PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Museum Kesehatan Dr Adhyatma Surabaya

Blog

Heading 2: Museum Kesehatan Dr Adhyatma dari, MPH – Depkes

Museum Kesehatan Dr Adhyatma dari, MPH – Depkes merupakan sebuah museum kesehatan yang berlokasi di Jl. Indrapura No.17, Kemayoran, Krembangan, Kota SBY, Jawa Timur 60176. Museum ini didirikan oleh Departemen Kesehatan Indonesia melalui Sentra Pengembangan Riset Teknologi & Pelayanan Kesehatan di Kota Surabaya pada tahun 1990. Tujuan dari pembangunan museum ini adalah untuk menyelamatkan dan melestarikan warisan tradisi dalam bidang kesehatan. Museum ini memiliki koleksi perlengkapan kesehatan bersejarah yang berasal dari waktu permulaan hingga saat ini.

Museum Kesehatan Dr Adhyatma dari, MPH – Depkes resmi diresmikan pada tanggal 14 September 2004 oleh Menteri Kesehatan RI, Dr. Achmad Sujudi. Museum ini dinamakan sesuai dengan nama Dr. Adhyatma, MPH yang pernah menjabat sebagai Menteri Kesehatan pada tahun 1988 hingga 1993. Dalam perkembangannya, museum ini juga berfungsi sebagai media pengajaran dan sentra pelajaran bagi masyarakat dan kelompok sosial yang peduli terhadap upaya kesehatan.

Museum ini memiliki ruang pameran yang dipisahkan dalam beberapa sasana. Sasana pertama adalah Sasana Adhyatma, yang memperkenalkan beragam koleksi Dr. Adhyatma, MPH ketika menjabat sebagai Menteri Kesehatan. Di sini juga terdapat koleksi prasasti yang menjadi bagian dari sejarah kesehatan. Sasana kedua adalah Sasana Kencana, di mana dipamerkan berbagai benda bersejarah seperti dekorasi, lencana logam mulia, surat penghargaan, serta sejarah dan profil kesehatan pionir museum.

Selanjutnya, terdapat Sasana Kamar Kesehatan Reproduksi (Kespro), yang memperlihatkan berbagai perlengkapan reproduksi termasuk kesehatan ibu dan bayi dari berbagai tradisi, kehamilan, persalinan, dan keluarga berencana. Kemudian, ada Sasana Genetika, yang memperlihatkan silsilah dan garis keturunan seperti silsilah keluarga kerajaan di Indonesia. Sasana Kesehatan Budaya juga hadir, yang memperlihatkan alat medis yang berhubungan dengan kepercayaan dan supranatural serta dunia gaib yang berkembang di masa lalu.

BACA JUGA :  10 Gambar Situ Janawi Majalengka, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat + Jam Buka Tutup

Selanjutnya, terdapat Sasana Fauna, di mana pengunjung dapat mempelajari berbagai hewan yang dapat menjadi vektor penyakit atau memiliki manfaat sebagai obat. Sasana terakhir adalah Sasana Medik & Non Medik, yang menyimpan berbagai perlengkapan kesehatan medis dan non-medis seperti yang digunakan oleh institusi kesehatan di masa lalu.

Sejarah Museum Kesehatan Dr Adhyatma dari, MPH – Depkes dimulai sejak tahun 1990, namun baru diresmikan pada tahun 2004. Dalam proses pembangunannya, museum ini dilengkapi dengan perpustakaan khusus yang mengumpulkan berbagai jenis bahan pustaka seperti buku, majalah, kaset rekaman, dan video yang berkaitan dengan sejarah kesehatan di Indonesia. Koleksi dalam perpustakaan ini beragam, mulai dari perlengkapan medis, non-medis, pengobatan herbal, hingga pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkait dengan kesehatan.

Museum Kesehatan Dr Adhyatma dari, MPH – Depkes juga memiliki koleksi yang unik, seperti boneka Jelangkung yang digunakan untuk menganalisis penyakit dan pengobatan secara mistik. Ada juga dokumentasi tentang penanganan medis dalam menangani penderita kelainan mental dengan sistem dipasung, yang masih dilakukan di beberapa tempat hingga saat ini. Museum ini juga menampilkan berbagai foto dan artefak yang terkait dengan tokoh pewayangan Jawa yang memiliki peran penting dalam dunia kesehatan.

Museum Kesehatan Dr Adhyatma dari, MPH – Depkes juga memiliki suasana yang terasa mistis. Dalam beberapa ruangan, pengunjung dapat melihat patung Dewa Airlangga, alat kedokteran kuno, piagam, dan bahkan alat peraga seks sebagai alat kesehatan. Di ruangan lainnya, terdapat foto-foto yang menunjukkan hal-hal aneh seperti penampakan Semar di Parangtritis, uang Soekarno yang lentur ketika ditekuk, dan bahkan piring sendok yang melekat pada tubuh seseorang dalam sebuah foto.

BACA JUGA :  10 Gambar Alun Alun Subang, Lokasi Alamat, Jalan Menuju ke Sana + Keidahan di Malam Hari?

Museum Kesehatan Dr Adhyatma dari, MPH – Depkes juga memiliki ruang terkunci yang memunculkan rasa penasaran. Di pintu ruangan tersebut terdapat artikel video YouTube yang berhubungan dengan dunia mistis. Dalam museum ini, pengunjung juga dapat melihat boneka Jelangkung dan Nini Towok, serta replika tubuh manusia dan binatang yang pernah diandalkan sebagai penyebar penyakit.

Melalui pengalaman menjelajahi Museum Kesehatan Dr Adhyatma dari, MPH – Depkes, pengunjung tidak hanya akan mendapatkan pengetahuan tentang dunia kesehatan, tetapi juga dapat mengamati realitas masyarakat yang masih mempercayai hal-hal mistis. Museum ini menjadi tempat yang menarik untuk belajar sejarah kesehatan Indonesia dan memahami berbagai tradisi yang terkait dengan kesehatan.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *