PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

10 Gambar Masjid Agung Jepara, Lokasi Alamat, Keunikan Bangunan + Arsitektur Pembangunan

Blog

Lokasi Masjid Agung Baitul Makmur Jepara

Masjid Agung Baitul Makmur Jepara terletak di Jl. Kartini No.1, Kauman, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59417. Lokasinya sangat strategis karena berada di pusat kota Jepara, tepat bersebelahan dengan alun-alun kota. Hal ini membuat masjid ini mudah diakses oleh warga setempat maupun wisatawan yang berkunjung ke Jepara.

Sejarah dan Pembangunan Masjid Agung Baitul Makmur Jepara

Masjid Agung Baitul Makmur Jepara dibangun semasa pemerintahan Pangeran Arya Jepara. Pembangunannya dilakukan saat memindahkan pusat pemerintahan Kerajaan Kalinyamat ke Jepara. Sejak berdirinya, masjid ini telah mengalami renovasi sebanyak tiga kali, yaitu pada tahun 1686, 1929, dan 1989. Renovasi dilakukan untuk menyesuaikan dengan kapasitas jamaah yang semakin bertambah.

Awalnya, masjid ini memiliki bentuk arsitektur gaya Tiongkok dengan atap lima susun. Namun, seiring berjalannya waktu, atapnya mengalami perubahan menjadi hanya dua susun. Bahan dasar untuk mendirikan masjid ini juga berubah dari kayu jati menjadi beton, seperti bangunan masjid pada umumnya saat ini.

Meskipun mengalami perubahan dalam bentuk dan bahan bangunan, masjid ini masih memiliki ciri khas arsitektur Jawa yang terasa di beberapa bagian. Ketika Anda mengunjungi masjid ini, Anda akan melihat bagian depan masjid yang memiliki plafon terbuat dari kayu jati yang berpelitur dan mengkilat. Tiang utama masjid ini juga memiliki pola lilitan kayu dan diukir, meskipun terbuat dari beton. Hal ini memberikan nuansa beribadah dalam rumah khas Jawa yang menenangkan.

BACA JUGA :  Buat Liburan Sekeluarga, Cocok Banget Nih Curug Bidadari

Selain itu, masjid ini juga memiliki berbagai macam ukiran kayu dengan bentuk aneka ragam, seperti bentuk bunga dan tulisan Arab. Ukiran kayu tersebut tidak hanya terlihat pada tiang penyangga, tetapi juga terdapat di jendela dan pintu masjid. Hal ini menambah keindahan dan keunikan masjid ini sebagai salah satu warisan budaya bangsa.

Geliat Wisata Religi di Masjid Agung Baitul Makmur Jepara

Sebagai salah satu masjid agung di Jepara, Masjid Agung Baitul Makmur juga memiliki peran penting sebagai pusat ibadah dan pusat kegiatan keagamaan di Jepara. Masjid ini bukan hanya tempat ibadah bagi umat Muslim, tetapi juga menjadi objek wisata yang menarik minat wisatawan.

Banyak pengunjung yang datang ke masjid ini untuk beribadah, mengikuti kegiatan kajian agama, atau melakukan dakwah. Masjid ini juga menjadi saksi sejarah pembangunan negeri zamrud khatulistiwa ini, sehingga semakin menambah daya tarik bagi wisatawan. Pemerintah setempat juga memberikan perhatian khusus dalam memelihara masjid ini sebagai warisan budaya bangsa.

Tidak hanya Masjid Agung Baitul Makmur Jepara, banyak masjid agung lainnya di Indonesia yang juga menjadi saksi sejarah pembangunan bangsa, seperti Masjid Agung Demak dan masjid agung lainnya. Hal ini menunjukkan pentingnya peran masjid sebagai tempat ibadah dan pusat kegiatan keagamaan yang juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi.

Kecantikan Arsitektur Masjid Agung Baitul Makmur Jepara

Masjid Agung Baitul Makmur Jepara memiliki keindahan arsitektur yang khas dengan ciri khas Jawa. Bangunan masjid hampir seluruhnya dipenuhi dengan kayu jati yang berpelitur serta berbagai macam ornamen ukiran kayu. Mulai dari bagian luar masjid hingga bagian mihrab, kayu jati dan ukiran kayu menjadi dominan dalam desain masjid ini.

BACA JUGA :  10 Toko Bahan Kue di Yogyakarta Untuk Mendukung Bisnis Kulinermu

Masjid Agung Jepara terlihat seperti pendopo Jawa atau rumah khas Jawa. Motif ukiran yang digunakan mengikuti motif Majapahit yang menampilkan bentuk geometris cembung dan cekung. Selain itu, terdapat juga motif semarangan yang dominan, yaitu motif daun beralur lembut yang merupakan ciri khas Jawa. Motif pajajaran dengan pola ukiran berbentuk cembung juga digunakan dalam desain masjid ini.

Keindahan arsitektur masjid ini menjadi daya tarik utama bagi pengunjung, baik wisatawan maupun warga setempat. Masjid Agung Baitul Makmur Jepara juga menjadi destinasi wisata dan ikon kota Jepara yang menunjukkan kekayaan budaya dan sejarah bangsa.

Untuk melihat foto atau gambar Masjid Agung Baitul Makmur Jepara, Anda dapat mencarinya di Wikipedia atau melakukan pencarian di Google. Gambar tersebut akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang keindahan arsitektur masjid ini sebelum Anda berkunjung.

Dengan keunikan arsitektur, sejarah yang dimilikinya, dan peran pentingnya sebagai pusat kegiatan keagamaan, tidak heran jika Masjid Agung Baitul Makmur Jepara menjadi salah satu tujuan wisata religi yang populer di Jepara. Masjid ini bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga merupakan simbol keberagaman budaya dan nilai-nilai agama yang kuat di Jepara.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *