PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Pesona Indahnya Kebun Teh Jamus Ngawi dan Spot Borobudur Hills Yang Hits Banget

Blog

Heading 2: Kebun Teh Jamus Ngawi, Destinasi Wisata yang Menakjubkan

Kebun Teh Jamus Ngawi adalah salah satu destinasi wisata yang menakjubkan di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Terletak di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, kebun teh ini menawarkan panorama alam yang indah serta spot-spot foto yang instagrammable. Kebun teh ini menjadi favorit bagi masyarakat setempat untuk melepas penat dan merasakan keindahan alam.

Heading 3: Lokasi dan Koordinat Kebun Teh Jamus Ngawi

Kebun Teh Jamus Ngawi terletak di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Kabupaten Ngawi sendiri berada pada titik koordinat 7°21’ – 7°31’ Lintang Selatan dan 110°10’ – 111°40’ Bujur Timur. Lokasi kebun teh ini sangat strategis dan mudah dijangkau oleh para pengunjung.

Heading 3: Daya Tarik Kebun Teh Jamus Ngawi

Kebun Teh Jamus Ngawi memiliki luas sekitar 478 hektar dan dikelola oleh PT Candiloka. Di kebun ini, terdapat berbagai jenis tanaman teh seperti teh hijau, hitam, putih, dan benalu teh untuk bahan membuat obat. Para pengunjung tidak hanya dapat mengamati bagaimana para petani memetik teh, tetapi juga dapat bercengkerama dengan mereka.

Suasana alam yang sejuk dan udara yang segar akan membuat perasaan pengunjung menjadi tenteram dan ingin berlama-lama di kebun teh ini. Bagi mereka yang merasa lelah karena aktivitas sehari-hari, datang ke Kebun Teh Jamus akan membantu merefresh kembali tubuh dan pikiran.

Selain menawarkan pesona keindahan alam Kabupaten Ngawi, kebun teh ini juga memiliki konsep melestarikan alam. Fasilitas lain yang tersedia di sini adalah camping ground, yang akan memberikan pengalaman berkemah yang seru bagi para pengunjung. Selain itu, kegiatan outbond juga dapat dilakukan di kebun teh ini.

BACA JUGA :  Daftar Petshop di Batam, Cocok Untuk Binatang Peliharaan Kamu

Heading 3: Spot Fotografi Borobudur Hills

Salah satu daya tarik utama Kebun Teh Jamus Ngawi adalah Borobudur Hills. Spot ini menjadi magnet bagi para pengunjung yang ingin mengambil gambar dengan latar belakang bukit yang menyerupai Candi Borobudur. Borobudur Hills memiliki ketinggian sekitar 35 meter dan telah disediakan tangga untuk mencapai puncak tertingginya.

Borobudur Hills menawarkan pemandangan alam yang indah dan beberapa spot pengambilan gambar yang keren. Banyak pasangan yang datang ke sini untuk melakukan foto prewedding dengan menggunakan latar belakang alam kebun teh. Bagi mereka yang menginginkan konsep prewedding dengan tema alam, Kebun Teh Jamus adalah pilihan yang tepat.

Heading 3: Fasilitas yang Tersedia

Kebun Teh Jamus Ngawi menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan para pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di sini antara lain outbound, taman bermain, area parkir, toilet, dan kantin. Namun, untuk penginapan, pihak pengelola tidak menyediakan fasilitas tersebut. Para pengunjung yang ingin bermalam di kebun teh ini dapat menginap di rumah-rumah warga sekitar.

Harga tiket masuk ke Kebun Teh Jamus sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp. 8 ribu saja. Dengan harga yang terjangkau ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan fasilitas yang disediakan di kebun teh ini.

Heading 3: Sejarah Kebun Teh Jamus Ngawi

Kebun Teh Jamus memiliki sejarah yang panjang. Pada abad ke-18 atau sekitar tahun 1866, Kebun Teh Jamus didirikan oleh Van De Rappart, seorang Belanda. Ia memimpin dan mengelola kebun teh ini selama 44 tahun sampai akhir hayatnya pada tahun 1910. Setelah itu, putranya, Ridder Von Rappart, melanjutkan pengelolaan kebun teh ini.

Di bawah kepemimpinan Ridder Von Rappart, kebun teh mengalami kemajuan namun juga mengalami kebangkrutan. Pada tahun 1928, Ridder Von Rappart mendirikan pabrik pengolahan teh serta pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di area kebun teh. Namun, beberapa bulan setelah itu, pada tahun 1929, Ridder Von Rappart menjual kebun teh ini kepada perusahaan NV Geowehrij.

BACA JUGA :  10 Toko Komputer di Makassar, Ini Yang Paling Lengkap

Saat Jepang menjajah Indonesia pada tahun 1942-1945, kepemilikan kebun teh ini berpindah tangan ke tangan Jepang. Setelah Indonesia merdeka, pengelolaan Kebun Teh Jamus beralih kepada PT. Candi Loka, sebuah perseroan terbatas milik perusahaan pribumi. Hingga saat ini, PT. Candi Loka masih mengelola kebun teh ini.

Heading 3: Rute Jalan Menuju Kebun Teh Jamus Ngawi

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Kebun Teh Jamus Ngawi, terdapat beberapa rute jalan yang dapat diikuti. Jika datang dari arah Solo atau Sragen, wisatawan dapat menggunakan jalur Jalan Raya Solo ke Surabaya. Dari sini, arahkan ke Tunjungan – Winong – Plosokerep – Sine.

Bagi yang datang dari arah Madiun, dapat mengikuti jalur Madiun – Ngawi – Paron – Jogorogo – Ngrambe – Sine. Sedangkan bagi yang datang dari Magetan, Bojonegoro, atau Ponorogo, dapat mengikuti rute jalan yang sama seperti dari arah Madiun.

Jarak tempuh dari pusat kota Ngawi ke Kebun Teh Jamus sekitar 45 km, sedangkan dari Sragen sekitar 40 km. Meskipun pernah terjadi longsor pada tahun 2016, kebun teh ini tetap ramai dikunjungi oleh para pengunjung.

Heading 2: Kesimpulan

Kebun Teh Jamus Ngawi adalah destinasi wisata yang menakjubkan di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Dengan luas sekitar 478 hektar, kebun teh ini menawarkan panorama alam yang indah serta spot-spot foto yang instagrammable. Para pengunjung dapat mengamati proses pemetikan teh oleh para petani, berlama-lama menikmati suasana alam yang sejuk, dan melakukan berbagai aktivitas seperti camping dan outbond.

Selain itu, kebun teh ini juga memiliki spot fotografi Borobudur Hills yang menjadi favorit para pengunjung. Dengan kombinasi pemandangan alam yang indah dan spot-spot pengambilan gambar yang keren, banyak pasangan yang datang ke sini untuk melakukan foto prewedding.

BACA JUGA :  New Kuta Golf Bali

Kebun Teh Jamus Ngawi juga menyediakan berbagai fasilitas seperti outbound, taman bermain, area parkir, toilet, dan kantin. Meskipun tidak menyediakan penginapan, para pengunjung dapat menginap di rumah-rumah warga sekitar. Harga tiket masuk ke kebun teh ini sangat terjangkau, yaitu Rp. 8 ribu saja.

Dibalik keindahan kebun teh ini, terdapat sejarah yang panjang. Kebun Teh Jamus didirikan pada abad ke-18 oleh seorang Belanda bernama Van De Rappart. Setelah beberapa pergantian kepemilikan, kebun teh ini saat ini dikelola oleh PT. Candi Loka.

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Kebun Teh Jamus Ngawi, terdapat beberapa rute jalan yang dapat diikuti. Jarak tempuh dari pusat kota Ngawi ke kebun teh ini sekitar 45 km. Meskipun pernah mengalami bencana longsor dan kebakaran, kebun teh ini tetap menjadi destinasi wisata yang populer di Kabupaten Ngawi.

Dengan segala keindahan alam dan fasilitas yang disediakan, Kebun Teh Jamus Ngawi merupakan tempat yang sempurna untuk melepas penat dan menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Bagi Anda yang ingin berwisata ke Kabupaten Ngawi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Kebun Teh Jamus dan merasakan pesona alamnya.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *