Panduan Tips Pergi Liburan Ke Samarang

Samarang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat. Wilayah Samarang mengembangkan usaha pertanian dan pariwisata. Ada beberapa objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Begitu pun fasilitas penginapan dan hotelnya menjadi salah satu keunggulan pariwisata di Garut, yang menawarkan suasana nyaman nan romantis di tengah keasrian alam tropis berkonsep tradisional modern.

Anda seketika akan lapar mata melihat aneka produksi kreatif dan oleh-oleh makanan khas Garut yang bisa Anda dapatkan dengan harga sangat terjangkau ketika berkunjung ke tempat ini. Jadi jangan ragu untuk liburan ke Samarang ya!

Wilayah Utama Samarang

Wilayah Kecamatan Samarang dibatasi oleh Kabupaten Bandung, Tarogong Kaler, Leles, Bayongnong, Pasirwangi, dan Tarogong Kidul.

Darajat Pass, Tempat wisata air panas alami dengan berbagai wahana dan taman air tak jauh dari Samarang, Garut! via IG @eko_susilo0405
Darajat Pass, Tempat wisata air panas alami dengan berbagai wahana dan taman air tak jauh dari Samarang, Garut! via IG @eko_susilo0405

Sejarah Samarang

Sejarah Samarang tidak lepas dari asal usul Kota Garut yang berawal ketika pada tahun 1811 Kabupaten Limbangan dibubarkan oleh Daendels sebab wilayahnya gagal memproduksi kopi dan bupatinya saat itu menolak perintah untuk menanam nila.

Saat membenahi wilayah baru, seorang panitia mengalami luka gores di tangannya karena tanaman semak-semak hingga berdarah. Salah seorang temannya dalam rombongan panitia Eropa lantas bertanya mengapa tangannya berdarah, dijawab oleh panitia yang terluka, “kakarut”, yang artinya tergores. Namun, kesalahan lafal orang Eropa dan Belanda jadi tersebut “gagarut”. Maka tanaman semak berduri itu disebut Ki Garut, dan sungai di sekitarnya disebut Ci Garut. Tercetusnya nama Garut ini lalu disetujui oleh Bupati Kabupaten Limbangan Adipati Adiwijaya untuk dijadikan Ibukota Kabupaten Limbangan.

Pada tanggal 15 September 1813, mulai diletakkan batu pertama pembangunan fasilitas kota, seperti rumah, pendopo, kantor, masjid, dan alun-alun. Akhirnya Ibukota Limbangan pindah ke Garut dan Kabupaten Limbangan pun diganti menjadi Kabupaten Garut, pada tanggal 1 Juli 1913.

Sejak itu Kota Garut kian bertumbuh, hingga di awal abad ke-20 kota ini mulai mengembangkan pariwisatanya selain usaha perkebunannya. Maka Garut menjadi sebuah kota wisata di mana dibangun hotel-hotel di tahun 1917 yang bersamaan dengan dibukanya area-area perkebunan.

Cara Pergi ke Samarang

Ada beberapa cara untuk pergi ke Samarang, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut!

Kawah Kamojang. Daya tariknya adalah semburan kawah yang menyembur di beberapa titik di area Kamojang! Anda bisa berkunjung kesini juga! via @handy_hntwo
Kawah Kamojang. Daya tariknya adalah semburan kawah yang menyembur di beberapa titik di area Kamojang! Anda bisa berkunjung kesini juga! via @handy_hntwo

Pergi ke Samarang Dengan Naik Pesawat

Anda bisa terbang menuju Bandara Soekarno Hatta Jakarta dari daerah asal Anda. Setelah tiba di bandara Jakarta ini, Anda bisa menggunakan bus bandara DAMRI atau taksi ke Terminal Lebak Bulus. Sampai di Terminal Lebak Bulus, carilah bus Prima Jasa atau armada bus lainnya dengan rute tujuan Garut. Setelah di Garut, Anda bisa meneruskan perjalanan ke Samarang atau ke daerah lainnya dengan angkot-angkot yang tersedia di Terminal Garut.

Pergi ke Samarang Dengan Naik Bus

Ada beberapa bus antar kota yang melayani rute Jakarta – Garut. Seperti bus Prima Jasa yang bisa Anda temukan di Terminal Kampung Rambutan, Terminal Lebak Bulus, Terminal Kalideres, Terminal UKI, atau pool Primajasa Cililitan, Jakarta. Tarif bus antara Rp. 40.000 hingga Rp. 52.000 per penumpang, dan umumnya menggunakan tipe bus Ekonomi AC. Bus ini memiliki jadwal keberangkatan regular dengan lama perjalanan ke Garut sekitar 4 jam.

Pergi ke Samarang Dengan Naik Kereta Api

Jika Anda memilih naik kereta api dari Jakarta, Anda bisa berangkat dari Stasiun Gambir dan turun di Stasiun Cibatu Garut. Kereta api yang biasa digunakan adalah Serayu dengan rute Jakarta Kota – Garut.

Ada banyak angkot yang bisa Anda gunakan untuk melanjutkan perjalanan ke daerah Samarang, yang berangkat dari terminal bus atau stasiun di Garut.

Jika Anda berangkat dari Bandung, Anda bisa datang ke Terminal Cicaheum atau Terminal Leuwipanjang dan mencari bus jurusan Garut. Waktu perjalanan lebih singkat dan ongkos pun lebih murah jika memulai perjalanan dari Bandung.

Transportasi Umum di Samarang

Garut memiliki sarana transportasi seperti Delman, Ojek motor, Angkutan pedesaan, Angkutan kota, Mini bus, dan Bus kota besar. Masing-masing kendaraan memiliki perbedaan tipe rute yang dilayaninya. Selain itu, ada juga jasa penyewaan mobil, motor, atau taksi yang mugkin lebih nyaman Anda gunakan.

Terminal Guntur adalah terminal terbesar di Kota Garut. Sedangkan Stasiun Kereta Api di Garut adalah Stasiun Warung Bandrek, Stasiun Cibatu, dan Stasiun Leles.

Hotel di Samarang

Ada beberapa sarana penginapan dan hotel di sekitar daerah Samarang, Garut. Beberapa di antaranya menjadi resort unggulah pariwisata di Garut. Seperti Kampung Sampireun, sebuah resort dan spa dengan sentuhan desa tradisional Sunda, yang menawarkan berbagai fasilitas dan kenyamanan berwisata yang romantis di tengah alam tropis yang asri.

  • Hotel Bintang Reddante, Jl. Raya Samarang No. 42, Garut, Jawa Barat
  • Alamanda Hotel, Jl. Raya Samarang Km. 5, Kampung Mekarluyu, Garut, Jawa Barat
  • Kamojang Green Hotel dan Resort, Jl. Raya Kamojang Km. 3, Desa Sukakarya, Samarang, Garut 44161, Jawa Barat
  • Kampung Sampireun Resort dan Spa, Jl. Raya Samarang Kamojang Km. 44, Desa Sukakarya, Samarang, Garut, Jawa Barat

Iklim di Samarang

Secara umum Kabupaten Garut dan wilayah di dalamnya tergolong beriklim tropis basah. Dengan temperature udara berkisar 24°C – 27 °C. Saat musim hujan, angin Barat Laut secara konstan bertiup dari Laut Cina Selatan dan bagian barat Laut Jawa. Sedangkan pada musim kemarau bertiup angin kering dari arah Australia dan tenggara.

Bahasa Daerah di Samarang

Bahasa Sunda

Tempat Wisata di Samarang

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Samarang, Garut yang bisa anda kunjungi:

Kampung Sampireun. Berlokasi di Desa Sukakarya, Samarang, Garut. Sebuah Resort dan Spa bernuansa tradisional Sunda! via @mrs.arieza
Kampung Sampireun. Berlokasi di Desa Sukakarya, Samarang, Garut. Sebuah Resort dan Spa bernuansa tradisional Sunda! via @mrs.arieza
  • Kebun Mawar Situhapa. Jl. Raya Kamojang Km. 5, Samarang, Garut, Jawa Barat, Telepon 0851 0070 6006, Jam buka pukul 09.00 – 17.00 Wib, Harga penginapan sekitar Rp. 700.000 per malam.
  • Darajat Pass, Tempat wisata air panas alami dengan berbagai wahana dan taman air. Jl. Darajat Km. 14, Kampung Bedeng Rt/Rw. 09/02, Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Garut, Jawa Barat, Telepon 0813 20405837. Cara menuju lokasi adalah naik angkot warna putih hijau jurusan Samarang dari Terminal Guntur Garut, lalu turun di Pertigaan Panunjuk, lanjut menggunakan angkutan pedesaan warna kuning jurusan Sariwangi atau naik ojek.
  • Kampung Sampireun. Berlokasi di Desa Sukakarya, Samarang, Garut. Sebuah Resort dan Spa bernuansa tradisional Sunda, yang dilengkapi dengan restoran, kebun, bale-bale, warung kopi kampung, taman untuk pesta, kolam ikan, kolam renang, dan meeting room. Jl. Raya Samarang Kamojang Km. 44, Desa Sukakarya, Samarang, Garut, Jawa Barat.
  • Desa Wisata Saung Ciburial. Awalnya dikenal dengan Desa Sukalaksana. Desa ini menawarkan berbagai atraksi budaya Garut, seperti kesenian, adu ketangkasan dan pencak silat, beragam kuliner, kerajinan tangan dan produk kreatif, serta kehidupan kampung yang menarik. Desa wisata ini terletak di wilayah Kamojang, Kecamatan Samarang, dengan luas wilayah hampir mencapai 4 ha.
  • Kawah Kamojang. Daya tariknya adalah semburan kawah yang menyembur di beberapa titik di area Kamojang. Kawah ini berada di bawah pegunungan yang memiliki gas panas bumi yang aktif, serta menjadi lokasi Pembangkit Tenaga Listrik Panas Bumi Pertama di Indonesia. Suhunya lumayan dingin, khas daerah pegunungan. Berlokasi di daerah Kamojang Kecamatan Samarang, Garut, Jawa Barat.

Mal di Samarang

  • Mal Garut, Jl. Guntur Pakuwon, Garut Kota
  • Ramayana Garut, Jl. Guntur, Pakuwon, Garut Kota, Jawa Barat, Jam buka pukul 09.00 – 22.00 Wib
  • Garut Plaza, Jl. Guntur No. 238, Garut Kota, Jawa Barat, Telepon 0262 233999

Museum di Samarang

Museum R.A.A Adiwidjaja. Jl. Ciledug, Kecamatan Garut Kota. Berada di ujung Jalan Pembangunan, Simpang Lima, Tarogong. Museum ini memiliki koleksi benda cagar budaya seperti alat-alat perang tradisional, alat pertanian, alat rumah tangga, dan miniatur bangunan rumah khas Sunda.

Hiburan Malam di Samarang

  • Rangrang Café, Jl. Cikuray 49, Garut, Jawa Barat 44114, Telepon 0821 1515 6472, Jam buka hingga pukul 23.00 Wib
  • Bukit Alamanda Resort dan Resto, Jl. Raya Samarang Km. 5, Kampung Mekarluyu, Garut, Jawa Barat
  • Kopi Karoehoen, Jl. Raya Samarang 61 (Hampor), Garut, Jawa Barat

Rekomendasi Tempat Makan di Samarang

  • Resto & Cafe Bukit Alamanda, Hotel dan Resort Bukit Alamanda, Jl. Raya Samarang, Garut, Jawa Barat
  • Saung Ceker, Jl. Raya Hampor (samping Perhutani), Samarang, Garut, Jawa Barat
  • Kantin Rai Raka, Jl. Raya Kamojang (prapatan kaum) No. 466, Samarang, Garut, Jawa Barat
  • Sate Maranggi Pa’ Nur, Jl. Raya Semarang No. 119, Tarogong Kidul, Garut, Jawa Barat, Telepon 0262 540712, Jam buka pukul 08.00 – 21.00 Wib
  • Mulih Ka Desa, Jl. Raya Samarang Km. 35, Kamojang, Samarang, Garut, Jawa Barat, Sekitar 11 kilometer dari Kawah Kamojang
  • Restoran Seruling Bambu, Kampung Sampireun, Jl. Raya Samarang Kamojang Km. 44, Desa Sukakarya, Garut, Jawa Barat, Telepon 0262 542 393

Tips Wisata di Samarang

  • Jangan lupa membeli oleh-oleh khas Garut. Ada beragam kuliner dan penganan produksi Kota Garut yang menarik untuk dikonsumsi maupun sebagai oleh-oleh. Seperti dodol Garut dan Chocodot, cokelat dodol dengan beraneka rasa yang unik.
  • Sempatkan berkunjung ke Sentra Industri Kulit di Sukaregang, tidak jauh dari pusat Kota Garut. Anda mungkin akan mendapatkan jaket kulit atau produk-produk kulit berkualitas dengan harga terjangkau.
  • Rencanakan susunan kunjungan wisata Anda ke objek-objek wisata yang ada di Garut. Begitu pun dengan wisata kulinernya karena ada banyak tempat makan sekaligus wisata yang menarik dikunjungi. Hal ini untuk memudahkan Anda menghemat waktu dan tenaga agar kunjungan wisata Anda maksimal.
  • Berjalan-jalan di sekitar area pedesaan menggunakan Delman, sambil menikmati alam dan udara Garut di Samarang dan sekitarnya, bisa sangat berkesan. Lebih-lebih jika Anda berkeliling naik delman bersama orang terkasih.

Perlu Kamu Tahu di Samarang

  • Rumah Sakit Intan Husada Garut, Jl. Mayor Suherman No. 72, Garut Kota, Jawa Barat, Telepon 0262 2247769
  • Puskesmas Samarang, Jl. Raya Samarang No. 85, Sukagalih, Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Telepon 0262 542342
  • Polsek Samarang, Jl. Raya Samarang, Garut 44161, Jawa Barat, Telepon 0262 542266

Leave a Reply