PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Indahnya Pemandangan Sore Hari di Pantai Permisan dan Bagaimana Akses Menuju Lokasi Wisata?

Blog

Lokasi Liburan

Pantai Permisan merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di sekitar pesisir Selatan Pulau Jawa, tepatnya berada di Provinsi Jawa Tengah. Pulau Nusakambangan juga terkenal sebagai pulau penjara karena menjadi lokasi rehabilitasi atau lapas dengan tingkat keamanan tinggi. Namun, selain menjadi tempat rehabilitasi bagi narapidana, Nusakambangan juga memiliki pesona alam yang menakjubkan.

Rute Menuju Lokasi

Untuk mencapai Pantai Permisan, tidak begitu sulit. Rekan-rekan dapat menuju ke area Cilacap, pesisir Selatan Jawa Tengah, baik menggunakan kereta api, bus, ataupun kendaraan pribadi. Setelah sampai di Cilacap, rekan-rekan dapat menuju Pelabuhan Lo Manis, Jawa Tengah untuk menyeberang ke Pelabuhan Sodong di Nusakambangan. Setelah itu, rekan-rekan dapat mencapai Pantai Permisan dengan menggunakan bus, mobil, atau kendaraan ojek.

Daya Tarik Wisata

Meskipun berada di kawasan Pulau Nusakambangan yang dikenal dengan tingkat keamanan tinggi, Pantai Permisan memiliki pesona alam yang sangat indah. Pantai ini termasuk daerah perawan, yang artinya belum banyak orang atau masyarakat sekitar yang tinggal di sana atau berkegiatan di sana. Lokasi pantai ini juga tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Sodong, sehingga rekan-rekan akan dengan mudah menemukannya.

Pantai Permisan menawarkan keindahan alam yang masih alami. Saat berlibur di pantai ini, rekan-rekan dapat menikmati pemandangan yang indah dan menenangkan. Suara ombak yang menabrak karang dan pasir putih yang mengelilingi kaki membuat setiap kepenatan dalam hidup terasa hilang dan terlepas. Pantai ini juga tidak begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan, sehingga rekan-rekan bisa bebas menikmati keindahan pantai tanpa terganggu.

BACA JUGA :  Mau Bikin Parfum Atau Deterjen Sendiri? Kunjungi 10 Toko Kimia di Jogja Ini Untuk Belanja Bahannya

Pulau Kecil

Selain menikmati keindahan Pantai Permisan, rekan-rekan juga dapat mengunjungi area batu karang yang berada di pantai tersebut. Masyarakat setempat menyebut hamparan batu karang ini dengan sebutan “pulau kecil”. Rekan-rekan dapat pergi ke pulau kecil ini saat masa surut.

Selain sebagai destinasi wisata, Pantai Permisan juga digunakan oleh pemerintah untuk melatih prajurit bangsa Indonesia. Tempat ini menjadi tempat latihan untuk melatih kekuatan dan ketangguhan para prajurit dalam menjaga kedaulatan Negara Indonesia. Buktinya, di salah satu batu karang di Pantai Permisan terdapat pisau komando yang melambangkan komando prajurit bangsa kita. Pisau ini dapat dilihat dari bibir pantai tanpa harus mendekati batu karang.

Terdapat pula banyak lambang sosial di gugusan batu karang di Pantai Permisan. Konon, beberapa masyarakat setempat mempercayai adanya legenda mengenai Prabu Pakuan Pajajaran dan putrinya. Hal ini menambah nilai sejarah dan keunikan Pantai Permisan sebagai destinasi wisata.

Sejarah Singkat

Pulau kecil atau batu karang di Pantai Permisan juga memiliki nilai sejarah yang menarik. Salah satu tokoh penting dalam sejarah Indonesia, Sutan Syahrir, pernah datang ke pulau kecil ini dan melakukan suatu “pertandingan”. Meskipun laut sedang berombak, ia nekat untuk pergi ke pulau kecil tersebut. Namun, setibanya di atas batu karang, ombak besar tiba-tiba datang.

Sutan Syahrir harus menunggu berjam-jam agar ombak di sekitar batu karang tersebut mereda. Kejadian ini membuat namanya diabadikan sebagai salah satu gugusan batu karang di Pantai Permisan. Penduduk setempat menyebutnya “Batu Syahrir”. Nama ini menjadi bukti nyata akan kunjungan dan perjuangan Sutan Syahrir di pulau kecil ini.

BACA JUGA :  Ke Singkawang Kalimantan Barat? Jangan Lupa Mampir di Taman Burung Singkawang

Masyarakat Pulau Nusakambangan sangat mengenal “Batu Syahrir” dan cerita di baliknya. Bagi mereka, batu karang tersebut adalah lambang dari perjuangan dan semangat Sutan Syahrir dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Pantai Permisan merupakan destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang masih alami, keunikan sejarah, dan pesona yang menakjubkan. Meskipun berada di kawasan yang dikenal dengan tingkat keamanan tinggi, Pantai Permisan tetap menjadi tempat yang aman dan menarik untuk dikunjungi. Jadi, jika rekan-rekan ingin menikmati liburan yang berbeda dan menantang, Pantai Permisan bisa menjadi pilihan yang tepat.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *