PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Kondisi Pasar Atas Bukittinggi Sekarang

Blog

Pasar Atas Bukittinggi: Surga Belanja di Tengah Kota

Pasar Atas Bukittinggi merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Lokasinya yang strategis di sebelah Jam Gadang menjadikannya tempat yang mudah dijangkau oleh wisatawan. Pasar ini memiliki sejarah yang panjang dan menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat Bukittinggi dan Sumatera Barat.

Sejarah Pasar Atas Bukittinggi

Pasar Atas Bukittinggi sudah ada sejak masa penjajahan Belanda. Kawasan ini dulunya merupakan pusat perdagangan dan ekonomi bagi masyarakat setempat. Nama Pasar Atas juga memiliki makna yang dalam bagi masyarakat Bukittinggi dan sekitarnya. Pasar ini menjadi roda ekonomi yang penting bagi kehidupan mereka.

Selain Pasar Atas, Bukittinggi juga memiliki Pasar Bawah dan Pasar Lereng. Ketiga pasar ini saling terhubung oleh sekitar 40 anak tangga. Pasar Bawah merupakan tempat untuk membeli kebutuhan sehari-hari seperti sembako, daging, sayur, dan bumbu dapur. Sedangkan Pasar Lereng merupakan tempat untuk mencari baju bekas import berkualitas.

Tawaran Barang dan Kuliner di Pasar Atas

Pasar Atas Bukittinggi menawarkan berbagai macam barang dan kuliner yang menarik bagi para wisatawan. Di sini, Anda dapat menemukan aksesoris seperti kaos, gantungan kunci, hiasan rambut, bordir kerancang, dan kacamata. Pasar ini juga menjadi tempat yang cocok untuk mencari oleh-oleh atau suvenir khas Bukittinggi.

BACA JUGA :  Keindahan Curug Cikaso Surade, Air Terjun di Sukabumi

Harga barang di Pasar Atas sangat terjangkau dan cenderung murah. Anda dapat membeli miniatur Jam Gadang dengan harga mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 100.000. Selain itu, Anda juga dapat mencicipi berbagai kuliner khas Sumatera Barat seperti keripik sanjai, kerupuk kulit, dan ikan bilis.

Di Pasar Atas, Anda juga dapat menemukan area kuliner yang menawarkan hidangan nasi kapau yang lezat. Nasi kapau merupakan salah satu makanan khas Bukittinggi yang terkenal. Rasanya yang gurih dan aroma rempah-rempahnya akan membuat Anda ketagihan.

Pembangunan Kembali Pasar Atas Bukittinggi

Sayangnya, Pasar Atas Bukittinggi pernah mengalami kebakaran beberapa kali, termasuk pada bulan November tahun lalu. Rumor yang beredar menyebutkan bahwa kebakaran tersebut sengaja dilakukan untuk melakukan revitalisasi dan renovasi pasar agar terlihat lebih modern.

Pemerintah pun berencana untuk membangun pasar modern yang baru di Pasar Atas Bukittinggi. Sudah ada gambaran dan rencana pembangunan yang dapat ditemukan di Wikipedia dan YouTube. Pembangunan pasar modern ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke kota Bukittinggi.

Saat ini, pemerintah telah membuka lowongan kerja untuk membangun pasar modern tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa pembangunan pasar tersebut sedang berjalan dan diharapkan dapat segera diselesaikan.

Kawasan Wisata di Dekat Pasar Atas

Selain Pasar Atas, terdapat beberapa tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi di dekatnya. Salah satunya adalah Benteng Fort de Kock, sebuah benteng peninggalan Belanda yang digunakan pada masa penjajahan. Benteng ini memiliki tinggi sekitar 20 meter dan dihiasi oleh meriam di sudut-sudutnya.

BACA JUGA :  12 Toko Roti di Purwokerto, Salah Satunya Tertua di Indonesia

Di sekitar Benteng Fort de Kock, terdapat taman luas dengan beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai. Tiket masuk ke benteng ini cukup terjangkau, hanya sebesar 15 ribu rupiah.

Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan. Taman ini merupakan kebun binatang tertua di Indonesia dan menawarkan berbagai macam koleksi satwa yang lengkap. Di sini, wisatawan juga dapat mengunjungi Museum Zoologi dan akuarium yang menampilkan berbagai jenis ikan.

Tidak jauh dari Pasar Atas, terdapat juga Tembok China-nya Koto Gadang atau lebih dikenal dengan sebutan The Great Wall Koto Gadang. Lokasinya yang strategis membuat tempat ini mudah dijangkau oleh wisatawan. Di sini, wisatawan dapat melihat tembok besar dengan panjang sekitar 1,7 kilometer. Selain itu, wisatawan juga dapat berolahraga dan menikmati pemandangan ngarai yang indah.

Pasar Atas Bukittinggi dan sekitarnya menawarkan berbagai macam destinasi wisata yang menarik. Dari pasar tradisional yang menawarkan berbagai macam barang dan kuliner khas, hingga benteng peninggalan Belanda dan kebun binatang yang menarik. Dengan berbagai pilihan wisata ini, Bukittinggi menjadi salah satu kota yang wajib dikunjungi saat berlibur di Sumatera Barat.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *