Peta Jalur MRT Jakarta, Jadwal MRT Jakarta! Catat Ya!

Peta Jalur MRT Jakarta Map, Jadwal MRT Jakarta! Catat Ya! Jakarta bakal punya moda transportasi baru nih! Setelah Transjakarta atau  Busway, Jakarta bakalan punya yang namanya MRT dan LRT. Jadi kamu bakalan perlu Peta Jalur MRT Jakarta,  dan Jadwal MRT Jakarta selain Peta rute Transjakarta! Untuk moda transportasi MRT ini sendiri diberitakan bakal beroperasi penuh secara komersial pada pertengahan maret 2019.

Jadi kalau semua berlangsung dengan lancar, mulai Maret 2019 penduduk Jakarta sudah bisa bepergian dengan menggunakan moda transportasi MRT. Untuk Jadwal MRT Jakarta sendiri kabarnya bakal beroperasi mulai dari jam 5 Pagi sampai jam 12 malam. Agak mirip seperti jam operasi Transjakarta pada waktu awal dulu. Yang pasti, kamu harus tahu dulu peta jalur MRT Jakarta map ya!

Sekarang sih Transjakarta sudah beroperasi 24 jam pada rute-rute tertentu. Mungkin kedepannya kalau transportasi kereta MRT ini ramai penggunanya bakalan beroperasi 24 jam penuh juga kali. Namun sebelum itu, semoga kereta MRT ini segera beroperasi. Untuk itu akan lebih baik kalau kamu memiliki Peta Jalur MRT Jakarta map, dan Jadwal MRT Jakarta terlebih dahulu.

Selain punya memiliki Peta Jalur MRT Jakarta, dan Jadwal MRT Jakarta, sebaiknya kamu harus tahu Fakta MRT Jakarta ini. Seperti tarif MRT Jakarta, hingga cara bayar tiket MRT Jakarta!
Selain punya memiliki Peta Jalur MRT Jakarta map, dan Jadwal MRT Jakarta, sebaiknya kamu harus tahu Fakta MRT ini. Seperti tarif MRT Jakarta, hingga cara bayar tiket MRT Jakarta!

MRT yang beroperasi di Jakarta nanti menggunakan platform screen door (PSD). Ini berarti Kereta akan berhenti di titik yang sudah ditentukan, baru kemudian pintu kereta MRT akan bisa terbuka.

 

 

Dengan cara ini para penumpang yang akan menunggu kereta di stasiun MRT harus berdiri dengan tertib di garis yang sudah dibuat. Dengan adanya sistem ini, diharap akan menciptakan keteraturan penumpang yang akan masuk dan keluarn kereta MRT Jakarta.

Berikut ini Peta Jalur MRT Jakarta Map, Jadwal MRT Jakarta! Catat Ya!

Seperti yang disebutkan diatas, Jadwal MRT Jakarta sudah ditentukan beroperasi mulai dari Jam 05.00-24.00 WIB setiap harinya. Sementara itu jarak antar kereta MRT Jakarta adalah 5 menit pada jam sibuk, dan 10 menit pada waktu diluar jam sibuk. Tentu saja, kalau pakai MRT ini gak bakalan telat karena macet.

Bisa dibilang Jadwal MRT Jakarta ini cukup sering, mengingat akan ada kereta tiap 5-10 menit sekali. Terus karena kereta akan memiliki perlintasan sendiri, tidak seperti Commuter Line Jabodetabek, tentu MRT akan jauh lebih tepat waktu. Gak ada ceritanya bakal berhenti karena menunggu kereta api jarak jauh lewat.

Peta Jalur MRT Jakarta, Jadwal MRT Jakarta! Catat Ya!

Lebih detail mengenai Jadwal MRT Jakarta

Sebelum tahu mengenai peta rute MRT Jakarta map. kamu harus tahu keberangkatan pertama kereta MRT yang dimulai dari jam 05.00 WIB. Kereta MRT akan berangkat setiap 10 menit sampai pukul 06.00 WIB. Baru kemudian, ketika sudah masuk jam sibuk pada pukul 06.00 WIB-09.00 WIB, kereta MRT akan berangkat setiap lima menit sekali hingga waktu jam sibuk habis.

Baru setelah itu jadwal berangkat MRT kembali setiap 10 menit sekali sampai jam 16.00 WIB sore. Setelah jam tersebut akan memasuki peak hour, jadi mulai jam 16.00 WIB-19.00 WIB kereta MRT akan berangkat setiap lima menit sekali.

Baru setelah jam 19.00 – 24.00 WIB jadwal keberangkatan kereta MRT akan kembali setiap 10 menit sekali. Crowd management juga akan digunakan untuk mengatasi lonjakan jumlah penumpang MRT.

Peta Jalur MRT Jakarta Map

Peta Jalur MRT Jakarta Map Terbaru!
Peta Jalur MRT Jakarta Map Terbaru!

Untuk peta jalur MRT Jakarta Map yang lengkap, kira-kira akan seperti gambar dibawah ini. Namun untuk sekarang, baru rute Bundaran HI – Lebak Bulus saja yang sudah jadi. Untuk Rute MRT Jakarta yang lainnya baru akan dibuat lagi nanti. Untuk rute Bundaran HI – Lebak Bulus akan melewat 13 stasiun pemberhentian.

Kedepan rute jalur MRT Jakarta map ini akan ditambah dan diperluas hingga sampai ke Stasiun Kampung Bandan. Ketika MRT Fase II sudah selesai, akan ada beberapa stasiun baru lagi seperti Stasiun MRT Sarinah, Stasiun MRT Monas, Stasiun MRT Harmoni, Stasiun MRT Sawah Besar, Stasiun MRT Mangga Besar, Stasiun MRT Glodok, dan Stasiun MRT Kota

Sementara itu untuk peta rute MRT Jakarta map yang ada sekarang ini meliputi Stasiun MRT : Bundaran HI – Dukuh Atas – Setiabudi – Benhil – Istora – Senayan – Sisingamaraja – Blok M – Blok A – Haji Nawi – Cipete Raya – Fatmawati – Lebak Bulus.

Peta Jalur MRT Jakarta, Jadwal MRT Jakarta! Catat Ya!
Stasiun Bawah Tanah MRT Jakarta Map

Stasiun Atas Tanah MRT Jakarta Map

  • Stasiun MRT Lebak Bulus : Ini adalah titik awal keberangkatan kereta MRT dan juga menjadi tempat perawatan kereta MRT. Stasiun MRT Lebak Bulus terkoneksi dengan bus Transjakarta di Halte Lebak Bulus.
  • Stasiun MRT Fatmawati : Stasiun mrt ini berada di daerah Cilandak, Jakarta Selatan.
  • Stasiun MRT Cipete Raya : Stasiun MRT Cipete Raya ini masih berada di daerah Cilandak, lokasinya berada di atas Jalan Raya Fatmawati. Untuk yang ingin menuju area sekitar Jalan Raya Fatmawati bisa naik ini.
  • Stasiun MRT Haji Nawi :  Lokasi stasiun MRT ini ada di daerah Gandaria Selatan. Namanya diambil dari nama seorang saudagar betawi yang memiliki tanah di kawasan ini.
  • Stasiun MRT Blok A : Lokasinya ada di daerah Cipete Utara, Jakarta Selatan. Ini adalah salah satu area perdagangan dan komersil di bagian Jakarta Selatan, yang dikenal dengan nama Kawasan Blok A.
  • Stasiun MRT Blok M : Lokasinya sangat dekat dengan Mal Blok M Plaza, jadi kamu bisa turun disini jika ingin ke Mall Blok M. Stasiun ini terhubung langsung ke dalam mal, dengan jembatan. Stasiun ini juga terhubung terminal bus Blok M juga halte Transjakarta Blok M.
  • Stasiun MRT ASEAN : Dulu stasiun ini namanya Stasiun Sisingamangaraja, lokasi stasiun MRT Asean berada di depan Gedung Kementrian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional dan Gedung Sekretariat ASEAN.
Peta Jalur MRT Jakarta, Jadwal MRT Jakarta! Catat Ya!
Stasiun Atas Tanah MRT Jakarta Map

Stasiun Bawah Tanah MRT Jakarta Map

  • Stasiun MRT Senayan : Stasiun bawah tanah pertama, jika dari arah Lebak Bulus. Stasiun MRT Senayan terintegrasi dengan halte Transjakarta Bundaran Senayan. Kamu bisa turun di sini jika ingin pergi ke Ratu Plaza, Senayan City, Plaza Senayan dan Senayan Trade Center.
  • Stasiun MRT Istora Senayan.  Kamu bis aturun disini jika ingin pergi ke Stadion Gelora Bung Karno (GBK)
  • Stasiun MRT Bendungan Hilir :Lokasinya di dekat kawasan gedung perkantoran Sudirman dan sekitarnya. Jika kamu ingin pergi ke Plasa Semanggi dan ingin pergi ke arah Kuningan City, kamu bisa turun disini.
  • Stasiun MRT Setiabudi Astra : Stasiun MRT ini masih berada di area Jalan Sudirman, lokasinnya sangat dekat dengan Gedung Astra.
  • Stasiun MRT Dukuh Atas : Stasiun ini terintegrasi dengan beberapa moda tranportasi umum Jakarta seperti : KRL Jakarta dengan Stasiun Sudirman, Halte Transjakarta Dukuh Atas, hingga stasiun kereta Bandara Soekarno Hatta.
  • Stasiun MRT Bundaran HI : Stasiun bawah tanah ini lokasinya dekat dengan Mall Grand Indonesia, gedung perkantoran, kantor kedutaan besar Jepang dan beberapa negara lainnya, dan tentunya dekat dengan Bundaran HI.

Informasi Tarif Tiket MRT Terbaru Jakarta

Peta Jalur MRT Jakarta, Jadwal MRT Jakarta! Catat Ya!

Diatas adalah informasi peta rute MRT Jakarta map. Sementara itu Berikut ini adalah harga tiket untuk setiap rutenya.

Tarif Tiket MRT Jakarta

Berlaku Per 1 April 2019
Lebak Bulus – Bundaran HI IDR 14.000
Lebak Bulus – Dukuh Atas IDR 14.000
Lebak Bulus – Setia Budi IDR 13.000
Lebak Bulus – Bendungan Hilir IDR 12.000
Lebak Bulus – Istora IDR 11.000
Lebak Bulus – Senayan IDR 10.000
Lebak Bulus – Sisingamangaraja IDR 9.000
Lebak Bulus – Blok M IDR 8.000
Lebak Bulus – Blok A IDR 7.000
Lebak Bulus – Haji Nawi IDR 6.000
Lebak Bulus – Cipete Raya IDR 5.000
Lebak Bulus – Fatmawati IDR 4.000
Bundaran HI – Lebak Bulus IDR 14.000
Bundaran HI – Fatmawati IDR 13.000
Bundaran HI – Cipete Raya IDR 11.000
Bundaran HI – Haji Nawi IDR 10.000
Bundaran HI – Blok A IDR 9.000
Bundaran HI – Blok M IDR 8.000
Bundaran HI – Sisingamangaraja IDR 7.000
Bundaran HI – Senayan IDR 6.000
Bundaran HI – Istora IDR 5.000
Bundaran HI – Bendungan Hilir IDR 4.000
Bundaran HI – Setia Budi IDR 4.000
Bundaran HI – Dukuh Atas IDR 3.000
Fatmawati – Bundaran HI IDR 13.000
Fatmawati – Dukuh Atas IDR 12.000
Fatmawati – Setiabudi IDR 11.000
Fatmawati – Istora IDR 9.000
Fatmawati – Senayan IDR 9.000
Fatmawati – Sisingamangaraja IDR 7.000
Fatmawati – Blok M IDR 7.000
Fatmawati – Blok A IDR 6.000
Fatmawati – Haji Nawi IDR 5.000
Fatmawati – Cipete Raya IDR 4.000
Cipete Raya – Bundaran HI IDR 11.000
Cipete Raya – Dukuh Atas IDR 10.000
Cipete Raya – Setiabudi IDR 9.000
Cipete Raya – Bendungan Hilir IDR 9.000
Cipete Raya – Istora IDR 8.000
Cipete Raya – Senayan IDR 7.000
Cipete Raya – Sisingamangaraja IDR 6.000
Cipete raya – Blok M IDR 5.000
Cipete Raya – Blok A IDR 4.000
Cipete Raya – Haji Nawi IDR 3.000
Haji Nawi – Bundaran HI IDR 10.000
Haji Nawi – Dukuh Atas IDR 9.000
Haji Nawi – Setiabudi IDR 8.000
Haji Nawi – Bendungan Hilir IDR 8.000
Haji Nawi – Istora IDR 7.000
Haji Nawi – Senayan IDR 6.000
Haji Nawi – Sisingamangaraja IDR 5.000
Haji Nawi – Blok M IDR 4.000
Haji Nawi – Blok A IDR 3.000
Blok A – Bundaran HI IDR 9.000
Blok A – Dukuh Atas IDR 8.000
Blok A – Setiabudi IDR 7.000
Blok A – Bendungan Hilir IDR 7.000
Blok A – Istora IDR 6.000
Blok A – Senayan IDR 5.000
Blok A – Sisingamangaraja IDR 4.000
Blok A – Blok M IDR 3.000
Blok M – Bundaran HI IDR 8.000
Blok M – Dukuh Atas IDR 7.000
Blok M – Setiabudi IDR 6.000
Blok M – Bendungan Hilir IDR 6.000
Blok M – Istora IDR 5.000
Blok M – Senayan IDR 4.000
Blok M – Sisingamangaraja IDR 3.000
Sisingamangaraja – Bundaran HI IDR 7.000
Sisingamangaraja – Dukuh Atas IDR 7.000
Sisingamangaraja – Setiabudi IDR 6.000
Sisingamangaraja – Bendungan Hilir IDR 5.000
Sisingamangaraja – Istora IDR 4.000
Sisingamangaraja – Senayan IDR 3.000
Senayan – Bundaran HI IDR 6.000
Senayan – Dukuh Atas IDR 5.000
Senayan – Setiabudi IDR 4.000
Senayan – Bendungan Hilir IDR 4.000
Senayan – Istora IDR 3.000
Istora – Bundaran HI IDR 5.000
Istora – Dukuh Atas IDR 4.000
Istora – Setiabudi IDR 3.000
Istora – Bendungan Hilir IDR 3.000
Bendungan Hilir – Bundaran HI IDR 4.000
Bendungan Hilir – Dukuh Atas IDR 3.000
Bendungan Hilir – Setiabudi IDR 3.000
Setiabudi – Bundaran HI IDR 4.000
Setiabudi – Dukuh Atas IDR 3.000
Dukuh Atas – Bundaran HI IDR 3.000

Leave a Reply