PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

10 Daftar Pilihan Makanan Khas di Daerah Cilegon Yang Sangat Lezat dan Wajib Kamu Tahu

Blog

Heading 2: Makanan Khas Cilegon yang Menggugah Selera

Cilegon adalah salah satu kota di Banten yang terkenal dengan industri baja terbesarnya di Asia Tenggara. Namun, selain sebagai pusat industri, Cilegon juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik serta kuliner yang lezat. Dalam tulisan ini, kita akan membahas lebih detail tentang makanan khas Cilegon yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi kota ini.

Heading 3: Sate Bandeng

Salah satu makanan khas yang sangat terkenal di Cilegon adalah sate bandeng. Makanan ini terbuat dari ikan bandeng yang ditumbuk halus dan dicampur dengan bumbu pawon serta parutan kelapa tua. Kemudian, ikan bandeng yang telah dibumbui ini dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang hingga matang. Sate bandeng memiliki cita rasa yang gurih dan enak, serta tekstur yang lembut. Selain itu, sate bandeng juga aman untuk dikonsumsi karena sudah tidak ada durinya lagi. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati sate bandeng di Cilegon adalah Sate Bandeng Hj.Maryam di Jln.Krunu, Kaujon Tengah. Di tempat ini, sate bandeng tersedia dalam dua varian rasa dan harganya hanya sekitar Rp.30.000 saja.

Heading 3: Ayam Bekakak Kranggot

Selain sate bandeng, makanan khas Cilegon yang juga sangat terkenal adalah ayam bekakak kranggot. Ayam bekakak kranggot adalah ayam bakar dengan bumbu khas Cilegon yang memiliki rasa pedas dan manis. Ayam ini biasanya disajikan pada acara selamatan atau pernikahan, namun sekarang sudah sangat mudah ditemukan di warung-warung makan di sepanjang kota Cilegon. Salah satu tempat yang paling terkenal untuk mencicipi ayam bekakak kranggot ini adalah Ayam Bekakak Hj.Maksum di jalan raya Kranggot. Di warung ini, harga satu porsi ayam bekakak kranggot hanya sekitar 70 ribuan saja.

BACA JUGA :  10 Daftar Pilihan Tempat Wisata Yang Instagramable di Daerah Jogja Untuk Mengisi Liburanmu

Heading 3: Rabeg

Rabeg adalah makanan khas Cilegon yang memiliki sejarah panjang. Pada zaman dahulu, rabeg merupakan hidangan mewah yang hanya disajikan pada saat pernikahan dan menjadi menu favorit Sultan Hasanuddin. Sajian rabeg terbuat dari daging sapi pilihan yang dicampur dengan jerohan serta aneka campuran rempah dan bumbu khusus. Rasanya yang lezat membuat rabeg menjadi kuliner yang sangat populer di Cilegon. Salah satu tempat yang paling populer untuk mencicipi rabeg ini adalah Rabeg H.Naswi di Jln.Mayor Syafei No.30, Banten. Warung makan ini buka mulai pukul 09.00-15.00 WIB dan harga satu porsi rabeg hanya sekitar 17 sampai 20 ribuan.

Heading 3: Kue Gipang

Kue Gipang atau jipang adalah makanan ringan khas Cilegon yang sangat pas sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau rekan tercinta. Kue ini terbuat dari beras ketan dan campuran air gula. Selain memiliki rasa manis yang nikmat, kue gipang juga dibuat dengan berbagai macam warna mencolok yang membuatnya terlihat menarik. Kue gipang dapat ditemui di toko oleh-oleh di sekitar kota Cilegon, serta banyak dijual di kawasan wisata. Harganya pun sangat terjangkau, berkisar antara 10 hingga 20 ribu per bungkus.

Heading 3: Kue Ketan Bintul

Kue ketan bintul adalah penganan khas Cilegon yang terbuat dari ketan. Kue ini memiliki rasa gurih berkat parutan kelapa goreng yang ditaburi di atasnya. Selain itu, kue ketan bintul juga disajikan menggunakan daun pisang, menambah kesan tradisional pada kuliner ini. Untuk mencicipi kue ketan bintul, dapat mengunjungi objek wisata jajanan kue ketan bintul di Cilegon. Harganya cukup terjangkau, hanya sekitar 15 ribu per bungkus dengan isi 10 potong.

BACA JUGA :  10 Catering Nasi Box Bogor Yang Bisa Kamu Jadikan Sebagai Pilihan, Dengan Harga Mulai 8 Ribu Saja

Heading 3: Kerupuk Dapros

Kerupuk dapros adalah makanan ringan khas Cilegon yang terbuat dari terigu. Bentuknya yang unik menyerupai bunga mekar dan memiliki berbagai warna yang cerah membuatnya sangat menarik. Kerupuk dapros dapat ditemukan di gerai Haji Saudi Store 999 di jln.Lingkar Selatan A7, Kedaleman, Cilegon. Harganya juga sangat terjangkau, sekitar Rp.20.000 saja.

Heading 3: Nasi Sumsum

Nasi sumsum adalah makanan khas Cilegon yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan sumsum tulang. Kemudian, nasi ini dibungkus menggunakan daun pisang dan dibakar di atas arang. Nasi sumsum memiliki aroma yang khas dan cita rasa yang lezat. Salah satu tempat paling populer untuk mencicipi nasi sumsum ini adalah Nasi Bakar Sumsum Mang Puri di jalan Pangeran Purbaya, Pasar Lama Serang. Harga seporsi nasi sumsum di tempat ini hanya sekitar Rp.13.000-Rp.15.000 saja.

Heading 3: Nasi Gonjleng

Nasi gonjleng adalah kuliner khas Cilegon yang mirip dengan nasi kebuli. Menu ini biasanya disajikan dengan daging sapi, sambal goreng, kerupuk emping, dan acar. Salah satu kedai yang terkenal akan kelezatan nasi gonjleng ini adalah Nasi Gonjleng Hj.Wiwik/Ida di jln. RA Kartini No.02, Jombang Wetan. Di tempat ini, harga seporsi nasi gonjleng dibanderol sekitar 15 ribuan saja.

Heading 3: Ceplis

Ceplis adalah makanan khas Cilegon yang terbuat dari melinjo. Bentuknya mirip dengan emping, namun lebih kecil dan bulat. Ceplis memiliki cita rasa yang gurih dan sangat cocok sebagai camilan. Makanan ini dapat ditemukan di toko oleh-oleh di sekitar kota Cilegon dan biasanya dibanderol sekitar 15 ribu per bungkusnya.

Heading 3: Sate Bebek Cibeber

Sate bebek cibeber adalah makanan khas Cilegon yang memiliki penampilan dan cita rasa yang mirip dengan sate pada umumnya. Yang membedakan adalah bumbu yang digunakan sedikit berbeda. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati sate bebek cibeber ini adalah Warung Tenda Sate Bebek di daerah Taman Sari, Serang. Warung ini buka mulai pukul 17.00-22.00 WIB dan harganya hanya sekitar 700 rupiah per tusuknya.

BACA JUGA :  5 Paket Wisata Murah Ke Ijen Mulai Dari 250 Ribuan Saja Per Orang

Dalam tulisan ini, telah dijelaskan tentang beberapa makanan khas Cilegon yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi kota ini. Mulai dari sate bandeng yang gurih, ayam bekakak kranggot yang pedas dan manis, hingga nasi gonjleng yang mirip dengan nasi kebuli. Selain itu, juga terdapat kue gipang yang manis dan warna-warni, serta kerupuk dapros yang unik dan menarik. Jangan lupa juga mencicipi nasi sumsum yang lezat dan nasi gonjleng yang lezat. Terakhir, jangan lewatkan ceplis yang gurih dan sate bebek cibeber yang enak. Semua makanan khas Cilegon ini dapat ditemukan dengan mudah di berbagai tempat di kota ini. Jadi, saat berkunjung ke Cilegon, jangan lupa mencicipi makanan-makanan lezat yang telah disebutkan di atas.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *