PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Benteng Karang Bolong Cilacap, Sang Penyimpan Jejak Napoleon

Blog

Heading 2: Lokasi Wisata

Di artikel ini, kita akan membahas salah satu destinasi wisata yang menarik yang terletak di Pulau Nusakambangan, yaitu Benteng Karang Bolong. Benteng ini berada di dekat Pantai Pasir Putih, Nusakambangan. Untuk mencapai daerah ini, kita dapat menyeberang dari Teluk Penyu, Cilacap menuju Pulau Nusakambangan Timur dengan kapal feri. Waktu yang diperlukan untuk menyeberang adalah sekitar 30 menit perjalanan. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama sekitar 15 menit untuk mencapai Benteng Karang Bolong. Selama perjalanan tersebut, kita dapat menikmati keindahan alam di sekitar kita.

Heading 3: Daya Tarik Wisata

Benteng Karang Bolong adalah salah satu destinasi liburan menarik yang ada di Pulau Nusakambangan. Nama benteng ini berasal dari karang besar yang terletak di sudut Pantai Pasir Putih. Karang ini memiliki lubang di bagian tengahnya, yang dalam bahasa Jawa disebut “bolong”. Sejarah lubang tersebut menunjukkan bahwa lubang ini digunakan untuk mengintai kapal-kapal musuh yang hendak singgah di Pulau Nusakambangan.

Selain itu, Benteng Karang Bolong juga memiliki arsitektur yang menarik. Benteng ini terdiri dari beberapa bangunan yang tersebar dan memiliki total luas wilayah sekitar 6.000 m2. Di dalam benteng ini terdapat berbagai ruangan yang dulu digunakan oleh pemerintah, seperti barak prajurit, ruang tahanan, bangunan pengintai, ruang logistik, meriam, gudang amunisi, aula, serta ruang absen prajurit Belanda. Bangunan-bangunan ini memiliki tata letak yang rapi dan penggunaannya yang terstruktur.

Namun, di antara semua ruangan di Benteng Karang Bolong, ada satu ruangan yang dianggap paling mistis dan horor oleh masyarakat setempat. Ruangan ini adalah tempat pembantaian para pekerja paksa pada masa penjajahan Belanda. Para pekerja yang sakit atau sudah tua yang tidak lagi sanggup bekerja untuk memenuhi tuntutan penjajah dibantai di sini. Mereka dibuang dari atas tebing benteng dan ditembak dengan peluru hingga meninggal. Mayat-mayat mereka ada yang dikuburkan langsung, namun banyak juga yang dimasukkan ke dalam sebuah sumur tua.

BACA JUGA :  10 Toko Alat Musik di Glodok dan Sekitarnya, Manakah Yang Paling Lengkap?

Konon, di sumur tersebut sering terdengar suara rintihan minta tolong. Cerita misteri ini masih beredar di kalangan masyarakat hingga sekarang. Oleh karena itu, pengunjung hanya diperbolehkan mengambil foto dari jarak 50 meter untuk menjaga keselamatan mereka.

Heading 2: Fasilitas Wisata

Bagi para pengunjung yang ingin datang ke Benteng Karang Bolong, tidak perlu khawatir karena di lokasi ini sudah tersedia berbagai fasilitas wisata yang dapat mendukung liburan mereka. Di sekitar lokasi, terdapat mushola dan toilet yang dapat digunakan oleh pengunjung. Selain itu, pengunjung juga dapat mencicipi kuliner khas dari kawasan Nusakambangan. Bagi mereka yang memiliki hobi fotografi, Benteng Karang Bolong juga menyediakan banyak spot foto yang menarik untuk diabadikan.

Mengingat bangunan ini sudah cukup tua, pengunjung diharapkan untuk menjaga jarak dan tidak mendekati bangunan secara berbahaya. Hal ini untuk menjaga keselamatan mereka dan menjaga kelestarian bangunan tersebut.

Heading 3: Kesimpulan

Benteng Karang Bolong di Pulau Nusakambangan adalah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi meskipun terkenal dengan julukan “Pulau Kematian”. Meskipun memiliki sejarah yang kelam, benteng ini memiliki pesona dan keunikan tersendiri. Dengan arsitektur yang menarik dan cerita mistis di dalamnya, Benteng Karang Bolong menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dari destinasi lainnya.

Bagi mereka yang tertarik dengan sejarah dan keindahan alam, Benteng Karang Bolong adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Dengan adanya fasilitas wisata yang memadai, pengunjung dapat menikmati liburan mereka dengan nyaman. Namun, perlu diingat bahwa pengunjung harus tetap menjaga keselamatan mereka dan menghormati kelestarian bangunan tersebut.

Jadi, jika Anda mencari destinasi wisata yang unik dan berbeda, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Benteng Karang Bolong di Pulau Nusakambangan. Selamat berlibur!


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *