PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

10 Oleh-Oleh Khas Tuban Yang Paling Oke Buat Dibawa Pulang

Blog

Heading 2: Buah Tangan Khas Tuban

Tuban merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang terkenal sebagai kota Wali. Banyak wisatawan yang mengunjungi Tuban untuk berwisata religi. Namun, selain sebagai destinasi wisata religi, Tuban juga memiliki banyak pantai cantik yang dapat dijelajahi. Ketika berkunjung ke Tuban, tidak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas daerah tersebut.

Salah satu oleh-oleh yang sangat direkomendasikan adalah Cumi Crispy. Cumi crispy merupakan salah satu kuliner enak berbahan dasar hasil laut yang populer di Tuban. Rasanya yang nikmat dan teksturnya yang renyah membuat cumi crispy menjadi buruan para wisatawan dari luar kota. Untuk mendapatkan cumi crispy ini, kita dapat membelinya di berbagai pusat oleh-oleh atau toko online. Harganya cukup bervariasi, mulai dari 35 ribuan perbungkusnya.

Selain itu, ada juga Kecap Laron yang merupakan kecap khas Tuban. Meskipun memiliki nama yang unik, kecap laron tidak terbuat dari hewan laron. Kecap laron ini memiliki citarasa yang berbeda dari kecap pada umumnya, dengan tekstur yang lebih kental dan kualitas yang terjamin. Kecap laron dapat dibeli di pasar tradisional atau kawasan wisata dengan harga berkisar antara Rp.10.000-Rp.30.000 perbungkus, tergantung ukurannya.

Keripik Gayam juga menjadi oleh-oleh khas Tuban yang sangat direkomendasikan. Keripik ini terbuat dari tumbuhan gayam yang diolah menjadi makanan ringan dengan citarasa yang unik, lezat, dan gurih. Keripik gayam dapat dijadikan cemilan di tengah perjalanan atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Keripik gayam mudah ditemui di toko atau pusat oleh-oleh di sekitar kota Tuban dengan harga berkisar antara 18-85 ribuan, tergantung beratnya.

BACA JUGA :  Alila Solo Hotel, Penginapan Yang Mewah dan Fasilitas Lengkap di Surakarta Jawa Tengah Mulai Rp1.114.283

Selanjutnya, ada buah siwalan yang biasa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Tuban. Buah siwalan memiliki bentuk yang mirip dengan kolang-kaling. Buah ini bisa disantap langsung atau dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya seperti pudding, kue, dessert, atau minuman segar. Buah siwalan dapat dibeli di kios buah dengan harga yang terjangkau, berkisar antara 5 hingga 8 ribuan perbungkus dengan isi 5-6 biji.

Selain buahnya, air siwalan juga dapat dijadikan oleh-oleh. Air siwalan yang disebut legen memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, cocok untuk dinikmati di saat cuaca panas. Legen juga dapat dijadikan ciu (arak Jawa) setelah mengalami proses fermentasi. Legen mudah ditemukan di sepanjang jalan kota Tuban dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp.3.000-Rp.3.500.

Ampo adalah kudapan unik asli dari kota Tuban yang mungkin sulit ditemui di daerah lain di Indonesia. Ampo terbuat dari tanah liat dan memiliki citarasa seperti stik coklat. Untuk mencicipi ampo, kita bisa membelinya di pasar-pasar tradisional dengan harga yang murah, hanya sekitar Rp.5.000 per kilogram.

Gemblong juga menjadi oleh-oleh khas Tuban yang populer. Gemblong adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung ketan putih dan larutan gula merah sebagai pelapisnya. Gemblong dapat ditemui di pasar-pasar tradisional atau di sekitar desa Compreng, Kecamatan Widang, Tuban. Harganya masih terjangkau.

Terasi udang adalah oleh-oleh khas Tuban yang juga terkenal. Terasi udang dapat dibeli di toko oleh-oleh atau pasar tradisional dengan harga mulai dari Rp.5.000-Rp.25.000, tergantung kualitasnya.

Kerupuk ikan juga menjadi oleh-oleh khas Tuban yang terbuat dari hasil laut. Kerupuk ini memiliki citarasa enak dan nikmat karena menggunakan ikan tenggiri berkualitas sebagai bahan utamanya. Kerupuk ikan dapat dijadikan lauk nasi atau cemilan saat santai, dan juga cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Kerupuk ikan mudah ditemui di pasar tradisional atau toko oleh-oleh dengan harga berkisar mulai dari Rp.9.000 perbungkus.

BACA JUGA :  10 Daftar Referensi Klinik Kecantikan Langganan Kaum Hawa di Wilayah Medan, Mana Favoritmu?

Terakhir, ikan asin juga menjadi oleh-oleh khas Tuban yang direkomendasikan. Ikan asin yang dihasilkan dari Tuban dibuat secara tradisional dan tanpa bahan pengawet. Ikan asin mudah ditemui di pasar besar kota Tuban, dan harganya bervariasi tergantung jenis ikannya.

Heading 3: Cumi Crispy

Cumi crispy merupakan salah satu oleh-oleh khas Tuban yang sangat disukai oleh para wisatawan. Cumi crispy ini terbuat dari cumi yang digoreng dengan tepung hingga menjadi renyah dan garing. Rasanya yang nikmat membuat cumi crispy ini menjadi favorit bagi banyak orang.

Cumi crispy Tuban memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan cumi crispy dari daerah lain. Proses penggorengan yang tepat membuat tekstur cumi crispy ini menjadi lebih renyah dan garing. Selain itu, cumi yang digunakan juga berkualitas tinggi sehingga memberikan rasa yang lezat. Kombinasi antara kelezatan cumi dan kegaringan tepung membuat cumi crispy Tuban menjadi makanan yang sangat enak dan menggugah selera.

Untuk mendapatkan cumi crispy Tuban ini, kita dapat membelinya di berbagai pusat oleh-oleh atau toko online. Harganya cukup bervariasi, mulai dari 35 ribuan perbungkusnya. Dengan harga yang terjangkau, kita dapat membawa pulang cumi crispy Tuban sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman.

Cumi crispy Tuban juga cocok dijadikan sebagai lauk nasi atau kudapan saat santai. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang renyah membuat cumi crispy ini dapat dinikmati dalam berbagai kesempatan. Selain itu, cumi crispy juga dapat disajikan sebagai hidangan pembuka saat mengadakan acara atau pertemuan dengan keluarga dan teman-teman.

Cara penyajian cumi crispy Tuban ini pun sangat mudah. Kita hanya perlu menggoreng cumi crispy ini hingga berwarna keemasan dan renyah. Setelah itu, cumi crispy siap disajikan dengan nasi atau sebagai kudapan. Kita juga dapat menambahkan saus sambal atau saus tomat sebagai pelengkap untuk menambah citarasa cumi crispy ini.

BACA JUGA :  15 Rekomendasi Hotel Murah di Denpasar Terbaru Mulai Rp.88.000

Dengan membawa pulang cumi crispy Tuban sebagai oleh-oleh, kita dapat berbagi kelezatan makanan khas daerah ini dengan keluarga dan teman-teman di rumah. Selain itu, oleh-oleh ini juga dapat menjadi kenang-kenangan yang mengingatkan kita pada pengalaman berwisata di Tuban.

Cumi crispy Tuban merupakan salah satu oleh-oleh yang sangat direkomendasikan. Kelezatan rasanya dan teksturnya yang renyah membuat cumi crispy ini menjadi favorit bagi banyak orang. Jadi, jangan lupa untuk mencoba cumi crispy Tuban saat berkunjung ke daerah ini.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *