PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Wisata Kebun Teh Kemuning Karanganyar

Blog

Lokasi: Jalan Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793

Daya Tarik

Kebun teh kemuning Karanganyar Tawangmangu merupakan tempat wisata yang sangat diminati oleh masyarakat. Terletak di Jalan Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, kebun teh ini menawarkan keindahan alam yang memukau serta udara segar yang menyegarkan. Dengan tiket masuk gratis, kebun teh kemuning menjadi pilihan yang terjangkau untuk berlibur bersama keluarga, teman, atau pasangan.

Dengan luas area yang mencapai ribuan hektar, kebun teh kemuning menampilkan panorama alam yang indah. Pemandangan hamparan kebun teh yang hijau dan sejauh mata memandang akan membuat Anda merasa tenang dan damai. Udara sejuk dengan suhu sekitar 21,50 celcius akan membuat liburan Anda semakin nyaman.

Selain menikmati keindahan alam, kebun teh kemuning juga menawarkan beberapa aktivitas menarik. Anda dapat melakukan aktivitas outbond seperti biking, camping, dan sebagainya. Bagi Anda yang suka tantangan, Anda dapat mencoba wahana flying fox, ATV, paintball, atau paralayang yang disediakan di Resto Kemuning Indah. Aktivitas ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan adrenalin yang meningkat.

Bagi pecinta camping, kebun teh kemuning juga memiliki camping ground yang populer, yaitu Bumi Perkemahan Segara Gunung. Di sini, Anda dapat berkemah di tengah hamparan pohon pinus yang tinggi menjulang. Suasana yang tenang dan alam yang asri akan membuat pengalaman berkemah Anda menjadi lebih seru dan menyenangkan.

BACA JUGA :  10 Daftar Kedai Nasi Goreng Babat di Kota Semarang Yang Enak, Simak Rekomendasi Pilihan Ini

Selain itu, kebun teh kemuning juga menjadi tempat yang cocok untuk bersepeda. Trek sepeda yang terkenal di sini menawarkan medan yang menantang dan pemandangan yang indah. Anda dapat memilih rute ke Barat ke Dusun Sumbersari yang memiliki medan landai, atau rute ke Timur yang memiliki medan terjal dan naik mengarah ke Padepokan Segara Gunung. Aktivitas bersepeda ini akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pecinta olahraga ini.

Setelah beraktivitas, Anda dapat menikmati secangkir teh khas gunung Lawu di kedai teh yang ada di kebun teh kemuning. Beberapa kedai teh yang terkenal di sini, seperti Resto Kemuning Indah, Ndoro Dongker, Omah Kodok, dan Bale Branti, menawarkan berbagai macam jenis teh dengan rasa yang nikmat. Anda juga dapat mencicipi camilan seperti pisang goreng atau kentang goreng di sini. Selain itu, terdapat juga beberapa tempat makan dengan menu pilihan nusantara.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk ke kebun teh kemuning adalah gratis. Anda tidak perlu membayar biaya masuk untuk menikmati keindahan alam dan fasilitas yang ada di sini. Namun, jika Anda ingin melakukan aktivitas outbond seperti flying fox, ATV, paintball, atau paralayang, Anda akan dikenakan biaya tertentu. Harga tiket untuk setiap wahana berbeda-beda, namun tetap terjangkau bagi pengunjung.

Jalan Menuju Lokasi

Kebun teh kemuning terletak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Solo. Alamat tepatnya adalah Jalan Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Anda dapat menjangkau kebun teh kemuning dari berbagai arah, seperti Jogja, Wonogiri, Sragen, Boyolali, dan lainnya. Akses jalan menuju kebun teh kemuning cukup mudah dan tidak sulit untuk ditemukan.

BACA JUGA :  10 Daftar Obyek Wisata Pantai di Negara Thailand Yang Terkenal Paling Bagus dan Wajib Dikunjungi

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil atau sepeda motor, Anda dapat mengikuti rute jalan menuju ke Karang Pandan. Dalam perjalanan, Anda akan melewati beberapa tempat wisata yang menarik, seperti Candi Cetho, Candi Sukuh, dan Air Terjun Jumog. Setelah menemukan plang yang menunjukkan arah ke kebun teh kemuning, Anda tinggal mengikuti jalan utama dan dalam waktu kurang lebih 60 menit, Anda akan sampai di lokasi.

Selain itu, jika Anda tidak ingin repot membawa kendaraan sendiri, Anda juga dapat menggunakan kendaraan umum seperti bus. Bus dengan jurusan menuju Tawangmangu akan melewati Terminal Bus Karangpandan. Setelah sampai di terminal, Anda dapat naik bus mini menuju Terminal Kemuning. Banyak bus dengan jurusan tersebut yang dapat Anda gunakan. Jika Anda tidak ingin naik bus lagi, Anda juga dapat menggunakan jasa tukang ojek yang akan mengantarkan Anda ke tujuan di kebun teh kemuning.

Fasilitas Yang Ada

Kebun teh kemuning menyediakan fasilitas yang lengkap untuk para pengunjung. Di sini, Anda akan menemukan beberapa hotel, homestay, dan penginapan dengan berbagai pilihan harga. Anda dapat memilih sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin menginap dengan budget pas-pasan, Anda dapat memilih homestay atau penginapan biasa. Namun, jika Anda datang bersama rombongan dan memiliki budget yang lebih, disarankan untuk menyewa sebuah villa yang tersedia di sekitar kebun teh kemuning.

Selain itu, di kebun teh kemuning juga terdapat area parkir yang luas dengan biaya parkir yang terjangkau. Biaya parkir untuk kendaraan roda 2 adalah Rp. 2000,-, sedangkan untuk kendaraan roda 4 adalah Rp. 5000,-. Anda juga akan menemukan beberapa toilet umum yang tersebar di kawasan kebun teh dengan tarif yang hanya Rp. 2000,-.

BACA JUGA :  7 Referensi Homestay di Daerah Klaten Yang Bagus dan Fasilitas Terbaik Mulai 85 Ribu

Di sekitar kebun teh kemuning, terdapat juga beberapa tempat makan yang menyajikan berbagai menu pilihan nusantara. Anda dapat mencicipi kuliner khas daerah ini dan menikmati makanan yang lezat. Jika Anda ingin membeli oleh-oleh khas daerah ini, Anda dapat mengunjungi beberapa toko oleh-oleh di sekitar kebun teh kemuning atau di kawasan Kali Pucung.

Selama berada di kebun teh kemuning, pastikan Anda membawa baju hangat mengingat suhu udara yang cukup dingin di area pegunungan ini. Gunakan juga sepatu atau sandal yang nyaman untuk berjalan-jalan di kebun teh yang memiliki medan yang tidak selalu mulus. Selain itu, pastikan Anda membawa uang tunai secukupnya karena tidak tersedia mesin ATM di kawasan ini.

Jadi, jika Anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga, teman, atau pasangan, kebun teh kemuning di Karanganyar, Jawa Tengah adalah pilihan yang tepat. Anda akan menikmati keindahan alam yang memukau, udara segar yang menyegarkan, serta aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan. Semua ini dapat dinikmati dengan tiket masuk gratis dan fasilitas yang lengkap. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi kebun teh kemuning dan rasakan pengalaman liburan yang berbeda di tengah keindahan alam Jawa Tengah.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *