PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Taman Balai Kota Surabaya, Tempat Paling Pas Untuk Menikmati Sore

Blog

Alamat: Jalan Walikota Mustajab Nomor 59, Ketabang, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60272

Harga Tiket Masuk

Taman Balai Kota Surabaya merupakan salah satu tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, sahabat, atau pasangan di Kota Surabaya. Tempat ini menawarkan suasana yang nyaman dan menyenangkan untuk bersantai sambil bermain. Salah satu kelebihan dari Taman Balai Kota adalah tiket masuknya yang gratis. Kamu tidak perlu membayar tiket masuk untuk menikmati fasilitas yang ada di dalamnya.

Selain tiket masuk yang gratis, Taman Balai Kota Surabaya juga menyediakan fasilitas parkir untuk kendaraan pribadi. Untuk parkir motor, kamu hanya perlu membayar Rp. 3.000, sedangkan untuk parkir mobil, kamu perlu membayar Rp. 5.000. Harga parkir yang terjangkau ini membuat Taman Balai Kota Surabaya semakin diminati oleh pengunjung.

Jalan Menuju Lokasi

Taman Balai Kota Surabaya terletak di Jalan Walikota Mustajab Nomor 59, Ketabang, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60272. Lokasi taman ini berada sekitar 3,6 kilometer dari pusat Kota Surabaya atau sekitar 11 menit perjalanan dengan kendaraan.

Untuk menuju Taman Balai Kota Surabaya, kamu bisa melalui Jalan Undaan Wetan. Jika kamu masih bingung dengan rute menuju lokasi taman, kamu bisa menggunakan petunjuk navigasi dengan mengklik link maps di atas. Lokasi Taman Balai Kota Surabaya tepat berada di sebelah utara Gereja Maranatha.

BACA JUGA :  15 Rekomendasi Penginapan Terbaik di Sarangan Yang Harganya Murah Dibawah 100 Ribu

Lokasi yang strategis ini membuat Taman Balai Kota Surabaya mudah ditemukan, terutama bagi para wisatawan yang belum terlalu familiar dengan rute jalanan di Surabaya. Jika kamu masih kesulitan menemukan lokasinya, kamu juga bisa bertanya kepada masyarakat sekitar yang akan dengan senang hati membantu kamu.

Fasilitas

Taman Balai Kota Surabaya tidak dilengkapi dengan banyak fasilitas seperti taman kota pada umumnya. Namun, tempat ini memiliki fasilitas umum yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Salah satu fasilitas yang tersedia di taman ini adalah bangku-bangku taman yang bisa digunakan untuk duduk dan bersantai.

Meskipun fasilitasnya masih terbatas, Taman Balai Kota Surabaya tetap nyaman untuk menikmati waktu sore dan malam hari. Kamu juga bisa melihat banyak anak-anak yang bermain sepatu roda di area taman ini. Keberadaan lantai keramik yang luas membuat tempat ini sangat asyik untuk berselancar menggunakan sepatu roda.

Selain itu, Taman Balai Kota Surabaya juga memiliki beberapa spot yang cocok untuk berfoto. Banyak pengunjung yang tertarik untuk berfoto di tengah-tengah spot tanaman hijau yang indah di taman ini.

Sejarah Balai Kota

Balai Kota Surabaya memiliki sejarah yang cukup panjang. Gagasan untuk mendirikan gedung Balai Kota Surabaya pertama kali muncul pada masa pemerintahan Wali Kota Surabaya yang pertama, A. Meyroos. Pada saat itu, Surabaya belum memiliki kantor pemerintahan, sehingga G. Cosmas Citroen mengajukan desain untuk gedung Balai Kota kepada A. Meyroos.

Awalnya, rencana pembangunan Balai Kota Surabaya berada di depan Tugu Pahlawan. Namun, rencana tersebut tidak terealisasi. Baru pada masa pemerintahan Wali Kota Surabaya kedua, G.J. Dijkermann, rencana pembangunan Balai Kota Surabaya diubah dan dipindahkan ke daerah Ketabang.

BACA JUGA :  Museum Sumpah Pemuda Jakarta

Pembangunan gedung Balai Kota Surabaya dimulai pada tahun 1920 dan selesai pada tahun 1925 oleh N.V. Hollandsche Beton Maatschappij dengan biaya sebesar 1.000 gulden. Pada bulan Januari 1937, Balai Kota Surabaya pernah dijadikan sebagai tempat penyambutan Ratu Juliana dan Pangeran Bernhardfeesten saat berkunjung ke Surabaya. Gedung Balai Kota Surabaya memiliki panjang 102 meter dan lebar 19 meter.

Pesona Taman

Taman Balai Kota Surabaya memiliki pesona yang menarik bagi pengunjungnya. Saat ini, taman ini sudah bertransformasi menjadi tempat yang lebih asri dan sejuk. Banyaknya taman yang didirikan di ibukota Jawa Timur ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan udara segar di tengah kota yang padat.

Taman Balai Kota Surabaya juga menawarkan spot-spot foto yang instagramable. Kombinasi antara bangunan bersejarah dengan spot-spot foto yang menarik membuat tempat ini menjadi tempat yang epic. Keberadaan bunga warna-warni dan tumbuh-tumbuhan rimbun semakin menambah keindahan taman ini.

Saat malam hari, air mancur di taman ini dihiasi dengan lampu warna-warni yang membuat suasana semakin cantik. Taman ini sering digunakan sebagai tempat upacara, perayaan hari-hari besar, penerimaan tamu, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Perpaduan antara keindahan alam dan bangunan bersejarah membuat Taman Balai Kota Surabaya semakin menarik untuk dikunjungi.

Jika kamu sedang mencari tempat yang asyik untuk relaksasi, Taman Balai Kota Surabaya adalah destinasi yang paling pas. Selain itu, di sekitar gedung Balai Kota juga terdapat beberapa hotel seperti Cleo Hotel Walikota Mustajab dan Garden Palace Hotel yang bisa kamu jadikan tempat menginap jika ingin menghabiskan waktu yang lebih lama di Surabaya.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *