PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Wisata Pantai Pancur Banyuwangi, Keindahan Tersembunyi Taman Nasional Alas Purwo

Blog

Lokasi

Pantai Pancur terletak di Jl. Brawijaya no. 20, Kalipait, Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, 68484. Lokasi ini dapat diakses dengan mudah dan terletak dalam satu kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Jaraknya sekitar lima kilometer dari pos Rawabendo, dan merupakan pintu masuk dari taman nasional. Pantai Pancur berada di kawasan yang indah dan alami, sehingga menjadi salah satu tempat wisata yang menarik bagi para pengunjung.

Deskripsi Pantai Pancur

Pantai Pancur adalah salah satu objek wisata yang terkenal di Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini memiliki keindahan alam yang memukau, dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Namanya berasal dari adanya pancuran alami yang terdapat di sekitar pantai. Pancuran ini merupakan aliran sungai kecil yang mengalir dan bermuara di pantai, sehingga terlihat seperti pancuran air. Keunikan inilah yang membuat Pantai Pancur begitu istimewa dan menarik perhatian para pengunjung.

Fasilitas dan Pelayanan

Pantai Pancur telah dipersiapkan dengan baik untuk menyambut para pengunjung. Terdapat fasilitas penunjang yang lengkap, seperti lahan parkir yang luas, kamar mandi, mushola, dan kantin. Pengelolaan pantai ini dilakukan secara teratur oleh pihak taman nasional Alas Purwo dan masyarakat setempat, untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung. Dengan adanya fasilitas dan pelayanan yang baik, para pengunjung dapat menikmati liburan mereka dengan nyaman dan tenang.

BACA JUGA :  Menikmati Pemandian Air Panas Ciseeng Tirta Sanita Bogor

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Pantai Pancur menawarkan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan oleh para pengunjung. Salah satu aktivitas yang populer adalah berjalan-jalan sekitar pantai, menikmati semilir angin laut dan pemandangan yang indah. Selain itu, para pengunjung juga dapat menyewa kapal dari nelayan setempat untuk menikmati keindahan laut dan berfoto-foto di atas kapal. Di sekitar pantai juga terdapat habitat penyu yang dapat disaksikan langsung oleh para pengunjung. Hal ini menjadi pengalaman yang unik dan menarik bagi para pengunjung.

Pantai Pancur di Tempat Lain

Selain di Banyuwangi, Pantai Pancur juga terdapat di beberapa daerah lain di Indonesia maupun negara tetangga. Beberapa daerah tersebut adalah Karimunjawa, Lampung, Sumatera Utara, dan Pulau Labuan Malaysia. Meskipun memiliki nama yang sama, setiap Pantai Pancur memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri.

Pantai Pancur Karimunjawa

Pantai Pancur Karimunjawa terletak di gugusan kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah. Pantai ini juga merupakan bagian dari Taman Nasional Karimunjawa yang terkenal dengan keindahan alamnya. Pantai Pancur Karimunjawa memiliki air laut yang jernih dan pasir putih yang lembut. Di sekitar pantai terdapat sumber mata air yang mengalir dari belakang, sehingga dinamakan Pancuran Mburi. Keindahan Pantai Pancur Karimunjawa telah menarik minat banyak wisatawan untuk mengunjunginya.

Pantai Pancur Permai, Lampung

Pantai Pancur Permai terletak di Desa Sukarame, Pundu Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata populer di Lampung yang menawarkan keindahan alam yang memukau. Pantai Pancur Permai memiliki suasana yang nyaman, dengan semilir angin pantai dan ombak yang tidak terlalu tinggi. Para pengunjung dapat menikmati berenang di pantai ini dengan aman dan nyaman.

BACA JUGA :  10 Pantai Paling Bagus di Banten, Adakah Yang Masih Sepi Belum Terjamah dan Bisa Snorkeling?

Pantai Pancur Batu, Sumatera Utara

Pantai Pancur Batu terletak di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Tempat ini merupakan kompleks wisata alam yang menawarkan berbagai macam wahana dan aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung. Pantai Pancur Batu memiliki pemandangan yang indah, dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Para pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti memancing dan bermain bersama kuda-kuda di areal peternakan kuda.

Pantai Pancur Hitam, Pulau Labuan Malaysia

Pantai Pancur Hitam terletak di Kampung Pohon Batu, Labuan, Malaysia. Pantai ini memiliki keindahan alam yang memukau, dengan pasir hitam yang unik dan air laut yang jernih. Pantai Pancur Hitam juga dikenal sebagai House of Millions Peace karena banyak jutawan yang membangun rumah mewah di tepi pantai. Pantai ini telah mendapatkan penghargaan clean beach dari United Nation COBSEA pada tahun 2008.

Keunikan Pantai Pancur

Setiap Pantai Pancur memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya istimewa. Keunikan ini terletak pada adanya pancuran alami yang mengalir di sekitar pantai. Pancuran ini memberikan pemandangan yang indah dan menarik perhatian para pengunjung. Selain itu, Pantai Pancur juga menawarkan keindahan alam yang memukau, dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Para pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas yang menarik di sekitar pantai, seperti berjalan-jalan, berenang, dan menikmati keindahan alam sekitar.

Waktu Kunjungan dan Harga Tiket

Pantai Pancur buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Harga tiket masuk per orang adalah Rp 20.000, dan dapat dibayarkan saat tiba di pos Rawabendo. Harga tiket ini tergolong terjangkau, mengingat keindahan dan keistimewaan yang bisa dinikmati di pantai ini. Para pengunjung dapat menghabiskan waktu mereka dengan menyusuri pantai, menikmati keindahan alam, dan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas yang ditawarkan oleh Pantai Pancur.

BACA JUGA :  10 Referensi Makanan Khas di Daerah Lamongan Yang Sangat Menggoda dan Memanjakan Lidah Anda

Kesimpulan

Pantai Pancur merupakan salah satu objek wisata yang menarik di Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang memukau, dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Keunikan Pantai Pancur terletak pada adanya pancuran alami yang mengalir di sekitar pantai. Para pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas yang menarik di sekitar pantai, seperti berjalan-jalan, berenang, dan menikmati keindahan alam sekitar. Fasilitas dan pelayanan yang baik juga telah disediakan untuk kenyamanan para pengunjung. Jadi, jika Anda mencari tempat wisata yang indah dan menarik di Banyuwangi, Pantai Pancur adalah pilihan yang tepat.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *