PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Taman Mundu Surabaya Atau Taman 10 Nopember

Blog

Lokasi dan Konsep Taman Mundu di Tambaksari, Surabaya

Surabaya, sebagai ibukota dari provinsi Jawa Timur, memiliki banyak taman kota yang indah. Salah satunya adalah Taman Mundu yang terletak di daerah Tambaksari. Taman ini memiliki luas sekitar 4800 meter persegi dengan konsep taman panggung yang terbuka.

Taman Mundu diberi nama demikian karena terdapat dua pohon mundu yang cukup besar di dalamnya. Pohon mundu sendiri merupakan pohon langka yang mulai jarang ditemukan. Buah mundu yang tampak seperti manggis berwarna kuning memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh.

Taman Mundu terletak di depan Stadion Gelora 10 November, di Jalan Juwet, Tambaksari, Surabaya. Taman ini dulunya merupakan lapangan terbengkalai yang hanya digunakan seperlunya saja, bahkan seringkali digunakan sebagai lahan parkir. Namun, sekarang taman tersebut telah diubah menjadi taman yang luas dan cantik.

Taman Mundu memiliki beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Salah satunya adalah pertunjukkan air mancur yang menjadi atraksi favorit. Air mancur di taman ini dapat mencapai ketinggian hingga sepuluh meter dan dilengkapi dengan variasi gerakan yang menarik. Saat malam hari, atraksi air mancur tersebut ditambah dengan efek pencahayaan yang indah, sehingga menciptakan kesan seperti pelangi yang muncul di tengah air.

Selain itu, Taman Mundu juga dilengkapi dengan lintasan refleksi kaki, jogging track, playground untuk anak-anak, panggung terbuka, dan area tempat duduk yang luas. Di taman ini juga terdapat air kran yang siap digunakan oleh pengunjung. Semua fasilitas tersebut menjadikan Taman Mundu sebagai salah satu taman kota terlengkap di Surabaya.

BACA JUGA :  Kedai Nasi Goreng Enak di Bogor, Mana Favortimu?

Manfaat Lahan Terbuka Hijau di Kota

Taman Mundu merupakan salah satu contoh lahan terbuka hijau yang penting untuk kehidupan kota. Lahan terbuka hijau memiliki berbagai manfaat yang tidak bisa diabaikan. Pertama-tama, taman kota memberikan fungsi sebagai paru-paru kota. Dengan adanya pepohonan dan vegetasi di taman, udara di sekitar kota dapat menjadi lebih segar dan bersih.

Selain itu, taman kota juga berfungsi sebagai tempat rekreasi dan refreshing bagi warga kota. Taman merupakan tempat yang nyaman untuk berolahraga, berjalan-jalan, atau sekadar duduk-duduk sembari menikmati udara segar. Aktivitas ini penting untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan hidup di tengah kepadatan dan kebisingan kota.

Taman kota juga memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan tata ruang kota. Dalam perkembangan kota yang terus meningkat, taman kota dapat menjadi oase hijau di tengah gedung-gedung tinggi dan bangunan perkotaan lainnya. Dengan adanya taman kota, kota akan terlihat lebih indah, sejuk, dan manusiawi.

Taman Mundu sebagai Hiasan Kota Surabaya

Taman Mundu tidak hanya memberikan manfaat bagi pengunjungnya, tetapi juga berperan sebagai hiasan kota Surabaya. Taman ini dirancang dengan konsep yang menarik dan unik, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi warga kota dan wisatawan.

Taman Mundu memiliki desain taman panggung yang terbuka, sehingga dapat digunakan sebagai lokasi event dengan skala yang cukup besar. Selain itu, taman ini juga dilengkapi dengan kolam air dan air mancur menari yang merupakan atraksi favorit pengunjung. Pertunjukkan air mancur di Taman Mundu menggunakan efek pencahayaan yang indah, sehingga menciptakan suasana yang magis dan memikat.

BACA JUGA :  10 Gambar Bukit Hud Karang Bolong Kebumen, Tiket Masuk Wisata, Lokasi Alamat + Jam Buka Tutup

Taman Mundu juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti lintasan refleksi kaki, jogging track, playground, panggung terbuka, dan area tempat duduk yang luas. Semua fasilitas tersebut menjadikan Taman Mundu sebagai tempat yang cocok untuk rekreasi dan refreshing.

Keberadaan taman kota seperti Taman Mundu di Surabaya memiliki peran penting dalam menghijaukan kota dan menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman. Dengan adanya taman-taman kota yang indah dan terawat, kota Surabaya menjadi lebih hidup dan menarik.

Taman Lainnya di Surabaya

Taman Mundu bukan satu-satunya taman kota yang ada di Surabaya. Kota ini memiliki banyak taman kota lainnya yang memiliki konsep dan keunikan masing-masing. Beberapa taman kota yang terkenal di Surabaya antara lain:

1. Taman Bungkul

Taman Bungkul merupakan salah satu taman kota terbesar di Surabaya. Taman ini terletak di sebelah makam Sunan Bungkul. Taman Bungkul memiliki konsep taman yang hijau dan asri dengan pepohonan yang rindang. Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti jogging track, area bermain, dan tempat duduk yang nyaman. Taman Bungkul menjadi tempat favorit bagi warga Surabaya untuk berolahraga dan bersantai.

2. Taman Krembangan Timur

Taman Krembangan Timur terletak di Jalan Krembangan Timur, Surabaya. Taman ini memiliki lokasi yang strategis, karena berada di antara hamparan gedung-gedung bersejarah, seperti Gedung Perkebunan Nasional XI. Taman Krembangan Timur memiliki konsep taman yang terbuka dengan area yang luas. Pengunjung dapat menikmati keindahan taman sambil berjalan-jalan atau duduk-duduk santai.

3. Taman Pelangi

Taman Pelangi terletak di perbatasan kota Surabaya, tepatnya di Jalan Ahmad Yani. Taman ini memiliki konsep ruang terbuka hijau di kawasan lalu lintas yang padat. Salah satu ciri khas Taman Pelangi adalah adanya barisan pilar dengan kemiringan yang teratur, mirip dengan sayap daun. Pada malam hari, taman ini diterangi dengan lampu warna-warni yang menciptakan suasana seperti pelangi.

BACA JUGA :  Keindahan Apa Saja Yang Ada di Wisata Pantai Kartini di Jepara dan Berapa Harga Tiket Masuknya?

4. Taman Kunang-Kunang

Taman Kunang-Kunang terletak di Kawasan Penjaringan, Rungkut, Surabaya. Taman ini memiliki desain yang unik dengan tiang-tiang lampu yang berakhir dengan lempengan besi berbentuk sayap. Saat malam hari, lampu-lampu di taman ini dinyalakan dan memberikan efek seperti kunang-kunang yang berkelip-kelip.

Taman-taman kota di Surabaya ini memiliki beragam konsep dan keunikan. Setiap taman memiliki daya tariknya sendiri dan memberikan manfaat bagi warga kota. Keberadaan taman-taman kota ini juga mencerminkan komitmen pemerintah dalam menjaga keindahan dan kebersihan kota.

Kesimpulan

Taman Mundu di Tambaksari, Surabaya merupakan salah satu taman kota yang indah dan terawat di kota ini. Taman ini memiliki konsep taman panggung terbuka dengan berbagai fasilitas yang lengkap. Pengunjung dapat menikmati atraksi air mancur menari yang spektakuler, lintasan refleksi kaki, jogging track, playground, panggung terbuka, dan area tempat duduk yang luas.

Taman Mundu juga memiliki peran penting dalam menghijaukan kota dan menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman. Keberadaan taman kota seperti Taman Mundu juga menjadikan Surabaya sebagai kota yang hidup dan menarik. Selain Taman Mundu, Surabaya juga memiliki banyak taman kota lainnya seperti Taman Bungkul, Taman Krembangan Timur, Taman Pelangi, dan Taman Kunang-Kunang. Setiap taman memiliki konsep dan keunikan yang berbeda, tetapi semua taman tersebut memberikan manfaat bagi warga kota dan menjaga keindahan kota.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *