PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Blog

Pesona Keindahan Air Terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu

Destinasi Wisata Air Terjun di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan alamnya, termasuk air terjun. Suara gemericik jatuhan air, cuaca sejuk, dan pemandangan alam yang eksotis membuat air terjun menjadi salah satu destinasi wisata yang tak terelakkan. Di Indonesia, terdapat banyak air terjun yang memiliki keindahan yang tak kalah cantik dengan air terjun di luar negeri.

Beberapa air terjun terkenal di Indonesia antara lain Sibolangit waterfall yang terkenal dengan 2 gradasi warnanya, Benang Kelambu waterfall di kaki Rinjani, dan Sipiso-piso yang berada tidak jauh dari Danau Toba. Namun, salah satu destinasi wisata alam yang menarik perhatian terletak di daerah Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Keindahan Air Terjun Grojogan Sewu

Air terjun Grojogan Sewu merupakan salah satu destinasi wisata alam yang mempesona di daerah Tawangmangu. Air terjun ini dikenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Dengan tinggi sekitar 80 meter, air terjun ini memiliki debit air yang deras yang berasal dari kaki Gunung Lawu.

Pemandangan di sekitar air terjun Grojogan Sewu juga menakjubkan. Vegetasi dan pepohonan yang tumbuh di sekitar air terjun menambah keindahan tempat ini. Saat berada di sini, pengunjung akan merasakan ketenangan dan kedamaian yang sulit ditemukan di tempat lain.

BACA JUGA :  10 Penginapan Murah di Ambarawa Mulai Rp.20.000 Yang Dekat Gua Maria Kerep

Terdapat sekitar 1250 anak tangga yang harus dilewati ketika mengunjungi air terjun Grojogan Sewu. Meskipun jumlah anak tangga yang banyak, minat para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini tetap tinggi. Setiap harinya, terutama pada akhir pekan, tempat ini selalu dipadati oleh pengunjung yang ingin menikmati panorama indah air terjun ini.

Legenda dan Mitos seputar Air Terjun Grojogan Sewu

Air terjun Grojogan Sewu juga memiliki cerita legenda dan mitos yang menarik. Menurut cerita sejarah Mahabharata, tempat ini adalah tempat bagi Prabu Baladewa untuk melakukan pertapaan atas perintah Kresna. Meskipun perintah tersebut diberikan agar Prabu Baladewa terhindar dari perang yang berkecamuk saat itu, tempat ini tetap memiliki aura magis dan mistis.

Selain itu, terdapat juga mitos yang berkembang di sekitar air terjun Grojogan Sewu. Konon, ada sebuah jembatan yang disebut Kretek Pegat yang diyakini dapat mempengaruhi hubungan pasangan. Beberapa pasangan yang melintasi jembatan ini dikatakan akan mengalami putus cinta.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Grojogan Sewu

Air terjun Grojogan Sewu juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati flying fox, mini waterboom dengan kolam renangnya, mini rafting, dan area bermain untuk anak-anak. Selain itu, terdapat juga fasilitas outbound yang cocok untuk kegiatan sekolah maupun instansi lainnya.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Air Terjun Grojogan Sewu

Untuk masuk ke air terjun Grojogan Sewu, pengunjung perlu membayar tiket seharga Rp.17.000 per orang. Harga tiket ini tentu sebanding dengan panorama dan fasilitas yang ditawarkan di tempat ini. Air terjun Grojogan Sewu buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

BACA JUGA :  15 Tempat Wisata di Toraja Sulawesi Selatan

Rute Menuju Air Terjun Grojogan Sewu

Untuk menuju ke air terjun Grojogan Sewu, pengunjung dapat menggunakan berbagai jalur. Bagi yang berasal dari Semarang, dapat mengambil jalur Solo menuju Karanganyar melalui Palur. Dari Karanganyar, pengunjung akan melewati Terminal Tawangmangu dan sampai di tempat tujuan.

Bagi yang menggunakan transportasi umum seperti bus, dapat menaiki bus dengan tujuan Terminal Tawangmangu dan melanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau angkot. Bagi yang ingin menginap, terdapat berbagai penginapan yang dapat dipilih di sekitar air terjun Grojogan Sewu.

Kuliner Unik di Air Terjun Grojogan Sewu

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat mencicipi kuliner unik di air terjun Grojogan Sewu. Salah satu kuliner yang disajikan di tempat ini adalah sate kelinci. Meskipun terdengar ekstrim, sate kelinci memiliki rasa yang lezat dan kaya akan gizi. Sate kelinci dikatakan memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti menurunkan kolesterol, rendah lemak, dan bahkan dikatakan dapat mengatasi masalah kesuburan.

Kesimpulan

Air terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, merupakan destinasi wisata alam yang menakjubkan. Keindahan alamnya, debit air yang deras, dan panorama yang mempesona menjadikan air terjun ini menjadi tempat yang sayang untuk dilewatkan. Dengan berbagai fasilitas yang tersedia, pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan seru di sini. Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi air terjun Grojogan Sewu dan nikmati keindahan alam yang luar biasa ini.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *