PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

10 Rekomendasi Jajanan dan Kue Khas Daerah Medan Yang Enak dan Lezat Ini Wajib Dicoba

Blog

Heading 2: Jajanan dan Kue Khas Medan yang Wajib Dicoba

Medan, sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, tidak hanya terkenal dengan tujuan wisatanya yang beragam, tetapi juga dengan kelezatan kulinernya. Kota ini memiliki banyak makanan khas yang merupakan perpaduan dari budaya Melayu dan pengaruh dari berbagai suku bangsa yang ada di kota ini. Selain makanan berat seperti soto Medan dan mie gomak, Medan juga memiliki berbagai macam jajanan dan kue tradisional yang wajib dicoba oleh para wisatawan.

Heading 3: Medan Napoleon Cake

Salah satu toko oleh-oleh yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan di Medan adalah Medan Napoleon Cake. Toko ini dimiliki oleh Irwansyah, seorang artis terkenal di Indonesia. Medan Napoleon Cake terkenal dengan bolu gulungnya yang dibungkus dengan tumpukan pastry renyah dan diisi dengan selai enak. Ada beberapa varian rasa untuk kue ini, seperti banana crazy, red velvet, green tea, karamel, keju, dan durian. Kalian bisa mengunjungi toko Medan Napoleon Cake di Jl. K. H. Wahid Hasyim No. 46/35, Medan. Harga untuk setiap varian bisa berbeda-beda, namun berkisar antara Rp. 35.000 hingga Rp. 77.000 per porsi.

Heading 3: Bolu Meranti

Bolu Meranti adalah salah satu oleh-oleh yang paling populer dari Kota Medan dan menjadi primadona bagi para wisatawan. Bolu Meranti terkenal dengan bolu gulungnya yang memiliki berbagai varian rasa, seperti keju, coklat, kacang, 3-in-1, abon ayam, dan lain-lain. Selain bolu gulung, Bolu Meranti juga menjual aneka kue basah yang cocok sebagai hampers lebaran. Brand kue ini memiliki beberapa cabang di Medan, namun pusatnya berada di Jl. Kruing simpang Razak no. 7C, Medan. Harga bolu gulung Bolu Meranti berkisar antara Rp. 80.000 hingga Rp. 100.000 per loyangnya.

BACA JUGA :  10 Daftar Jasa Penyedia Nasi Kotak Medan Yang Terbaik Untuk Kamu, Harga Mulai 10 Ribuan Saja

Heading 3: Pancake Durian

Pancake Durian adalah salah satu jajanan khas Medan yang banyak diminati oleh wisatawan. Kue basah ini terdiri dari daging durian yang diselimuti dengan kulit pancake yang lembut. Pancake Durian bisa ditemukan dengan mudah di Medan. Salah satu penjual pancake durian yang terkenal adalah Pancake Durian Medan Terenak yang berlokasi di Jl. Sei Serayu No. 103, Medan. Harga pancake durian ini bervariasi, mulai dari Rp. 75.000 untuk satu kotak kecil hingga Rp. 80.000 untuk kotak besar yang berisi 10 pancake.

Heading 3: Kue Bohong

Kue Bohong adalah salah satu jajanan tradisional yang cukup unik dan menarik untuk dicoba. Meskipun mungkin kurang familiar di kalangan wisatawan, kue tradisional ini sering dijumpai di pasar-pasar tradisional dan dijual oleh pedagang dengan gerobak. Kue Bohong tidak memiliki isian sama sekali, tetapi rasanya tetap enak dan bentuknya agak sedikit kembung. Harga per buahnya juga cukup murah, terutama jika dibeli di pasar tradisional atau pedagang keliling, yakni masih di bawah Rp. 10.000. Namun, jika ingin membuat sendiri, cara membuatnya juga cukup mudah.

Heading 3: Kue Ketawa

Kue Ketawa adalah salah satu jajanan khas Medan yang memiliki bentuk mirip dengan onde-onde. Nama kue ini diambil karena memiliki belahan di bagian tengah yang membuatnya mirip dengan mulut yang sedang tertawa. Kue ini juga ditaburi dengan wijen, sehingga semakin mirip dengan onde-onde. Kue Ketawa dibuat dengan cara digoreng, sehingga dapat tahan cukup lama. Salah satu tempat yang terkenal dengan kue ini adalah Roti Ketawa Sumatera yang berlokasi di Jl. Notes No. 71-A, Medan. Harga per pack kue Ketawa berkisar antara Rp. 15.000 hingga Rp. 30.000.

BACA JUGA :  Ini Dia 10 Tempat Berbuka Puasa di Wilayah Batam Yang Harganya Murah dan Bisa Untuk Keluarga

Heading 3: Popia Yoserizal

Popia Yoserizal adalah salah satu gorengan yang mirip dengan lumpia. Isi dari popia ini terdiri dari sayur-sayuran seperti buncis, daun bawang, wortel, dan bahkan bengkuang yang diiris tipis-tipis. Sayuran yang sudah dicampur tersebut kemudian dibungkus dengan kulit lumpia yang tipis dan tetap garing dan renyah meskipun sudah dingin. Popia Yoserizal biasanya disajikan dengan sambal yang memiliki rasa agak manis, sehingga semakin menarik. Salah satu tempat yang terkenal dengan popia ini adalah di Jl. Yose Rizal, Medan, dengan harga sekitar Rp. 10.000 per buahnya. Uniknya, popia ini juga bisa dimakan dengan daging babi alias chasio.

Heading 3: Lapet

Lapet adalah makanan khas dari suku Batak yang terbuat dari bahan dasar beras, baik itu menggunakan beras biasa atau ketan. Makanan ini memiliki cita rasa manis dan gurih berkat parutan kelapa dan campuran gula merah. Lapet biasanya dapat ditemukan di berbagai acara suku Batak, seperti arisan, upacara adat perkawinan, atau sebagai sarapan tamu di rumah. Jika ingin mencoba membuatnya sendiri, resep Lapet dapat ditemukan dengan mudah di internet. Harga satuannya juga cukup terjangkau, masih di bawah Rp. 10.000.

Heading 3: Bika Ambon

Bika Ambon adalah salah satu kue khas Medan yang terkenal dengan kekenyalannya. Meskipun namanya mengandung kata “Ambon“, kue ini sebenarnya berasal dari Medan. Sejarahnya, Bika Ambon awalnya dikira berasal dari Maluku, sehingga dinamakan demikian. Ciri khas Bika Ambon adalah bentuknya yang berbentuk balok dengan warna kuning dan memiliki lubang dan serat di dalamnya. Rempah-rempah yang digunakan dalam pembuatan Bika Ambon membuat rasanya semakin khas dan enak. Salah satu produsen Bika Ambon yang terkenal adalah Bika Ambon Zulaikha yang berlokasi di Jl. Mojopahit No. 62 dan No. 96. Harga Bika Ambon ini bervariasi, mulai dari Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000.

BACA JUGA :  10 Rekomendasi Layanan Sedot WC di Daerah Magetan Dengan Biaya Mulai Dari 80 Ribu Saja

Heading 3: Pia Tamiang

Pia Tamiang adalah salah satu kue kering yang menjadi kebanggaan masyarakat Medan. Pia Tamiang sudah ada sejak 40 tahun yang lalu dan terkenal sebagai oleh-oleh khas Medan. Dulunya, kue ini dikenal dengan nama Pia Hou Chen yang dipopulerkan oleh seorang keturunan Tionghoa. Pia Tamiang dibuat dengan cara dipanggang di dalam oven dan memiliki berbagai varian rasa, seperti kacang hijau, kacang merah, kacang jeruk, dan lain-lain. Salah satu tempat yang terkenal dengan Pia Tamiang adalah di Jl. Tamiang No. 16, Medan. Harga Pia Tamiang ini bervariasi, tergantung dari jumlah yang ada di satu kotak Pia Tamiang.

Heading 3: Talam Tarutung

Talam Tarutung adalah kue tradisional asli dari Tarutung, Tapanuli Utara. Kue ini terbuat dari tepung beras dan memiliki cita rasa manis dan gurih berkat penggunaan santan dan gula merah dalam pembuatannya. Talam Tarutung menjadi kebanggaan masyarakat Tapanuli Utara dan sangat lezat jika disantap di tempat dingin seperti Tarutung. Kue ini dapat dibeli di pasar tradisional dengan harga satuan sekitar Rp. 25.000.

Itulah beberapa jajanan dan kue khas Medan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kota Medan. Selain menggoyangkan lidah dengan makanan berat seperti soto Medan dan mie gomak, jangan lupa untuk mencicipi kelezatan jajanan dan kue tradisional yang menjadi kebanggaan masyarakat Medan. Beberapa jajanan dan kue tersebut bahkan bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Jadi, tunggu apa lagi? Jelajahi kuliner Medan dan nikmati kelezatannya!


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *