PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

10 Gambar Benteng Somba Opu Makassar, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup + Rute Jalan Menuju Wisata

Blog

Heading 2: Lokasi Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu terletak di Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Lokasi ini berada di bawah pengelolaan Dinas Pariwisata Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa. Untuk mencapai Benteng Somba Opu, Anda dapat mengikuti Jalan Dg Tata atau Jalan Cendrawasih. Jarak dari pusat kota Makassar menuju benteng ini sekitar 6 kilometer. Meskipun begitu, tidak ada transportasi umum yang melewati kawasan ini, sehingga jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan jasa taksi atau supir.

Heading 3: Sejarah Singkat Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu merupakan salah satu benteng peninggalan Kerajaan Gowa. Benteng ini berfungsi sebagai perlindungan bagi rakyat Gowa-Tallo dari serbuan pasukan Belanda pada tahun 1669. Menurut informasi dari Wallace, Benteng Somba Opu merupakan salah satu benteng yang sangat sulit untuk ditaklukkan pada masa itu di Indonesia.

Berbeda dengan benteng-benteng di Eropa, Benteng Somba Opu tidak hanya berfungsi sebagai pertahanan, tetapi juga sebagai pusat pemerintahan dan perdagangan. Benteng ini dilengkapi dengan beragam bangunan infrastruktur. Fungsi utamanya adalah untuk melindungi kerajaan Gowa-Tallo dari penjajah.

Rakyat Gowa-Tallo terkenal karena keberaniannya dan memberikan kesulitan bagi pasukan Belanda yang ingin menguasai daerah ini. Benteng Somba Opu didirikan oleh Raja Gowa ke-9, Daeng Matanre Karaeng Tumapa’risi’ Kallonna, pada abad ke-16. Benteng ini menjadi simbol kejayaan kerajaan Gowa-Tallo dan merupakan salah satu lokasi pelabuhan yang ramai oleh aktivitas perdagangan dari berbagai negara.

BACA JUGA :  Wajib Baca 10 Daftar Ini Sampai Habis Jika Sedang Cari Barbershop di Batam

Pada tahun 1669, VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie) berhasil meruntuhkan Benteng Somba Opu. Selain itu, benteng ini juga terkena dampak ombak pasang yang membuat kondisinya semakin buruk. Hingga tahun 1980, para arkeolog dan sejarawan menemukan kembali situs ini. Kemudian, dilakukan pembangunan dan rekonstruksi untuk mengembalikan bangunan-bangunan yang telah runtuh.

Heading 3: Kompleks Obyek Wisata Bersejarah BSO

Kompleks obyek wisata Benteng Somba Opu (BSO) merupakan salah satu tempat yang patut dikunjungi, terutama bagi Anda yang tertarik dengan sejarah dan budaya Sulawesi Selatan. Di sini, Anda tidak hanya dapat melihat benteng, tetapi juga rumah adat dari seluruh Sulawesi Selatan.

Keberadaan rumah-rumah adat ini menjadi simbol bahwa pada masa lampau ada sebuah kerajaan yang mampu mempersatukan seluruh Sulawesi Selatan di bawah satu panji bendera. Sayangnya, semua itu dihancurkan oleh adu domba yang dilakukan Belanda dengan bendera VOC-nya.

Di dalam kompleks wisata ini juga terdapat museum Karaeng Pattingalloang yang menyimpan berbagai artefak dan informasi mengenai sejarah Benteng Somba Opu. Di museum ini, Anda dapat melihat peta BSO yang terletak di langit-langit museum. Peta ini memberikan gambaran tentang luas BSO dan letak geografisnya.

Harga tiket masuk ke kompleks wisata ini sangat terjangkau, hanya Rp. 2.000 per orang. Benteng Somba Opu buka mulai pukul 08.00 hingga 19.00. Keunikan dari bangunan benteng ini dapat dilihat dari bahan bakunya yang terbuat dari batu bata dengan ukuran yang berbeda-beda.

Heading 3: BSO Kini

Sayangnya, kondisi Benteng Somba Opu saat ini sangat terbengkalai. Kompleks wisata ini sudah kurang terawat, terutama kondisi rumah adat dan taman-tamannya. Hal ini mungkin disebabkan oleh kurangnya perhatian dari Pemerintah Daerah setempat.

BACA JUGA :  10 Vendor Jasa Pembuatan Kitchen Set Terbaik dan Terpercaya di Wilayah Jakarta, Tarif Mulai 1,8 Juta

Padahal, kompleks wisata ini memiliki potensi yang cukup besar. Banyak pasangan yang memilih tempat ini sebagai lokasi pemotretan prewedding mereka. Dengan perawatan yang baik dan promosi yang tepat, kompleks wisata ini dapat menjadi tempat yang menarik bagi wisatawan, terutama para penggemar fotografi.

Selain itu, ada sebuah novel berjudul “Perang Makassar 1669, Prahara Benteng Somba Opu” yang mengisahkan tentang kejayaan dan perjuangan Kerajaan Gowa melawan VOC pada abad ke-17. Novel ini dapat menjadi bacaan yang menarik bagi Anda yang ingin belajar lebih dalam tentang sejarah atau membuat makalah mengenai Benteng Somba Opu.

Heading 3: Gowa Discovery Park

Gowa Discovery Park (GDP) merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di dalam kompleks Benteng Somba Opu. Saat ini, GDP lebih populer dibandingkan dengan Benteng Somba Opu, sehingga banyak wisatawan memilih untuk mengunjungi GDP daripada benteng.

GDP adalah sebuah kolam permandian raksasa atau waterboom yang dibuka sejak Desember 2013. Tempat ini memiliki luas lahan mencapai 7,2 hektar dan dilengkapi dengan banyak wahana dan fasilitas pendukung seperti taman burung, waterboom, artshop, musholla, dan foodcourt.

Meskipun adanya GDP, penting untuk tetap menjaga dan merawat Benteng Somba Opu sebagai situs bersejarah yang berharga. Benteng ini memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi, dan dapat menjadi daya tarik wisata yang menarik jika dikelola dengan baik.

Dalam melakukan perjalanan wisata ke Kota Makassar, jangan lupa untuk mengunjungi Benteng Somba Opu. Lokasi ini menyimpan banyak sejarah dan keindahan yang menarik untuk dijelajahi. Dengan mengunjungi Benteng Somba Opu, Anda dapat mengenal lebih dekat tentang sejarah dan budaya Sulawesi Selatan.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *