Catet Nih, 13 Daftar Cuti Libur Panjang Di Kalender 2018! Siapin Cuti Kamu Dengan Baik Biar Gak Rugi!

Kalender 2018 sudah keluar! Itu berarti sudah saatnya merencanakan liburan! Apa anda tahu tips liburan paling penting agar perjalanan selama liburan lancar tanpa hambatan?

Perencanaan yang matang! Nah, itulah kenapa tahu daftar libur panjang di di kalender itu penting. Apalagi kalau anda adalah pekerja kantoran yang hanya punya belasan hari cuti. Kami tahu, cuti anda terbatas, karena itu kami mencoba berbagi 13 libur panjang yang bakal terjadi di tahun 2018 nanti.

Ya, semata-mata agar anda tidak buang cuti dengan sia-sia. Istilahnya, setelah tahu daftar libur panjang tahun 2018 nanti, anda bisa memutuskan untuk mengambil waktu cuti yang benar. Kan asik kalau hanya dengan cuti 3 hari, anda bisa dapat libur selama 9 hari!

Ini dia 13 Daftar Cuti Libur Panjang Di Kalender 2018! Mau pergi liburan kemana - ilustrasi via @arieritonga
Ini dia 13 Daftar Cuti Libur Panjang Di Kalender 2018! Mau pergi liburan kemana – ilustrasi via @arieritonga

Itu mungkin saja terjadi jika anda memperhatikan dengan seksama tulisan 13 Daftar Cuti Libur Panjang Di Kalender 2018 nanti! Serius, kami tidak bohong! Gak percaya, coba cek aja data dibawah ini, paling tidak hampir tiap bulan di tahun 2018 ada libur nasional!

  • Januari: Ada libur tahun baru pada tanggal 1 Januari 2018
  • Februari: Ada libur hari raya Imlek pada tanggal 16 Februari 2018
  • Maret: Ada libur hari raya Nyepi pada tanggal 18 Maret 2018
  • April: Ada libur Isra’ Mi’raj pada tanggal 13 April 2018
  • Mei: Ada libur Kenaikan Isa Almasih pada tanggal 10 Mei 2018
  • Juni: Ada libur lebaran pada tanggal 15-16 Juni 2018
  • Agustus: Ada libur Hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 2018
  • September: Ada libur Tahun baru Islam pada tanggal 12 September 2018
  • November: Ada libur Maulid Nabi pada tanggal 20 November 2018
  • Desember: Ada libur Hari raya Natal pada tanggal 25 Desember 2018

Dari data yang kami himpun, hampir tiap bulan di kalender tahun 2018 ada hari libur panjang. Kecuali pada bulan Juli dan Oktober tahun 2018 tidak ada. Tenang, itu berarti anda diberi kesempatan untuk bekerja keras, lalu kemudian dinikmati pada bulan-bulan setelahnya.

Sementara itu untuk data lengkap hari libur nasional di tahun 2018 bisa anda lihat dibawah ini:

  1. Tahun Baru 2018 – 1 Januari 2018 ( Jatuh Pada hari Senin)
  2. Tahun Baru Imlek 2018 (2567) / Tahun Baru China 2018 – 16 Februari 2018 (Jatuh Pada hari Jumat)
  3. Hari Raya Nyepi 2018 (Tahun Baru Saka 1940) – 18 Maret 2018 (Jatuh Pada hari Minggu)
  4. Jumat Agung 2018 (Wafat Yesus Kristus) – 30 Maret 2018 (Jatuh Pada hari Jumat)
  5. Paskah 2018 (Kebangkitan Yesus Kristus) – 1 April 2018 (Jatuh Pada hari Minggu)
  6. Isra’ Mi’raj 2018 – 13 April 2018 (Jatuh Pada hari Jumat)
  7. Hari Buruh 2018 – 1 Mei 2018 (Jatuh Pada hari Selasa)
  8. Kenaikan Isa Almasih 2018 – 10 Mei 2018 (Jatuh Pada hari Kamis)
  9. Hari Raya Waisak 2018 – 29 Mei 2018 (Jatuh Pada hari Selasa)
  10. Hari Raya Idul Fitri 2018 (1439 H)/Lebaran 2018 – 15-16 Juni 2018 (Jatuh Pada hari Jumat – Sabtu), Cuti bersama lebaran tahun 2018 jatuh pada tanggal 13,14,18 dan 19 Juni 2018.
  11. Hari Kemerdekaan RI 2018 – 17 Agustus 2018 (Jatuh Pada hari Jumat)
  12. Hari Raya Idul Adha 2018 (Idul Kurban 2018) – 22 Agustus 2018 (Jatuh Pada hari Rabu)
  13. Tahun Baru Islam 2018 – 12 September 2018 (Jatuh Pada hari Rabu)
  14. Maulid Nabi Muhammad SAW – 20 November 2018 (Jatuh Pada hari Selasa)
  15. Hari Raya Natal 2018 – 25 Desember 2018 (Jatuh Pada hari Selasa). Sementara itu cuti bersama natal tahun 2018 jatuh pada tanggal 24 Desember 2018.

Yang menyenangkan, dari total 15 hari libur nasional yang terjadi pada kalender tahun 2018 nanti, bakal bisa terjadi 13 LIBUR PANJANG di kalender 2018! Tentunya dengan kombinasi cuti Anda deh! Penasaran belom? Nah buat Anda yang ingin berburu tiket promo, sebaiknya tahu deh daftar libur panjang 2018 nanti untuk referensi mengambil cuti.

Lampiran Resmi Daftar Hari Libur Nasional Dan Cuti Bersama 2018
Lampiran Resmi Daftar Hari Libur Nasional Dan Cuti Bersama 2018

Berikut, 13 Daftar Libur Panjang Di Kalender 2018 Untuk Panduan Mengambil Cuti Di Tahun 2018!

Jangan pusing, ada banyak sekali libur panjang di tahun 2018, tinggal anda pilih sesuai rencana anda mengambil cuti. Pastikan anda memanfaatkan dengan baik jatah cuti tahunan yang hanya belasan hari itu!

Pastikan anda menghabiskan libur panjang di Kalender 2018 dengan orang yang tepat via @wildan_mushofa
Pastikan anda menghabiskan libur panjang di Kalender 2018 dengan orang yang tepat via @wildan_mushofa

1. Tanggal 30 Desember 2017 – 1 Januari 2018

Pada bulan januari ini memang hanya ada 1 hari libur nasional. Tetapi karena tanggal 29 Desember 2017 jatuh pada hari sabtu, dimana biasanya pegawai kantor libur, ini adalah libur panjang pertama di tahun 2018 tanpa mengambil cuti.

Paling tidak, anda bisa mendapatkan 3 hari libur tanpa perlu ambil cuti. Biasanya sih cocok untuk dihabiskan liburan menikmati malam pegantian tahun baru. Rekomendasi tempat liburan di tahun baru yang asik sih bisa di Singapura, Bali atau lebih jauh sedikit Sydney, Australia!

2. Tanggal 16 – 18 Februari 2018

Menurut kalender 2018 nanti, hari libur nasional peringatan tahun Baru Imlek akan jatuh pada hari Jumat, tanggal 16 Februari 2018. Jadi pada bulan februari ini, tanpa cuti sekalipun anda bisa menikmati 3 hari libur karena tanggal 17 dan 18 Februari 2018 merupakan weekend atau hari Sabtu dan Minggu. Ini juga merupakan long weekend tahun 2018 yang pertama. Biasanya long weekend itu hari yang cocok untuk bercengkrama dengan keluarga. Hindari tempat liburan yang sudah terkenal, karena biasanya pasti penuh sesak.

3. Tanggal 30 Maret – 1 April 2018

Bulan selanjutnya pada kalender 2018, ada satu lagi hari libur yang jatuh pada hari Jumat, yaitu pada tanggal 30 Maret yang merupakan peringatan hari Wafatnya Isa Almasih. Karena 31 Maret dan 1 April adalah hari sabtu dan minggu, ini akan menjadi long weekend tahun 2018 yang kedua.

4. Tanggal 13 -15 April 2018

Masih di bulan April, ada lagi libur panjang. Ini karena Tanggal 13 April adalah hari Jumat. Pada kalender 2018 nanti 13 April ini merupakan hari libur nasional untuk memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Ini adalah long weekend ketiga pada tahun 2018. Bisa anda nikmati liburan 3 hari tanpa cuti, karena tanggal 14-15 adalah hari Sabtu dan Minggu.

Atau dengan tambahan cuti beberapa hari, anda bisa menikmati libur lebih panjang. Buat yang suka pergi liburan ke Luar negeri, Bulan April ini sebenarnya adalah waktu terbaik untuk liburan ke Jepang, dalam rangka menikmati musim sakura. Tertarik untuk pergi ke Jepang?

5. Tanggal 28 April – 1 Mei 2018

Buat yang ingin cuti 1 hari dan mendapatkan libur 4 hari, sebaiknya lakukan pada bulan ini. Tanggal 28,29 April adalah hari Sabtu, Minggu. Sementara 1 Mei 2018 adalah hari libur nasional untuk peringatan Hari Buruh Internasional. Otomatis tanggal 30 April adalah hari kejepit pertama di kalender 2018.

Karena itu kami rekomendasika untuk mengambil cuti pada hari senin tanggal 30 April 2018 ini. Jadinya anda bisa mendapatkan libur 4 hari dari tanggal 28 April 2018 – 1 Mei 2018. Libur 4 hari sih cocok untuk main ke Bali, Lombok atau Labuan Bajo. Sesuaikan saja dengan budget dan minat ingin pergi liburan ke mana.

6. Tanggal 10 – 13 Mei 2018

11 Mei 2018 yang jatuh pada hari Jumat adalah hari kejepit kedua di kalender 2018, sementara itu 10 Mei 2018 yang jatuh pada hari Kamis adalah libur nasional untuk memperingati hari Kenaikan Isa Almasih. Hanya denga cuti 1 hari pada tanggal 11 Mei, anda bisa mendapatkan libur 4 hari dari tanggal 10-13 Mei 2018. Cocok untuk pergi liburan ke Yogyakarta, Lombok atau Belitung nih.

7. Tanggal 26 – 29 Mei 2018

Sepertinya di Kalender Tahun 2018 nanti memang ada banyak hari kejepit ya, seperti tanggal 28 Mei 2018 ini. Tanggal 26,27 Mei 2018 adalah Hari Sabtu-Minggu. Bakalan males banget pasti masuk kantor tanggal 28 Mei yang merupakan hari senin.

Apalagi tanggal 29 Mei 2018 adalah hari libur nasional untuk memperingati Hari Raya Waisak Tahun 2018. Jadi bakal lebih enak jika anda mengambil cuti 1 hari di tanggal 28 Mei 2018. Dapat libur satu hari buat main deh! Mungkin ada yang ikut peringatan Waisak di Borobudur?

8. Tanggal 1 – 3 Juni 2018

Kabarnya di Kalender 2018 nanti, 1 Juni tahun 2018 yang jatuh pada hari Jumat adalah peringatan Hari Lahirnya Pancasila. Kalau memang benar, itu berarti anda bisa menikmati long weekend tahun 2018 lagi. Lumayan, libur 3 hari dari tanggal 1-3 Juni 2018. Bebas, mau dipakai untuk pergi liburan atau bersantai di rumah. Libur 3 hari cocok buat pergi liburan ke Belitung atau Solo sih!

9. Tanggal 15 – 17 Juni 2018

Bulan juni ini adalah salah satu bulan penting buat masyarakat Indonesia. Karena ada hari besar nasional pada tanggal 15-16 Juni 2018(Jumat-Sabtu), yaitu Hari Raya Idul Fitri. Tanpa cuti pun anda akan mendapatkan 3 hari libur karena tanggal 17 adalah hari minggu.

Biasanya bakal ada cuti bersama untuk tambahan liburan, namun akan diumumkan mendekati hari-H. Namun paling tidak karena sudah tahu dari sekarang, anda bisa mulai merencanakan mau ambil cuti tambahan berapa. Yah, pastikan saja cukup untuk bersilaturahmi dengan kerabat di kampung. Tapi jangan lupa juga untuk liburan ya. Informasi terbaru, Cuti bersama lebaran tahun 2018 akan jatuh pada tanggal 13,14,18 dan 19 Juni 2018.

10. Tanggal 17 – 26 Agustus 2018

Agustus ini adalah bulan di kalender 2018 yang paling menyenangkan untuk liburan. Kenapa? Karena hanya dengan cuti 4 hari anda bisa menikmati 10 hari libur! Jadi pastikan masih ada sisa cuti yang cukup, meski sudah dipakai untuk libur lebaran di tahun 2018.

Saran kami adalah mengambil cuti 4 hari pada tanggal 20, 21, 23, 23 Agustus 2018 untuk mendapatkan libur 10 hari mulai tanggal 17 – 26 Agustus 2018. Memang diantara tanggal tersebut ada dua hari libur nasional, yaitu: Hari Kemerdekaan RI 2018 – 17 Agustus 2018, Hari Raya Idul Adha 2018 (Idul Kurban 2018) – 22 Agustus 2018.

Biasanya sih kalau ada libur panjang di bulan Agustus, banyak yang memakainya untuk mendaki gunung. Sudah umum, banyak yang ingin melangsungkan upacara bendera di puncak gunung sih. Jadi anda mau naik ke gunung apa nanti?

11. Tanggal 17 – 20 November 2018

Entah kenapa ada banyak banget hari kejepit yang di kalender 2018. Itu artinya manajemen pengambilan cuti harus benar-benar matang ya. Tanggal 20 November 2018 yang jatuh hari Selasa memang ada libur nasional, peringatan Maulid Nabi.

Pasti males banget kalau Senin tanggal 19 November 2018 masuk, sementara tanggal 17-18 November 2018 adalah hari Sabtu-Minggu. Jadi yang punya cuti lebih baik ambil cuti saja, atau kalau sudah nggak punya, ya bolos saja! Eh, kami tidak merekomendasikan buat bolos ya tapi! Yang jelas, kalau tidak masuk kerja, bakal dapat 4 hari libur.

12. Tanggal 22 – 25 Desember 2018

Peringatan hari Natal tahun 2018 akan jatuh pada hari Selasa tanggal 25 Desember 2018. Biasanya kalau begini, tanggal 24 Desember 2018 yang jatuh pada hari Senin bakal dijadikan cuti bersama. Jadi otomatis anda bisa mendapat 4 hari libur dari tanggal 22-25 Desember 2018. Berharap saja ya!

13. 29 Desember 2018 – 1 Januari 2019

Malam pergantian tahun baru selalu menjadi momen favorit untuk liburan. Karena itu anda sebaiknya merencanakan jauh-jauh hari jika ingin menikmati liburan akhir tahun. Untungnya ada 13 Daftar Libur Panjang Di Kalender 2018 ini ya! Cuti bersama natal tahun 2018 jatuh pada tanggal 24 Desember 2018.

Bisa dibilang ini adalah hari kejepit terakhir di kalender 2018, dan hari kejepit pertama di kalender 2019 nanti. Pasalnya, tahun baru 1 Januari 2019 jatuh pada hari Selasa. Jadi untuk mendapatkan libur panjang 2018 yang efektif, anda harus mengambil cuti tanggal 31 Desember 2018 yang jatuh pada hari Senin. Dengan begitu anda bisa mendapatkan 4 hari libur, cukup untuk menikmati libur akhir tahun yang menyenangkan.

***

Nah, bagaimana sekarang? Kira-kira setelah mengetahui daftar libur panjang di tahun 2018 ini, Anda bakal liburan kemana saja sih?

1 Response

Leave a Reply