PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Menuju Lokasi RPTRA Kalijodo Jakarta

Blog

Kawasan Wisata Alam di Jakarta: Hutan Mangrove PIK

Jakarta, sebagai salah satu kota besar di Indonesia, memiliki tingkat perekonomian yang cukup tinggi. Namun, di sisi lain, kawasan wisata alam di Jakarta masih terbilang sedikit. Salah satu kawasan wisata alam yang bisa dikunjungi di Jakarta adalah Hutan Mangrove PIK.

Hutan Mangrove PIK merupakan kawasan wisata alam yang menjadi incaran para masyarakat di ibukota yang ingin mencari suasana berbeda di tengah-tengah kota. Kawasan ini sangat jarang ditemui di Jakarta, yang lebih dikenal dengan pusat perbelanjaan dan pusat kegiatan komersial.

Hutan Mangrove PIK terletak di Angke, Kecamatan Tambora, Kota Jakarta Barat. Lokasinya bisa diakses dengan mudah melalui aplikasi peta atau Google Maps. Hutan ini merupakan tempat yang cocok untuk refreshing dan menikmati alam yang masih asri di tengah hiruk-pikuk kota.

Keindahan Hutan Mangrove PIK

Hutan Mangrove PIK menawarkan keindahan alam yang masih alami. Di dalam hutan ini, terdapat pepohonan mangrove yang menjulang tinggi dan berbagai jenis flora dan fauna yang hidup di dalamnya. Suasana yang tenang dan sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.

Keindahan alam yang ditawarkan oleh Hutan Mangrove PIK tak hanya terlihat pada pemandangan yang ada, tetapi juga pada keberadaan satwa-satwa yang hidup di dalamnya. Burung-burung khas hutan mangrove, seperti burung camar, bangau, dan manyar, sering terlihat bermain-main di antara pepohonan.

BACA JUGA :  12 Bengkel Motor di Palembang Untuk Mengatasi Masalah Kendaraanmu

Selain itu, pengunjung juga dapat menemukan berbagai jenis hewan air, seperti kepiting, udang, dan ikan-ikan kecil yang hidup di sungai-sungai kecil yang melintasi hutan. Keberagaman hayati yang ada di Hutan Mangrove PIK menjadikannya sebagai salah satu kawasan wisata alam yang unik di Jakarta.

Pesona Matahari Terbenam di Hutan Mangrove PIK

Salah satu momen yang paling indah di Hutan Mangrove PIK adalah saat matahari terbenam. Saat matahari mulai terbenam di ufuk barat, langit di sekitar hutan akan dipenuhi dengan warna-warni indah, yang menciptakan suasana yang romantis dan memukau.

Pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbenam ini dengan duduk di tepi hutan atau dengan menyusuri sungai kecil yang ada di dalam hutan. Suasana yang tenang dan sejuk semakin memperkuat momen indah tersebut.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat melihat berbagai burung migran yang datang ke Hutan Mangrove PIK saat matahari terbenam. Mereka mencari tempat yang aman untuk beristirahat dan melindungi diri dari predator di malam hari.

Kawasan Wisata Keluarga: RPTRA Kalijodo

Di Jakarta, kawasan wisata untuk keluarga cenderung sedikit. Namun, sekarang Pemerintah Kota DKI Jakarta telah memberikan kawasan wisata keluarga yang sangat pas untuk tempat rekreasi, yaitu RPTRA Kalijodo.

RPTRA Kalijodo merupakan kepanjangan dari Ruang Publik Terpadu Ramah Anak. Kawasan ini terletak di Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Kota Jakarta Barat, dan dapat diakses dengan mudah melalui berbagai moda transportasi.

Kawasan wisata keluarga RPTRA Kalijodo ini telah mengalami perubahan yang sangat signifikan. Sebelumnya, Kalijodo dikenal sebagai tempat hiburan malam yang kurang baik, dengan adanya pekerja seks komersial, perjudian, dan kerusuhan yang sering terjadi.

BACA JUGA :  ibis Styles Malang, Penginapan Populer di Kalangan Wisatawan Dengan Harga Murah Mulai Rp368.050

Sejarah Singkat Kalijodo

Kawasan Kalijodo sudah cukup lama terkenal sejak tahun 1970-an. Pada masa itu, kawasan ini dihuni oleh para pendatang dari etnis Tionghoa yang keluar dari negara asal mereka, Manchuria, karena penjajahan Jepang pada masa Perang Dunia II.

Para pendatang ini menikah di sekitar Kalijodo dan bantaran kali menjadi tempat pertemuan antara pendatang Tionghoa dan perempuan lokal yang ingin menikah atau memadu kasih. Perempuan lokal ini umumnya bekerja sebagai pekerja seni atau wanita penghibur yang menemani para pendatang Tionghoa untuk menyanyi dan menari.

Dinamakan Kalijodo karena kawasan ini menjadi tempat bagi para pendatang Tionghoa mencari jodoh dan pasangan. Namun, seiring berjalannya waktu, kawasan ini berubah menjadi kumuh dan menjadi tempat prostitusi dan tingkat kriminalitas yang tinggi.

Pemerintah pusat kemudian melakukan penertiban dan merubah Kalijodo menjadi kawasan yang ramah bagi masyarakat. Pada tahun 2016, Kalijodo diresmikan menjadi taman keluarga yang sangat ramah dan menyenangkan.

Fasilitas dan Aktivitas di RPTRA Kalijodo

RPTRA Kalijodo menawarkan berbagai fasilitas dan aktivitas yang cocok untuk keluarga. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai wahana dan tempat bermain yang dapat diakses secara gratis.

Beberapa fasilitas yang tersedia di RPTRA Kalijodo antara lain lapangan futsal, badminton, voli, skateboard, dan sepeda BMX. Selain itu, terdapat juga perpustakaan yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak-anak.

Selain itu, RPTRA Kalijodo juga menyediakan berbagai acara dan kegiatan yang dapat diikuti oleh para pengunjung, terutama anak-anak. Acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak-anak dan memberikan edukasi yang menyenangkan.

RPTRA Kalijodo juga dilengkapi dengan fasilitas toilet yang bersih dan nyaman, musholla, warung jajanan, dan tempat berdagang untuk penjual makanan dan minuman. Selain itu, terdapat juga outdoor gym yang dapat digunakan untuk berolahraga.

BACA JUGA :  Inilah 8 Aktifitas Keren Saat di Kebun Strawberry Ciwidey

Kawasan RPTRA Kalijodo sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat Jakarta, terutama pada akhir pekan dan libur panjang. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Jakarta membutuhkan hiburan keluarga yang gratis dan terjangkau.

Kesimpulan

Kawasan wisata alam di Jakarta masih tergolong sedikit, namun Hutan Mangrove PIK menjadi salah satu tempat yang dapat dikunjungi untuk menikmati alam yang masih asri di tengah kota. Selain itu, RPTRA Kalijodo juga menjadi pilihan yang tepat untuk rekreasi bersama keluarga dengan berbagai fasilitas dan aktivitas yang disediakan. Dengan adanya kedua kawasan wisata ini, masyarakat Jakarta dapat menikmati suasana alam dan bersantai bersama keluarga tanpa harus pergi jauh dari ibukota.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *