PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

10 Makanan Khas Ungaran Yang Wajib Kamu Jajal Rasanya

Blog

1. Tahu Bakso Bu Pudji

Tahu Bakso Bu Pudji merupakan salah satu makanan khas Ungaran yang sangat terkenal. Kuliner ini pertama kali diperkenalkan oleh Bu Pudji, yang memiliki nama asli Sri Lestari. Di sepanjang jalan Ungaran, kamu akan menemukan banyak rumah makan yang menjual tahu bakso. Namun, cap Bu Pudji menjadi yang paling legendaris dan terkenal. Banyak orang mengatakan bahwa ke Ungaran tidak akan lengkap jika belum mencicipi tahu bakso Bu Pudji. Rasanya yang lezat dan harga yang terjangkau membuat warung ini selalu ramai setiap harinya.

Tahu bakso Bu Pudji memiliki lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Selain itu, harganya juga sangat terjangkau, hanya sekitar Rp.20.000-Rp.22.000 untuk sekotak tahu bakso. Dengan harga yang murah tersebut, kamu sudah bisa menikmati tahu bakso yang lezat dan menjadi oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang.

2. Pecel Keong “Mbak Toen” Banyubiru

Warung “Mbak Toen” yang terletak di Jalan Brawijaya KM.5, Banyubiru, Semarang juga menjadi salah satu tempat yang harus kamu kunjungi jika sedang berada di Ungaran. Warung sederhana ini terkenal dengan pecel keong yang menjadi menu spesial khas Ungaran. Pecel keong yang disajikan di warung ini memiliki cita rasa yang menggoda dan sulit ditemukan di tempat lain. Selain pecel keong, warung Mbak Toen juga menyajikan makanan khas Ungaran lainnya seperti kolak ketan dan sate belut.

BACA JUGA :  20 Hotel Strategis di Yogyakarta, Harga Termurah Rp.108.000

Pecel keong di warung Mbak Toen memiliki harga yang sangat terjangkau, hanya sekitar Rp.11.000 per porsi. Selain itu, lokasinya yang dekat dengan jalan utama membuat warung ini mudah diakses oleh para pengunjung.

3. Tumpi

Tumpi adalah makanan kering khas Ungaran yang bisa menjadi pilihan sebagai oleh-oleh. Tumpi adalah cemilan ringan berbentuk peyek dengan topping kacang hijau yang memiliki rasa gurih, renyah, dan lezat. Makanan ini sangat cocok untuk dinikmati di saat santai atau sebagai teman minum teh atau kopi.

Salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan tumpi yang enak adalah di daerah Karangbolo, desa Lerep, Ungaran. Kamu bisa mendapatkan tumpi ini dengan harga sekitar Rp.11.000 per bungkus. Tumpi juga termasuk makanan yang awet, jadi kamu bisa menyimpannya dengan baik untuk dinikmati nanti.

4. Tahu Serasi

Tahu Serasi merupakan kuliner khas dari daerah Ungaran yang memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang gurih. Tahu Serasi dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi. Tahu ini memiliki warna putih dan tekstur yang kenyal saat digigit. Aromanya yang menggoda membuat tahu Serasi menjadi makanan yang sangat disukai oleh banyak orang.

Tahu Serasi dijual dengan harga yang sangat terjangkau, hanya sekitar Rp.12.000 per bungkus dengan isi 8 potong. Harga yang murah tersebut membuat tahu Serasi menjadi kuliner yang banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke Ungaran.

5. Gudeg Merakmati

Gudeg Merakmati adalah makanan khas Ungaran yang sangat direkomendasikan untuk dicicipi. Meskipun penampilannya hampir sama seperti gudeg Jogja, namun rasanya memiliki kekhasan tersendiri. Banyak orang yang mengatakan bahwa Gudeg Merakmati memiliki rasa yang lebih khas daripada gudeg Jogja. Selain itu, Gudeg Merakmati juga disajikan bersama dengan tendon sapi dan koyor empuk yang membuatnya semakin spesial.

BACA JUGA :  Inilah 10 Referensi Gedung Pernikahan di Jakarta

Untuk menikmati Gudeg Merakmati, kamu bisa datang ke warung Gudeg Merakmati yang terletak di kawasan terminal bus Bawen. Meskipun warung ini terlihat sederhana, namun citarasa gudeg yang luar biasa membuatnya selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung.

6. Sate Kelinci Bandungan

Sate kelinci merupakan salah satu makanan khas Ungaran yang wajib dicoba. Di sekitar daerah Bandungan, kamu akan menemukan sejumlah warung yang menjual sate kelinci. Makanan ini terkenal karena memiliki rasa yang sangat lezat dengan tekstur daging yang lembut. Para penjaja kuliner sate kelinci cukup mudah ditemukan karena berada di pinggiran tembok objek wisata Bandungan.

Selain sate kelinci, kamu juga bisa menikmati sate ayam dengan harga yang terjangkau di kawasan ini. Hanya dengan Rp.12.000, kamu sudah bisa menikmati porsi sate yang nikmat.

7. Serabi Ngampin

Serabi Ngampin adalah kuliner khas Ungaran yang sangat populer di kalangan wisatawan. Serabi ini awalnya berasal dari daerah Ngampin, namun sekarang sudah banyak dijajakan di berbagai wilayah Ungaran, termasuk di Ambarawa. Serabi Ngampin memiliki rasa yang sangat enak dan banyak pilihan topping seperti opak, jenang, atau peyek.

Untuk menikmati serabi ngampin yang lezat, kamu bisa datang ke jalan AmbarawaMagelang dekat dengan terminal bus yang menuju ke Jogja. Serabi ini memiliki harga yang terjangkau, hanya sekitar Rp.10.000 per porsi.

8. Sate Pak Kempleng

Sate Pak Kempleng adalah makanan khas Ungaran yang sangat wajib untuk dicicipi. Warung Sate Pak Kempleng terletak di jalan Diponegoro nomor 265 dan buka mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Keunggulan sate ini terletak pada daging yang sangat empuk, meskipun berotot. Daging satenya direndam terlebih dahulu dengan aren, sehingga memiliki rasa yang sangat khas.

BACA JUGA :  6 Daftar Pilihan Destinasi Wisata Malam Hari di Pekalongan Ini Cocok Buat Anak Milennials Kunjungi

Untuk menikmati sate Pak Kempleng, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp.27.000 per porsi. Dengan harga yang terjangkau, kamu sudah bisa menikmati sate yang lezat dan empuk.

9. Pecel Mbok Kami

Pecel Mbok Kami adalah kuliner khas Ungaran yang juga sangat terkenal. Meskipun terlihat seperti pecel biasa, namun rasanya sangat menggoda dan banyak wisatawan yang terpikat oleh citarasanya. Kelezatan pecel ini terletak pada bumbu kacangnya yang sangat nikmat.

Warung pecel Mbok Kami terletak di jalan Goa Maria Kerep, dekat dengan terminal bus Ambarawa. Harganya pun sangat terjangkau, hanya sekitar Rp.10.000 per porsi. Jika kamu berkunjung ke Ungaran, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba pecel Mbok Kami ini.

10. Gecok Tlogo Ibu Siti Sundari

Gecok Tlogo Ibu Siti Sundari adalah kuliner yang wajib dicicipi saat berwisata kuliner di Ungaran. Makanan ini memiliki kemiripan dengan tengkleng Solo, namun rasanya tidak kalah nikmat. Harganya pun sangat terjangkau, hanya sekitar Rp.10.000 per porsi.

Warung Gecok Tlogo Ibu Siti Sundari berada di daerah Tlogo, Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Meskipun warungnya sederhana, namun pengunjungnya selalu ramai setiap harinya. Banyak orang yang rela mengantre panjang demi bisa mencicipi gecok yang lezat tersebut.

Itulah beberapa daftar makanan khas Ungaran yang bisa kamu coba saat berwisata kuliner di daerah tersebut. Semua makanan tersebut memiliki rasa yang lezat dan harga yang terjangkau. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner-kuliner tersebut saat berkunjung ke Ungaran.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *