PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Bukan Hanya Everest, Ini 10 Rekomendasi Gunung Tertinggi di Dunia Yang Sangat Cantik

Blog

Gunung Mauna Kea

Gunung Mauna Kea merupakan gunung tertinggi pertama dalam daftar ini. Dengan ketinggian mencapai 10.210 meter, gunung ini menjadi puncak tertinggi di dunia. Namun, ada sedikit perbedaan dengan gunung-gunung lainnya. Ketinggian Mauna Kea diukur dari kakinya yang berada di bawah laut, sehingga jika dihitung secara mdpl, tingginya sekitar 4.205 meter.

Gunung Mauna Kea terletak di Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat. Gunung ini termasuk dalam jenis berapi purba yang sudah tidak aktif lagi. Dahulu, gunung ini dikenal dengan nama Mauna a Wakea yang artinya “gunung putih”. Penduduk di sekitarnya mempercayai bahwa gunung ini adalah asal-usul nenek moyang mereka.

Gunung Everest

Gunung Everest merupakan gunung tertinggi kedua dalam daftar ini. Dikenal sebagai puncak tertinggi di dunia, gunung ini memiliki ketinggian sekitar 8.848 meter di atas permukaan laut. Gunung Everest terletak di perbatasan antara Nepal dan Tibet.

Nama Everest sendiri tidak asing lagi bagi banyak orang. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa gunung ini juga memiliki beberapa nama lain. Orang Nepal menyebutnya “Sagarmatha”, sementara dalam bahasa Tibet disebut “Chomolungma” atau “Qomolangma”.

Pendakian pertama ke puncak Gunung Everest dilakukan pada tanggal 29 Mei 1953 oleh Edmund Hillary dan Tenzing Norgay. Sejak itu, gunung ini menjadi tujuan utama para pendaki dari seluruh dunia.

Gunung K2 (Chhogori/Godwin-Austen)

Gunung K2, juga dikenal dengan nama Chhogori atau Godwin-Austen, merupakan gunung tertinggi ketiga di dunia. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 8.611 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di negara Pakistan dan Xinjiang, China, serta termasuk dalam Pegunungan Karakoram.

BACA JUGA :  Lagi Nyari Toko Perlengkapan Bayi di Purwokerto? Ini Daftar Tempatnya

Pendakian pertama ke puncak Gunung K2 dilakukan oleh Achille Compagnoni dan Lino Lacedelli pada tahun 1954. Para pendaki menghadapi tingkat kesulitan yang tinggi, terutama karena faktor cuaca yang buruk. Gunung K2 dikenal sebagai salah satu gunung paling kejam di dunia.

Gunung Khangchenjunga

Gunung Khangchenjunga merupakan gunung tertinggi keempat dalam daftar ini. Gunung ini terletak di perbatasan antara Nepal dan India, dan masih merupakan bagian dari barisan pegunungan Himalaya. Dengan ketinggian sekitar 8.586 meter di atas permukaan laut, Khangchenjunga adalah salah satu tujuan populer bagi para pendaki.

Pendakian pertama ke puncak Gunung Khangchenjunga dilakukan oleh George Band dan Joe Brown pada tahun 1955. Nama Khangchenjunga memiliki arti “Lima Harta Karun Salju”, mengacu pada lima puncak yang ada di gunung ini. Empat puncak di antaranya memiliki ketinggian sekitar 8.450 meter di atas permukaan laut.

Selain menjadi tujuan pendakian, Khangchenjunga juga merupakan area konservasi yang melindungi satwa seperti panda merah, burung, dan berbagai tanaman khas Nepal.

Gunung Lhotse

Gunung Lhotse merupakan gunung tertinggi kelima dalam daftar ini. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 8.516 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berdekatan dengan Gunung Everest, tepatnya di perbatasan antara daerah Khumbu di Nepal dan Tibet.

Pendakian pertama ke puncak Gunung Lhotse dilakukan oleh sekelompok pendaki Swiss yang dipimpin oleh Fritz Luchsinger dan Ernst Reiss pada tahun 1956. Gunung Lhotse juga memiliki cabang puncak yang disebut Lhotse Middle, dengan ketinggian sekitar 8.410 meter di atas permukaan laut. Pendakian ke Lhotse Middle termasuk dalam kategori sulit.

Gunung Makalu

Gunung Makalu, dengan ketinggian sekitar 8.485 meter di atas permukaan laut, merupakan gunung tertinggi keenam dalam daftar ini. Lokasinya tidak jauh dari Gunung Everest, hanya sekitar 19 kilometer ke arah tenggara.

BACA JUGA :  10 Daftar Toko Alat Kesehatan Terbaik di Malang

Gunung Makalu terletak di perbatasan antara Nepal dan China. Gunung ini terkenal karena memiliki puncak berbentuk piramida. Pendakian pertama ke puncak Gunung Makalu dilakukan oleh Jean Couzy dan Lionel Terray pada tahun 1955.

Gunung Makalu dianggap sebagai salah satu gunung yang sangat sulit ditaklukkan karena letaknya di daerah terpencil dan banyak tebing-tebing terjal. Sebelum mencoba mendaki ke puncak yang memiliki ketinggian 8.485 meter di atas permukaan laut, pendaki harus menguasai teknik panjat tebing dan es yang benar.

Gunung Cho Oyu

Gunung Cho Oyu, dengan ketinggian sekitar 8.188 meter di atas permukaan laut, merupakan gunung tertinggi ketujuh dalam daftar ini. Meskipun kelihatannya mudah untuk didaki, gunung ini tetap memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

Nama Cho Oyu berarti “Turquoise Goddess”. Gunung ini terletak di perbatasan antara China dan Nepal. Pendakian pertama ke puncak Gunung Cho Oyu dilakukan oleh dua pendaki Austria, Herbert Tichy dan Joseph Jochler, pada tahun 1954.

Cho Oyu dianggap sebagai gunung tertinggi yang relatif mudah didaki karena memiliki kemiringan lereng yang cukup terjangkau. Namun, tetap dibutuhkan keahlian dan persiapan yang matang untuk mencapai puncaknya.

Gunung Dhaulagiri

Gunung Dhaulagiri, dengan ketinggian sekitar 8.167 meter di atas permukaan laut, merupakan gunung tertinggi kedelapan dalam daftar ini. Gunung ini terletak di Nepal.

Pendakian pertama ke puncak Gunung Dhaulagiri dilakukan oleh sekelompok pendaki dari Swiss, Nepal, dan Austria pada tahun 1960. Sebelum itu, Dhaulagiri pernah menjadi gunung tertinggi pertama di dunia pada tahun 1808. Namun, kemudian digantikan oleh Kangchenjunga pada tahun 1838 dan Everest pada tahun 1858.

Gunung Dhaulagiri memiliki medan yang cukup sulit, namun keindahan panoramanya tidak kalah dengan gunung Kilimanjaro di Afrika. Gunung ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan layak untuk diabadikan dalam gambar atau video.

BACA JUGA :  Menengok Keindahan Puncak Suroloyo, Memandang Kota Jogja Dari Atas Awan

Gunung Manaslu

Gunung Manaslu, dengan ketinggian sekitar 8.156 meter di atas permukaan laut, merupakan gunung tertinggi kesembilan dalam daftar ini. Gunung ini terletak di Nepal, tepatnya di Mansiri Himal yang merupakan bagian dari barisan pegunungan Himalaya.

Pendakian pertama ke puncak Gunung Manaslu dilakukan oleh Gyaltsen Norbu dan Toshio Imanishi pada tahun 1956. Nama Manaslu diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti “Gunung Jiwa”. Gunung ini merupakan puncak tertinggi di Gurkha dan berjarak sekitar 40 mil dari sebelah timur Gunung Annapurna.

Manaslu juga merupakan area konservasi yang melindungi satwa seperti panda merah, burung, dan berbagai tanaman khas Nepal. Gunung ini menawarkan pengalaman pendakian yang menarik dan pemandangan alam yang spektakuler.

Gunung Nanga Parbat

Gunung Nanga Parbat, dengan ketinggian sekitar 8.126 meter di atas permukaan laut, merupakan gunung tertinggi kesepuluh dalam daftar ini. Gunung ini terletak di Pakistan dan masih merupakan bagian dari Barisan Himalaya.

Pendakian pertama ke puncak Gunung Nanga Parbat dilakukan oleh Hermann Buhl pada tahun 1953. Gunung ini juga dikenal dengan sebutan “The Man Eater”. Meskipun memiliki medan yang cukup sulit, pemandangan Nanga Parbat tidak kalah indah dengan gunung Kilimanjaro di Afrika.

Dalam daftar ini, kita telah melihat sepuluh gunung tertinggi di dunia. Setiap gunung memiliki keunikan dan tantangan tersendiri bagi para pendaki. Bagi mereka yang memiliki hobi mendaki gunung, daftar ini mungkin bisa menjadi inspirasi untuk menaklukkan salah satu atau bahkan seluruh gunung tersebut.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *