul nama Bangli berkembang di tengah–tengah masyarakat dalam beberapa versi. Dalam babad dan cerita rakyat setempat disebutkan bahwa Bangli berasal dari kata Jarak Bang atau Bangkliki. Konon, daerah ini didirikan di atas hutan jarak. Namun, ada juga cerita-cerita yang menyebutkan nama Bangli berasal dari kata banggi yang berarti “kurang ramah”.

Apapun cerita yang berkembang, sejarah Bangli sendiri diceritakan pada Prasasti Kehen C yang dikeluarkan Raja Shri Adi Kunti Kentana pada tahun Saka 1126 atau 1204 Masehi. Prasasti ini yang pertama kali menyebut nama Bangli, di mana memuat perintah raja yang disampaikan kepada putranya agar orang-orang Bangli tidak meninggalkan desanya.

Rumah-rumah rakyat diminta untuk diperbaiki dan lahan sawah, serta pertanian dikerjakan. Bersamaan dengan perintah itu, raja juga memberikan keringanan bahkan penghapusan pajak kepada penduduk. Selain itu, raja menetapkan batas-batas wilayah kramani Bangli, yaitu sebelah utara dengan Tegalsana dan Gelinggang, sebelah selatan dengan Tegalalang, Tegal dan Bebalang, serta sebelah barat dengan Tukad Sangsang.

Sementara itu, Bangli sebagai sebuah kerajaan yang berdaulat lepas dari kekuasaan Gelgel pada tahun 1686 ketika terjadi pemberontakan I Gusti Agung Maruti di Gelgel. Puri Bangli sebagai pusat kota kerajaan Bangli mulai didirikan I Dewa Gde Bencingah sekitar tahun 1576 Masehi, setelah I Gusti Peraupan dikalahkan Tamanbali dan Nyalian.

Namun, yang dipilih sebagai hari jadi Kabupaten Bangli bukanlah 14 Maret 1453, melainkan 10 Mei 1204. Hal ini didasari pemikiran bahwa Prasasti Kehen C menunjukkan Bangli ketika itu sudah menjadi sebuah kesatuan wilayah menyusul adanya penetapan batas-batas wilayah oleh raja.

Cara Pergi ke Bangli

Ada beberapa cara untuk pergi ke Bangli. Beberapa cara Pergi ke Bangli itu adalah sebagai berikut:

Untuk mencapai kota Bangli, pertama-tama Anda harus menggunakan pesawat terbang yang mendarat di bandara internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Berbagai maskapai beroperasi ke bandara tersebut, baik dari domestik maupun mancanegara. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan berbagai transportasi menuju Bangli

Pilihan transportasi yang dapat digunakan, antara lain :

  • Taksi bandara yang biasanya tidak menggunakan argo meter. Tarif yang dikenakan sekitar Rp 250.000,-
  • Layanan antar jemput dari hotel tempat Anda menginap
  • Mobil atau motor sewaan karena di Bangli relatif sepi, tidak ada angkot atau bus

Transportasi Umum di Bangli

Tidak banyak tersedia alternatif transportasi umum di Bangli. Sebaiknya Anda menyewa motor atau mobil harian jika ingin lebih efisien saat mengeksplorasi Bangli.

Penginapan Hotel di Bangli

Di kota Bangli sendiri sayangnya tidak banyak hotel yang dapat Anda jadikan tempat bermalam. Hanya ada beberapa penginapan saja seperti Griya Petapan dan Penglipuran Guesthouse. Kebanyakan hotel ada di daerah Kintamani. Berikut ini daftar hotel yang ada di Kintamani dekat Bangli :

  • The Cave Hotel, Jl. Raya Penelokan Kintamani Bali, Kintamani, Bangli, Bali, Indonesia, 80652
  • Lakeview Hotel & Restaurant, Jalan Raya Penelokan, Kintamani, Kintamani, Bangli, Bali, Indonesia, 80652
  • Segara Hotel and Restoran, Jalan Raya Kedisan, Kintamani, Bangli, Bali, Indonesia, 80652
  • Toya Devasya, Jalan Puri Bening (STA) Toya Bungkah, Kintamani, Bangli, Bali, Indonesia
  • Madu Sari Hotel, Penelokan-Kintamani , Kintamani, Bangli, Bali, Indonesia, 80652
  • Puri Bening Hayato Hotel, Jalan Toya Bungkah, Kintamani, Kintamani, Bangli, Bali, Indonesia
  • Batur Mountain View, Jalan Culali Desa Batur Selatan, Kintamani, Bangli, Bali, Indonesia
  • Bunbulan Hill Hostel, Jl. Bunbulan Serongga Songan A Kintamani Bangli Bali Indonesia, Kintamani, Bangli, Bali, Indonesia, 80652
  • The Ayu Kintamani Villa,Jalan Puri Bening (STA), Toya Bungkah, Kintamani, Bangli, Bali, Indonesia, 80652
  • Lakeside Cottage, Toya Bungkah, Kintamani, Kintamani, Bangli, Bali, Indonesia
  • The Volcania Guest House, Jalan Raya Penelokan, Kintamani, Bangli, Bali, Indonesia
  • Baruna Cottage, Jalan Raya Trunyan, Desa Buahan, Kintamani, Bangli, Bali, Indonesia, 80652
  • Pondok Qinali, Jalan Raya Ulundanu, Desa Kedisan, Kintamani, Bangli, Bali, Indonesia
  • Arlinas Bungalow & Restaurant, Jalan Danau Bajur Toyabungkah , Kintamani – Bali, Kintamani, Bangli, Bali, Indonesia, 80652
  • Amerta Sari Hotel, Jl Raya Windu Sara-Penelokan Kintamani Bangli, Kintamani, Bangli, Bali, Indonesia
  • Asli Bali Villa, Ds/Br.Jelekungkang, Bangli, Bangli, Bali, Indonesia, 80613
  • De Klumpu Bali – Eco Tradi Place, Jl. Pura Dalem No 99X Desa Undisan Klod, Kecamatan Tembuku – Bangli, Tembuku, Bangli, Bali, Indonesia, 80671
  • Resto Apung Kedisan & Bungalows, Desa Kedisan, Danau Batur, Kintamani, Bangli, Bali, Indonesia
  • Rest Area 88 Guest House, Jl. Gunung batur desa satra kembang sari kintamani, Kintamani, Bangli, Bali, Indonesia, 80652
  • D’Umah Bali – Eco Tradi House, Br. Loka Sari, Desa Undisan Klod, Tembuku, Bangli, Tembuku, Bangli, Bali, Indonesia, 80671
Desa Adat Penglipuran ini adalah salah satu wisata Bangli yang terkenal. via @anisfitrianaaa
Desa Adat Penglipuran ini adalah salah satu wisata Bangli yang terkenal. via @anisfitrianaaa

Iklim di Bangli

Iklim di Bangli tergolong tropis dengan suhu rata-rata tahunan adalah 24 0C, di mana suhu tertinggi rata-rata pada November dan suhu terendah rata-rata pada Juli yakni 22,8 0C. Curah hujan paling sedikit terjadi pada Agustus.

Bahasa Daerah di Bangli

Bahasa Bali menjadi bahasa daerah yang digunakan di kota Bangli. Namun, dialek bicara masyarakat agak sedikit berbeda yang masih dipertahankan di daerah pegunungan Kintamani.

Tempat Wisata di Bangli

Ada beberapa tempat wisata di Bangli yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata di Bangli tersebut adalah sebagai berikut:

1. Taman Bali Raja / Taman Narmada Baliraja

Seperti namanya, dulu taman ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan dan rekreasi raja. Taman Narmada Baliraja didirikan oleh Sang Anom Bagus, raja pertama / pendiri Kerajaan Tamanbali.

Berada di atas lahan seluas 5.000 meter persegi, komplek Taman Narmada Baliraja didominasi dengan telaga / kolam serta taman bunga. Bangunan utamanya adalah sebuah pura, sementara itu ada bangunan menarik lainnya yaitu Jempeng Raja (toilet) berbentuk lembu dan Bale Emas (tempat penyimpanan harta kerajaan).

2. Air Terjun Kuning

Foto Air Terjun Kuning. via @andrew_piss198
Foto Air Terjun Kuning. via @andrew_piss198

Air terjun yang satu ini dinamakan demikian karena lokasinya yang berada di dusun Kuning, desa Tamanbali, kecamatan Bangli. Air Terjun Kuning memiliki ketinggian 25 meter dan jatuh ke Tukad (Sungai) Melangit yang mengalir ke arah selatan.

Dari pusat kota Bangli, patokan paling mudah adalah pabrik air minum Nonmin. Untuk menuju Air Terjun Kuning, Anda harus berjalan kaki sekitar 500 meter dari tempat parkir di pemukiman penduduk. Perjalanan akan cukup menantang dan menguras stamina karena Anda harus menuruni tangga batu yang licin, curam, tanpa railing (pegangan).

3. Desa Adat Penglipuran

Foto Desa Adat Penglipuran. via @mirzanaf
Foto Desa Adat Penglipuran. via @mirzanaf

Jika Anda ingin melihat indahnya desa asli masyarakat Bali, cobalah datang ke Desa Adat Penglipuran. Letaknya ada di Jalan Penglipuran, desa Kubu, kecamatan Bangli. Anda pasti akan jatuh cinta dengan desa mungil yang rapi dan bersih ini.

Keunikan Desa Adat Penglipuran adalah motif angkul-angkul (pintu gerbang) yang sama di semua rumah dan jalanan desa yang berundak-undak. Rumah-rumah yang berjajar rapi terlihat sangat fotogenik jika dipotret dari bawah maupun dari Pura yang terletak di bagian atas.

Tidak jauh dari Pura, ada hutan bambu yang juga bisa Anda kunjungi. Pohon bambunya tumbuh rapat-rapat di sisi kiri dan kanan jalan aspal. Hutan bambu ini juga sangat bersih dan terawat.

4. Pura Kehen

Foto Pura Kehen. via @seni_budayabali
Foto Pura Kehen. via @seni_budayabali

Pura yang diperkirakan sudah berdiri sejak abad ke 9 – 10 Masehi ini merupakan tempat ibadah utama pada zaman Kerajaan Bangli. Pura terbesar di Bali Timur ini juga kerap disebut sebagai Besakih versi mini. Setiap 6 bulan sekali digelar upacara Hari Raya Pagerwesi di Pura Kehen.

Namun upacara besarnya yang disebut Ngusabha Dewa digelar setiap tiga tahun sekali. Tepatnya pada malam bulan purnama di bulan November (Rabu Kliwan Shinta dalam penanggalan Bali). Upacara ini biasa berlangsung 9 – 11 hari dan terakhir diadakan pada tahun 2015.

Rekomendasi Tempat Makan Kuliner di Bangli

  • RM Pak Bagong, Jenis hidangan: ikan mujair / nila nyatnyat, Alamat: LC Subak Aya, Bebalang, kecamatan Bangli
  • Warung Midori, Jenis hidangan: ikan mujair / nila nyatnyat, Alamat: Jl. Merdeka 198B, kecamatan Bangli
  • Warung Be Jair, Jenis hidangan: ikan mujair / nila nyatnyat, Alamat: Jalan Lettu Anom, Kawan, kecamatan Bangli

Tips Wisata di Bangli

  • Cobalah minuman khas Desa Penglipuran yaitu loloh cemcem. Minuman segar ini memiliki campuran rasa pedas, asam dan asin.
  • Jika Anda tidak sengaja menginjak banten atau sajen berupa bunga dan persembahan dalam wadah janur yang biasa diletakkan di pintu masuk, sebaiknya ucapkanlah maaf kepada pemilik atau penjaga toko.
  • Saat ingin berkunjung ke pura, pastikan Anda memakai pakaian yang sopan dan tertutup. Pura adalah tempat ibadah, maka saat berada di sini jagalah ketenangan dan hormati mereka yang sedang beribadah.

Perlu Kamu Tahu di Bangli

  • Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Jalan Lettu Lila No.9, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali, Telepon : (0366) 91537
  • RSU Bangli, Jalan Brigjen Ngurah Rai No.99X, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali, Telepon : (0366) 91521
  • Polsek Kota Bangli, Jalan Nusantara Kecamatan Bangli, Bali, Telepon : (0366) 91062

Leave a Reply