PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Monumen Palagan Ambarawa

Blog

Monumen Palagan Ambarawa: Destinasi Liburan Sejarah di Semarang

Alternatif Lain

Selain wisata alam, di Semarang juga terdapat destinasi liburan sejarah yang bisa dikunjungi. Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi adalah Monumen Palagan Ambarawa yang terletak di Jl. Mgr. Sugiyopranoto, Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa, Semarang 50614. Monumen ini memiliki koordinat yang bisa diakses dengan klik disini.

Monumen Palagan Ambarawa merupakan sebuah spot wisata yang menyimpan banyak sekali benda bersejarah. Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga karena selain berlibur, kita juga bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang sejarah.

Sejarah Singkat

Monumen Palagan Ambarawa adalah sebuah simbol atau benda yang dibangun untuk mengenang pertempuran Ambarawa yang terjadi pada tanggal 12 sampai 15 Desember 1945. Pertempuran ini dipimpin oleh Jendral Soedirman yang berhasil mengusir dan mengalahkan sekutu yang sedang melarikan diri dari Magelang. Jendral Soedirman membela rakyat Indonesia dari invasi tentara sekutu pada zaman dulu. Oleh karena itu, tanggal 15 Desember diperingati sebagai Hari Infanteri untuk mengenang jasa beliau.

Monumen Palagan Ambarawa didirikan pada tahun 1973 dan langsung diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Soeharto. Di dalam monumen ini terdapat beberapa relief yang menceritakan tentang pertempuran Ambarawa mulai dari awal hingga akhir. Relief tersebut sangat lengkap dan memberikan gambaran yang jelas mengenai pertempuran tersebut.

Selain relief, di Monumen Palagan Ambarawa juga disimpan alat-alat tempur yang digunakan saat perang dahulu. Koleksi ini mencakup berbagai alat pertempuran yang digunakan oleh tentara Jepang, Belanda, dan Indonesia. Kamu bisa melihat detail dari seragam yang digunakan oleh tentara Belanda ataupun Jepang saat perang terjadi. Hal yang paling membanggakan adalah adanya seragam yang digunakan oleh tentara Indonesia.

BACA JUGA :  6 Referensi Tempat Wisata Malam Hari Favorit Anak Muda di Pekanbaru, Milennials Wajib Merapat!

Di luar gedung, terdapat juga alat transportasi sekutu seperti mobil angkut dan meriam yang digunakan untuk melawan tentara Indonesia pada saat itu. Bahkan ada pesawat Mustang P51 yang dibuat di Amerika dan digunakan oleh Belanda sebelum jatuh di Rawa Pening Ambarawa. Pesawat ini berawak hanya satu orang dan memiliki banyak senjata seperti roket dan bom.

Monumen Palagan Ambarawa juga memiliki cerita tersendiri dengan sejarah yang berbeda dengan monumen sejenis di kota lain di Indonesia. Contohnya adalah Monumen Palagan di Bojongkokosan, Sukabumi, Monumen Palagan Tumpak Rinjing di Pacitan Jawa Timur, Monumen Palagan Sambi di Kotawaringin Barat, Pangkalan Bun, dan Monumen Palagan Lengkong di Tangerang. Mengunjungi semua tempat ini saat mengunjungi kota-kotanya akan semakin mengerti tentang sejarah para pahlawan dulu.

Selain sebagai tempat wisata bersejarah, Monumen Palagan Ambarawa juga bagus untuk dijadikan sebagai lokasi foto-foto. Selain belajar sejarah, tak sedikit pengunjung yang tertarik mengambil gambar atau foto di sini, terutama di depan tugu besar dan tinggi di depan gedung.

Jalan Menuju Lokasi

Letak Monumen Palagan Ambarawa berada di daerah Ambarawa, sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Semarang. Meski demikian, rute dan jalan yang akan kamu lalui tidak begitu sulit. Jalannya sudah cukup besar dan indah, sehingga bisa dilalui dengan mobil, motor, atau bahkan bis besar.

Jika kamu berangkat dari Kota Semarang, perjalanan dimulai dari Jalan Dr. Wahidin lalu lanjutkan menuju Jalan Raya Suruh ke Karang Gede. Setelah itu, kamu akan menemukan jalan raya provinsi antara Semarang ke Jogjakarta. Di jalan besar ini, kamu harus mengambil arah jalan Palagan dan akan sampai ke Jalan Jenderal Sudirman. Terdapat banyak papan petunjuk arah menuju Monumen Palagan Ambarawa di sepanjang jalan, tetapi jika kamu masih merasa kesulitan, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Google Map dengan mengklik titik koordinat yang telah disediakan.

BACA JUGA :  10 Referensi Toko Besi Terlengkap di Wilayah Bekasi, Mulai Dari Citra Baja Sampai Asia Jaya Steel

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Monumen Palagan Ambarawa cukup terjangkau, yaitu Rp 5.000 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk dewasa. Dengan harga tersebut, kamu bisa mengunjungi dan mengenal cerita sejarah tentang pertempuran Ambarawa serta melihat semua perlengkapan yang digunakan pada masa perang.

Jam Operasional

Monumen Palagan Ambarawa buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Jam operasional ini berlaku dari Senin hingga Minggu, sehingga kamu bisa mengunjungi monumen ini kapan saja sesuai dengan waktu luangmu.

Monumen Palagan Ambarawa merupakan destinasi liburan sejarah yang menarik untuk dikunjungi di Semarang. Selain bisa belajar sejarah, kamu juga bisa mengambil foto-foto yang menarik di tempat ini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Monumen Palagan Ambarawa saat berlibur di Semarang.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *