PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Catat ya! 8 Alasan Mengapa Pantai Balekambang Sering Ramai Dikunjungi Banyak Wisatawan

Blog

1. Tanah Lotnya Malang

Pantai Balekambang sering disebut sebagai “Tanah Lotnya Malang” karena kemiripannya dengan Tanah Lot di Bali. Di Pantai Balekambang, kita bisa melihat sebuah pura yang terletak di sebuah pulau kecil di tengah laut. Untuk mencapai pulau tersebut, kita harus melewati jembatan yang melintang di atas air. Keindahan dan keunikan Pantai Balekambang inilah yang menjadikannya salah satu destinasi wisata yang populer di Malang Selatan.

2. Berasal Dari Semak Belukar

Pada awalnya, Pantai Balekambang masih tersembunyi dan belum banyak diketahui oleh masyarakat. Tempat ini diselimuti oleh semak belukar yang lebat. Namun, pada tahun 1983, perangkat desa setempat memutuskan untuk membuka akses jalan menuju pantai ini setelah melihat keindahan alamnya. Dengan adanya akses jalan ini, Pantai Balekambang resmi menjadi objek wisata di Kabupaten Malang.

Pemandangan di Pantai Balekambang sangat memukau. Hamparan pasir putih yang luas, ombak yang tenang, dan deretan pohon kelapa yang rindang menciptakan suasana yang menenangkan. Pantai ini juga dikelilingi oleh tebing karang yang menjulang tinggi, menambah keindahan alamnya. Di sepanjang pantai, terdapat beberapa warung makan dan tempat peristirahatan untuk para pengunjung.

3. Pulau di Sekitarnya Tidak Kalah Cantik

Salah satu daya tarik utama Pantai Balekambang adalah keberadaan tiga pulau yang terletak di sekitarnya, yaitu Pulau Anoman, Pulau Iswoyo, dan Pulau Wisanggeni. Ketiga pulau ini memberikan pemandangan yang sangat indah dan menambah keunikan Pantai Balekambang. Untuk mencapai pulau-pulau tersebut, terdapat jembatan yang menghubungkan bibir pantai dengan pulau-pulau tersebut. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 100 meter dan menjadi salah satu tempat favorit para pengunjung untuk berjalan-jalan dan menikmati pemandangan.

BACA JUGA :  Ragu Membeli Mobil Bekas? 10 Showroom di Palu Ini Adalah Solusinya

Setiap pulau memiliki keindahan alam yang berbeda-beda. Pulau Anoman terkenal dengan batu karangnya yang indah dan air laut yang jernih. Pulau Iswoyo memiliki gugusan bebatuan yang menarik dan pantai yang landai. Sedangkan Pulau Wisanggeni memiliki hamparan pasir putih yang luas dan ombak yang cocok untuk berselancar. Mengunjungi ketiga pulau ini adalah pengalaman yang tak terlupakan dan akan membuat kita semakin jatuh cinta dengan keindahan Malang Selatan.

4. Adanya Makam Pemuka Agama

Tidak jauh dari area pantai, terdapat kompleks pemakaman yang menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi seorang pemuka agama bernama Syaikh Abdul Jalil. Makam ini menjadi tempat ziarah yang ramai dikunjungi oleh para pengunjung, terutama pada tanggal 1 Sya’ban setiap tahunnya. Keberadaan makam ini menambah nilai sejarah dan religiusitas Pantai Balekambang.

5. Hadirnya Upacara Adat

Sebagian besar penduduk di Desa Sumber Jambe, tempat Pantai Balekambang berada, memiliki kepercayaan agama Hindu dan Islam. Hal ini membuat Pantai Balekambang menjadi tempat yang kaya akan budaya dan tradisi. Selain perayaan hari raya Nyepi, di Pantai Balekambang juga dilakukan berbagai upacara adat seperti upacara Suroan dan upacara Jalanida Puja. Kehadiran upacara adat ini menambah keunikan dan keberagaman budaya di Pantai Balekambang.

6. Konon Katanya Penuh Dengan Mitos

Seperti tempat-tempat wisata lainnya, Pantai Balekambang juga memiliki berbagai mitos yang berkembang di masyarakat sekitar. Salah satu mitos yang terkenal adalah mitos putus cinta jika berkunjung ke pantai ini. Konon, hubungan asmara kita dapat berakhir jika kita mengunjungi Pantai Balekambang saat sedang dalam masa pacaran. Tentu saja, mitos ini tidak memiliki dasar ilmiah dan hanya sekadar cerita yang berkembang di kalangan masyarakat. Namun, mitos ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang ingin merasakan sensasi romantis di Pantai Balekambang.

BACA JUGA :  10 Referensi Tempat Ngopi Paling Asoy di Daerah Semarang Yang Bikin Lupa Waktu, Yuk Cobain!

Selain mitos putus cinta, Pantai Balekambang juga dikaitkan dengan mitos keberadaan Nyi Roro Kidul sebagai ratu pantai selatan. Konon, Nyi Roro Kidul sering muncul di Pantai Balekambang dan menggoda para pengunjung. Legenda ini menambah nuansa mistis dan misterius di pantai ini. Namun, tentu saja, mitos ini hanya berupa cerita dan kepercayaan yang berkembang di masyarakat. Bagi yang tidak percaya pada mitos-mitos tersebut, Pantai Balekambang tetap menjadi tempat yang indah untuk dinikmati dan dieksplorasi.

7. Wahana Outbond yang Tidak Boleh Dilewatkan

Bagi para pengunjung yang menyukai tantangan dan kegiatan outdoor, Pantai Balekambang juga menawarkan berbagai wahana outbond yang seru dan menantang. Salah satu wahana yang populer adalah flying fox, di mana kita dapat merasakan sensasi terbang di atas Pantai Balekambang dengan menggunakan tali yang terikat pada kabel yang dipasang di atas tebing. Selain itu, terdapat juga wahana lain seperti permainan air, hiking, dan bersepeda. Wahana-wahana outbond ini menambah keseruan dan keasyikan liburan di Pantai Balekambang.

8. Menjual Souvenir Lengkap

Sebagai salah satu destinasi wisata yang populer, Pantai Balekambang juga menyediakan berbagai macam souvenir yang dapat kita beli sebagai kenang-kenangan. Di sekitar pantai, terdapat beberapa toko yang menjual souvenir seperti gantungan kunci, kaos, topi, dan barang-barang lainnya dengan motif dan gambar-gambar yang terinspirasi dari keindahan Pantai Balekambang. Souvenir-souvenir ini sangat cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman kita.

Dengan segala keindahan alam, keunikan budaya, dan berbagai wahana menarik yang ditawarkan, Pantai Balekambang merupakan destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kita dapat menikmati keindahan alamnya, berinteraksi dengan masyarakat setempat, dan menikmati berbagai aktivitas seru yang tersedia di pantai ini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pantai Balekambang saat berada di Malang Selatan.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *