PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

10 Referensi Wisata Air Terjun Eksotis di Tuban Jawa Timur Yang Wajib Banget Buat Kita Explore

Blog

1. Putri Nglirip

Putri Nglirip adalah salah satu air terjun yang berada di Tuban. Air terjun ini terletak di daerah Sawah, Desa Nglirip, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 37 km dari pusat kota Tuban. Putri Nglirip memiliki panorama alam yang sangat indah dengan suasana sejuk dan bernuansa pedesaan.

Daya tarik utama dari Putri Nglirip adalah airnya yang berwarna hijau tosca. Warna air yang unik ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Banyak pengunjung yang datang ke sini untuk berfoto atau mengambil gambar yang menakjubkan. Namun, perlu diingat bahwa air terjun ini memiliki legenda dan pernah memakan korban, sehingga tidak dianjurkan bagi calon pengantin atau mereka yang masih berpacaran.

Putri Nglirip buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.00. Untuk dapat menikmati keindahan air terjun ini, pengunjung perlu membayar tiket masuk seharga Rp.5.000.

2. Wukiharjo

Air terjun Wukiharjo merupakan salah satu destinasi wisata yang tak kalah eksotis di Tuban. Lokasinya berada di Desa Sambung Rejo, Wukiharjo, Parengan, Tuban Regency, East Java, Indonesia. Perjalanan menuju lokasi ini memakan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota Tuban. Meskipun medan menuju air terjun ini cukup menantang dan ekstrim, pemandangan alam yang indah di Wukiharjo sangat sepadan dengan perjalanan yang menantang tadi.

Air terjun Wukiharjo memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi, namun keindahan alamnya sangat memukau. Air terjun ini dihiasi oleh tebing dan pepohonan rimbun, menciptakan suasana yang romantis dan layak untuk dijadikan latar foto yang keren.

BACA JUGA :  10 Daftar Pilihan Cinderamata Khas Negara Jerman Yang Unik dan Berkualitas Ini Patut Kalian Miliki

Hal menarik lain dari Wukiharjo adalah lokasinya yang strategis, sehingga mudah dijangkau oleh wisatawan. Air terjun ini buka 24 jam dan tidak ada tiket masuk alias gratis.

3. Lembah Bongok

Bagi Sahabat Pergimulu.comyang tidak ingin bepergian terlalu jauh, air terjun Lembah Bongok di desa Montong adalah pilihan yang paling direkomendasikan. Lokasinya hanya sekitar 30 menit dari pusat kota Tuban, sehingga sangat mudah diakses. Air terjun ini menawarkan panorama yang sangat cantik, udara yang segar, dan aman untuk anak-anak bermain air.

Lembah Bongok sempat viral dan menjadi perbincangan para wisatawan baru-baru ini. Keindahan alamnya yang memesona membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya. Air terjun ini buka mulai pukul 06.00 hingga 17.00 dengan harga tiket masuk sebesar Rp.5.000.

4. Sanggrahan

Sanggrahan adalah air terjun lain yang berada di Tuban. Lokasinya terletak di Desa Nganget, Kedungjambe, Singgahan, Tuban. Untuk mencapai air terjun ini, perjalanan dari pusat kota Tuban memakan waktu sekitar 1 jam 20 menit. Namun, jangan khawatir bosan sepanjang perjalanan karena Sahabat Pergimulu.comakan disuguhkan pemandangan indah pedesaan dan hamparan sawah yang memukau.

Selain menikmati pemandangan yang sangat cantik, area sekitar Sanggrahan juga menjadi tempat yang tepat untuk berendam atau bermain air. Namun, pastikan untuk membawa bekal dan perlengkapan lengkap karena tidak ada warung atau fasilitas lain di sekitar area ini.

5. Banyu Langse

Selain Lembah Bongok, air terjun Banyu Langse juga merupakan destinasi yang sangat direkomendasikan bagi Sahabat Pergimulu.comyang tidak ingin bepergian terlalu jauh. Lokasinya hanya sekitar 15 menit dari pusat kota Tuban. Di kawasan ini, Sahabat Pergimulu.comakan menemukan 3 air terjun dalam satu lokasi dengan ketinggian masing-masing sekitar 10 meter.

BACA JUGA :  Pango Pango, Sebuah Destinasi Istimewa di Tana Toraja

Air terjun Banyu Langse memiliki debit air yang deras dan kolam yang cukup dalam, sekitar 5 meter. Oleh karena itu, pengunjung harus berhati-hati saat berenang atau berendam di sini. Selain itu, jangan lupa untuk berfoto di spot yang indah ini.

6. Gajahan

Gajahan adalah destinasi wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Tambakboyo. Tempat ini menawarkan keindahan panorama air terjun dengan suasana asri dan udara bersih. Air terjun Gajahan memiliki air yang segar dan dihiasi oleh bebatuan besar, menjadikannya sebagai spot foto yang paling banyak dilirik oleh wisatawan.

Lokasi Gajahan tidak terlalu jauh dari pusat kota Tuban, hanya sekitar 37 km. Oleh karena itu, sangat mudah untuk dijangkau. Gajahan buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 dan tidak ada tiket masuk alias gratis. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi nomor telepon 0815 5472 2885.

7. Tuwiwian

Terletak tidak jauh dari Pemandian Air Panas Nganget Bangilan, air terjun Tuwiwian adalah destinasi yang cocok bagi Sahabat Pergimulu.comyang menginginkan ketenangan. Debit air di Tuwiwian tidak terlalu deras, dan tempat ini jarang dikunjungi oleh wisatawan. Oleh karena itu, pengunjung dapat menikmati suasana yang tenang di sini.

Air terjun Tuwiwian buka 24 jam dan tidak ada tiket masuk alias gratis. Lokasinya berada di Desa Tuwiwiyan, Kumpulrejo, Kecamatan Bangilan, Tuban. Untuk informasi lebih lanjut, dapat mencari di Google Maps dengan kata kunci “Air Terjun Tuwiwian Bangilan”.

8. Coban Rais

Coban Rais adalah salah satu destinasi liburan terdekat dari Tuban dan merupakan spot paling hits di Jawa Timur, terutama di Kabupaten Batu. Selain menawarkan kesegaran air terjun, Coban Rais juga memiliki berbagai spot foto yang sangat instagramable.

BACA JUGA :  12 Rental Sewa Alphard Jakarta, No 10 Bisa Lepas Kunci Harga Per Hari Mulai 2,1 Jt

Lokasi Coban Rais berada di Oro-Oro, Ombo, Batu, Jawa Timur. Tempat ini buka mulai pukul 09.00 hingga 17.00 dengan harga tiket masuk sebesar Rp.10.000. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi nomor telepon 0812 2256 223.

9. Grojogan Coban Sewu

Grojogan Coban Sewu adalah air terjun yang terletak tidak jauh dari Tuban. Tempat ini menawarkan pesona indah lewat debit air yang cukup deras dan hawa sejuk yang menyegarkan. Lokasinya berada di Desa Bendosari, Pujon, Malang. Grojogan Coban Sewu buka 24 jam dengan harga tiket masuk sebesar Rp.5.000. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi nomor telepon 0813 3318 3380.

Grojogan Coban Sewu menjadi salah satu destinasi terdekat dari Tuban yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Keindahan alamnya dan akses yang mudah menjadikannya ramai dikunjungi.

10. Kedung Bonjor

Meskipun memiliki ketinggian hanya sekitar 5 meter, air terjun Kedung Bonjor layak untuk dipertimbangkan sebagai destinasi wisata. Tempat ini sangat cocok bagi Sahabat Pergimulu.comyang suka dengan aktivitas basah-basahan seperti berenang atau sekedar mandi.

Lokasi Kedung Bonjor berada di Desa Bendo, Bendolateng, Kecamatan Kenduran, Tuban. Tempat ini buka 24 jam dan tidak ada tiket masuk alias gratis.

Selain menikmati keindahan air terjun di Tuban, Sahabat Pergimulu.comjuga dapat menjelajahi objek wisata lainnya di sekitar Tuban, seperti Tebing Nemplek Grabagan, Sumber Mata Air Krawak, Tuban Sewu Lumajang, Watu Ondo Pacet, Tebing Pelangi, Wana Wisata Prataan, Goa Ngerong Rengel, Coban Rondo, Coban Tundo Telu, dan Coban Talun.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *