PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Alamat Lengkap Wisata Pantai Cemara Tuban Jawa Timur dan Berapa Harga Sewa ATV?

Blog

Lokasi Pantai Cemara Tuban

Tentang Lokasi

Pantai Cemara Tuban terletak di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Sebelumnya, pantai ini dikenal dengan nama Pantai Tasikharjo dan merupakan tempat favorit bagi masyarakat sekitar untuk berlibur. Namun, karena kurangnya perawatan dan abrasi yang disebabkan oleh angin dan air laut, pantai ini mengalami kerusakan dan terbengkalai.

Pemerintah Daerah Tuban kemudian melakukan reboisasi di kawasan pantai ini dengan menanam ratusan bibit pohon cemara. Saat pohon-pohon cemara tumbuh besar dan kawasan pinggir pantai berubah menjadi hutan cemara, nama Pantai Tasikharjo pun berubah menjadi Pantai Cemara. Keindahan panorama pantai yang kembali dihadirkan menarik minat wisatawan untuk mengunjungi pantai ini.

Namun, pengembangan Pantai Cemara terhambat oleh status kepemilikan lahan. Lahan di sepanjang pantai ini dimiliki oleh perorangan, dua orang yang saat ini berdomisili di Surabaya dan Jakarta. Pemerintah Kabupaten Tuban telah berusaha untuk mengambil alih kepemilikan tanah tersebut, namun pemilik tanah yang tinggal di Surabaya menolak untuk menyewakan atau menjualnya. Sedangkan pemilik tanah yang tinggal di Jakarta bersedia menjual tanahnya, namun dengan harga yang terlalu tinggi dan tidak terjangkau oleh anggaran Pemkab Tuban.

Karena sulitnya mengambil alih kepemilikan lahan, pengembangan Pantai Cemara terhambat. Meskipun demikian, Pemkab Tuban memiliki keinginan yang besar untuk mengembangkan tempat wisata ini.

BACA JUGA :  10 Daftar Toko Aki Terbaik di Bogor Yang Memberikan Rasa Aman Saat Berwisata

Keindahan Pantai Cemara

Pantai Cemara Tuban memiliki daya tarik yang menarik bagi para pengunjung. Area di pinggir pantai ini dihiasi oleh pohon-pohon cemara yang berjajar rapi dengan daunnya yang rimbun. Hal ini menciptakan suasana yang sejuk dan menenangkan hati. Kontras dengan area hamparan pasir yang terletak di sebelahnya yang menyuguhkan suasana panas.

Pengunjung dapat menikmati dua suasana yang berbeda di Pantai Cemara. Mereka dapat membiarkan sinar matahari membakar kulit mereka dengan melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan di atas hamparan pasir. Atau mereka dapat menikmati udara yang sejuk dan segar dengan berjalan-jalan atau duduk santai di gerdu (bangunan kecil) berbentuk joglo yang terdapat di pinggir pantai atau di bawah pohon-pohon cemara.

Sayangnya, air laut di Pantai Cemara tidak dapat digunakan untuk mandi. Meskipun pasir pantainya datar dan landai dengan ombak yang tidak terlalu besar, kondisi air lautnya sangat keruh. Hal ini mengakibatkan sulitnya menjumpai binatang laut di pinggir pantai.

Setelah lelah beraktivitas atau puas berkeliling menikmati keindahan pantai, pengunjung dapat membeli makanan dan minuman pada para pedagang keliling atau di warung-warung sederhana yang terdapat di pinggiran pantai. Terdapat berbagai pilihan makanan dengan harga yang ramah di kantong. Salah satu makanan khas Tuban yang dapat dicoba adalah rujak Tuban yang memiliki citarasa yang khas. Selain itu, terdapat juga jajanan khas Tuban seperti tape goreng yang lebih populer dengan sebutan rondo royal.

Jika ingin menikmati hidangan seafood atau makanan mewah lainnya, terdapat banyak rumah makan dan restoran di sekitar pantai. Pengunjung dapat menikmati hidangan kuliner sambil bersantai dengan lantunan lagu-lagu yang lembut.

BACA JUGA :  Pura Pulaki Kabupaten Buleleng Bali

Mangrove Center

Pantai Cemara juga memiliki daya tarik lainnya yaitu Mangrove Center. Pengunjung dapat berjalan kaki sejauh sekitar 300 meter menuju Mangrove Center dari Pantai Cemara. Di tempat wisata edukasi ini, terdapat Pusat Pembibitan berbagai jenis pohon mangrove. Bibit-bibit pohon mangrove yang dihasilkan akan didistribusikan atau ditanam di hutan-hutan mangrove di seluruh wilayah Indonesia.

Rute Menuju Pantai Cemara Tuban

Untuk menuju Pantai Cemara Tuban, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Pantai ini berada di pinggir jalan raya peninggalan Daendels atau jalur Pantura, sehingga sangat mudah dijangkau. Pantai Cemara Tuban berjarak sekitar 6,3 km dari kota Tuban, sehingga jika menggunakan kendaraan bermotor, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 15 menit dengan akses jalan yang mudah dilalui.

Rute yang harus ditempuh untuk menuju Pantai Cemara adalah dengan membawa kendaraan menuju Terminal Baru Tuban atau menuju ke arah barat. Pengunjung hanya perlu mengikuti jalur utama untuk sampai ke lokasi wisata yang terletak di sebelah barat Terminal Baru.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Pengunjung tidak perlu membayar biaya masuk untuk masuk ke Pantai Cemara Tuban. Namun, pengunjung akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5.000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk mobil. Meskipun tidak menarik tiket masuk, terdapat beberapa fasilitas umum yang disediakan untuk para pengunjung, seperti area parkir, kamar mandi dan MCK, mushollah, penginapan, dan fasilitas umum lainnya.

Pantai Cemara Tuban merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Keindahan alamnya yang mempesona, suasana yang sejuk, dan berbagai fasilitas yang disediakan membuat pantai ini menjadi tempat yang menyenangkan untuk berlibur. Meskipun pengembangan pantai ini terhambat oleh status kepemilikan lahan, Pemerintah Kabupaten Tuban tetap berupaya untuk mengembangkan tempat wisata ini agar lebih menarik bagi wisatawan.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *