PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Lokasi Pulau Sikuai

Blog

Keindahan Eksotis

Padang, atau yang dikenal juga sebagai Tanah Minang, adalah salah satu kota di Sumatera yang memiliki keindahan alam yang sangat eksotis. Kota ini telah mengalami perubahan dan berkembang menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik minat banyak turis, terutama turis asing. Sebagai ibu kota provinsi Sumatera Barat, Padang memiliki banyak kawasan wisata dan tempat liburan yang memiliki kisah sejarah dan cerita mitos yang menarik. Salah satu cerita yang terkenal adalah kisah Malin Kundang.

Provinsi Sumatera Barat memiliki banyak lokasi wisata alam yang menawarkan pesona alam sebagai salah satu sumber daya pariwisata yang menarik minat para turis. Pulau-pulau di sekitar Sumatera Barat, seperti Pulau Pagang, Mentawai, dan Painan, menawarkan keindahan alam yang memukau. Pulau Sikuai adalah salah satu pulau di Padang yang memiliki pesona tersendiri.

Pulau Sikuai memiliki kisah sejarah yang menarik, termasuk sejumlah kasus yang terjadi saat terjadinya gempa besar dan tsunami di Padang. Meskipun demikian, pulau ini tetap memancarkan keindahannya. Pulau Sikuai menawarkan panorama yang memukau dan tak terlupakan.

Mengenal Lokasi

Pulau Sikuai di kota Padang dulunya merupakan destinasi wisata favorit bagi para turis asing yang berkunjung ke Sumatera Barat. Pulau ini dikembangkan oleh pemerintah dan pengelola swasta sebagai destinasi wisata pada tahun 1994. Pulau ini memiliki fasilitas yang sangat mewah, seperti resort, villa, cottage, dan hotel berbintang. Pulau Sikuai bahkan memiliki situs resmi yang cukup ramai dikunjungi oleh para turis asing.

BACA JUGA :  Jembatan Merah Surabaya

Namun, seiring berjalannya waktu, pulau ini mengalami sejumlah masalah dan konflik antara pemerintah dan pengelola swasta. Hal ini berdampak pada kondisi pulau yang semakin terbengkalai. Sejak saat itu, pulau ini tidak lagi menjadi destinasi wisata yang populer bagi turis asing.

Mulai Berubah

Walaupun Pulau Sikuai tidak lagi menjadi tujuan utama bagi turis asing, keindahannya masih dapat dinikmati oleh turis lokal. Meskipun pulau ini ditutup untuk wisata, turis domestik masih bisa mengunjungi pulau ini dengan mengikuti tur yang disediakan oleh travel agent atau secara mandiri. Di pulau ini, para pengunjung bisa merasakan sensasi alam yang dipadukan dengan sisi misteri dan angker yang ada di dalamnya.

Letak Dimana

Pulau Sikuai memiliki luas sekitar 44,4 hektar dan terletak di wilayah administratif Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang. Meskipun lokasinya cukup jauh dari pusat kota, para wisatawan tetap bisa menikmati keindahan pulau ini. Perjalanan menuju Pulau Sikuai dilakukan melalui Pelabuhan Muara dan dilanjutkan dengan perahu nelayan atau speedboat.

Bagi wisatawan yang menggunakan jasa tur, bisa menggunakan speedboat untuk mencapai pulau ini. Meskipun lebih cepat, namun biaya transportasinya lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan perahu nelayan. Terdapat beberapa paket tur yang bisa dipilih oleh para wisatawan, sehingga mereka dapat menikmati keindahan pulau ini dengan lebih mudah.

Kok Ditutup?

Pulau Sikuai saat ini terlihat seperti kota mati. Hal ini disebabkan oleh keputusan pengelola Sikuai Resort untuk tidak melanjutkan bisnisnya pada tahun 2009. Sejak saat itu, fasilitas di pulau ini terbengkalai dan tidak terawat dengan baik. Cottage, kafe, dan fasilitas lainnya menjadi terbengkalai dan tidak digunakan lagi.

BACA JUGA :  Ingin Mobilmu Kinclong Lagi Seperti Saat Membeli? 10 Salon Mobil di Balikpapan Ini Bisa Membantumu!

Namun, meskipun fasilitas di pulau ini tidak berfungsi, wisatawan masih dapat mengunjungi pulau ini dengan menyewa perahu nelayan sebagai alat transportasi. Selain itu, di sekitar pulau ini terdapat banyak lokasi menarik yang dapat dinikmati oleh para wisatawan. Meskipun kondisinya sedikit terbengkalai, keindahan Pulau Sikuai tetap menarik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Harga tiket masuk ke pulau ini pun gratis, hanya perlu membayar biaya transportasi.

Meskipun akses menuju Pulau Sikuai hanya melalui laut, hal ini tidak menghalangi minat wisatawan untuk mengunjungi pulau ini. Para wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas di pulau ini, seperti bersantai di pinggir pantai, berenang, snorkeling, atau menyelam untuk menikmati keindahan alam bawah laut yang menggoda. Selain itu, para wisatawan juga dapat melakukan trekking di area perbukitan yang terletak tidak jauh dari pantai. Dari perbukitan ini, para wisatawan dapat menikmati pemandangan laut dan pantai yang mempesona.

Meskipun Pulau Sikuai mengalami sejumlah masalah dan konflik, keindahannya masih tetap memikat. Keindahan alamnya yang eksotis dan keragaman hayati bawah laut yang menakjubkan menjadikan pulau ini sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik di Padang. Meskipun fasilitasnya tidak berfungsi dengan baik, Pulau Sikuai tetap menjadi tempat yang patut dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Sumatera Barat.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *